banner 728x90
Jajaran PT Timah TBK memberikan pelatihan budi daya mangrove, belum lama ini. F- Istimewa/pt timah tbk

PT Timah Karimun Akan Menanam 5.000 Mangrove di Kundur, Cek Misinya

Komentar
X
Bagikan

Karimun, suaraserumpun.com – PT Timah Tanjung Balai Karimun (TBK) akan menanam 5.000 bibit mangrove (bakau) pada tahun 2022 ini, di Kundur Barat, Kabupaten Karimun. Misinya, untuk mendukung target pemerintah Indonesia dalam mencapai net zero emission atau nol emisi (pancaran cahaya).

Ristanto Humas PT Timah TBK menyampaikan, piaknya secara konsisten melakukan penanaman mangrove di wilayah operasional perusahaan. Tahun ini, PT Timah TBK menargetkan untuk menanam 5.000 batang mangrove di wilayah Kundur.

Penanaman ribuan batang mangrove ini akan dilakukan secara bertahap. Diawali di sekitar Pantai Teluk Salak, Desa Gemuruh, Kecamatan Kundur Barat. Dalam melaksanakan penanaman mangrove, PT Timah TBK melibatkan masyarakat untuk bersama menanam, merawat dan menjaga mangrove tersebut.

Baca Juga :  Tes Medis: Marquez Dinyatakan Fit! Begini Kata Rossi Menjelang MotoGP Portugal

Selain untuk mengurangi emisi karbon, misi dari PT Timah TBK ini yaitu, dengan penanaman mangrove juga berperan untuk menahan abrasi akibat pasang surutnya air laut.

“Mangrove juga berfungsi sebagai penyerap gas karbondioksida (CO2), penghasil oksigen, dan sebagai tempat hidup biota laut,” jelas Ristanto, Kamis (9/6/2022).

Upaya pengelolaan lingkungan dengan penanaman mangrove turut disambut antusias oleh masyarakat setempat. Sebelumnya, PT Timah TBK telah menyosialisasikan rencana penanaman mangrove di Pantai Teluk Salak, Desa Gemuruh, Kecamatan Kundur Barat, belum lama ini.

Baca Juga :  2022, Disediakan Rp30 Miliar untuk Penataan Pulau Penyengat, Berikut Kegiatannya

Pemuda Teluk Salak Desa Gemuruh, Jerri mengatakan, pihaknya bersama masyarakat sangat mendukung kegiatan penanaman mangrove yang akan dilakukan PT Timah TBK.

“Penanaman mangrove yang akan dilakukan PT Timah itu sangat bagus. Selain itu masyarakat di sini juga dilibatkan dalam kegiatan penanaman maupun perawatan. Tentunya, ini akan memberikan dampak penambahan pendapatan untuk tiap keluarga. Dengan demikian perputaran ekonomi juga berjalan,” ungkap Jerri.

Abdul Aziz Ketua RT 004 Teluk Salak Desa Gemuruh menyebutkan, masyarakat Teluk Salak sangat mendukung dan menyambut baik rencana PT Timah yang akan melakukan penanaman mangrove di wilayahnya.

Baca Juga :  Rumah Ketua DPRD Kota Tanjungpinang Diserang ODGJ, Begini Kata Lis Darmansyah

“Kita semua sudah tahu bahwa manfaat dari mangrove ini. Sangat banyak. Seperti sebagai penahanan abrasi. Semoga rencana ini bisa segera dilaksanakan,” harap Aziz. (nurul atia/ion)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *