Beranda All News Gol Marc Klok dan Irianto Membikin Sejarah Indonesia Mengalahkan Kuwait

Gol Marc Klok dan Irianto Membikin Sejarah Indonesia Mengalahkan Kuwait

0
Selebrasi Rachmat Irianto usai mencetak gol kedua untuk kemenangan Indonesia versus Kuwait, pada kualifikasi Piala Asia AFC 2023, Kamis (9/6/2022) dini hari WIB. F- Istimewa/pssi

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Gol penalti yang diciptakan Marc Klok, dan gol kemelut di depan gawang sepakan Rachmat Irianto membikin sejarah Indonesia mengalahkan Kuwait. Indonesia menang 2-1 atas Kuwait pada kualifikasi Grup A Piala Asia AFC 2023, Rabu (8/6/2022) malam hingga Kamis (9/6/2022) dini hari WIB.

Kemenangan Indonesia vs Kuwait ini menjadi satu sejarah sepak bola Tanah Air. Karena, terakhir kali Indonesia mencatatkan hasil serupa adalah pada tahun 1980.

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Internasional l Jaber Al-Ahmad, Kuwait, itu tuan rumah sebenarnya unggul terlebih dahulu melalui gol Yousef Al Sulaiman.

Pada laga ini, Timnas Indonesia menghadapi Kuwait dengan formasi 5-2-3. Pelatih Shin Tae-yong menempatkan Pratama Arhan, Elkan Baggott, Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho dan Rachmat Irianto di lini pertahanan.

Baca Juga :  Roby Kurniawan Tak Memerlukan Superman, Tapi Superteam

Sementara sektor tengah diisi Marc Klok dan Ricky Kambuaya. Sebagai penggedor benteng lawan, ada trio Saddil Ramdani, Irfan Jaya dan Stefano Lilipaly. Indonesia tampil bertahan dan mengandalkan serangan balik.

Taktik yang diterapkan Shin Tae-yong tersebut, berjalan rapi dan disiplin. Sehingga menyulitkan Kuwait mengembangkan permainan. Pada menit ke-17, Klok mendapatkan peluang, tetapi bola sepakannya melebar dari gawang lawan.

Kuwait membalas melalui sepakan Eid Al Rashidi (26′) yang mampu ditepis dengan baik oleh Nadeo Argawinata. Lima menit kemudian, Saddil melepaskan tembakan yang menerpa sisi samping jaring gawang.

Baca Juga :  Ayo Ikuti Vaksinasi Gratis di Kantor Kejari Bintan, Begini Cara Mendaftarnya

Namun, Kuwait akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-40 lewat sundulan Yousef Al Sulaiman yang menerima umpan dari Bader Al Almotawaa. Akan tetapi, keunggulan itu tak berlangsung lama. Lewat sebuah serangan cepat, Indonesia membuat pertahanan Kuwait panik.

Kiper Rashed Al Dousari melanggar Rachmat Irianto di dalam kotak terlarang. Wasit menunjuk titik putih, dan diberikan tendangan penalti kepada Timnas Indonesia. Marc Klok maju sebagai eksekutor, dan berhasil melakukan tugasnya dengan baik pada menit ke-44. Skor 1-1 pun bertahan sampai pertandingan memasuki masa jeda.

Memasuki babak kedua, Shin Tae-yong memasukkan pemain baru, Witan Sulaeman dan Muhammad Rafli. Keputusan itu terbukti tepat. Pergerakan Witan di dalam kotak penalti lawan berbuah kemelut yang dimanfaatkan dengan sempurna oleh Rachmat Irianto pada menit ke-46. Indonesia pun membalikkan kedudukan menjadi unggul 2-1.

Baca Juga :  Oknum Pejabat Dinkes Diduga 'Kecipratan' Dana Nakes yang Dikorupsi Kapus

Setelah itu, kedua tim bermain lebih terbuka dan saling bertukar serangan. Indonesia mati-matian bertahan dari tekanan para pemain Kuwait yang berusaha menghadirkan gol. Tidak ada gol tambahan pada laga tersebut. Indonesia mengunci kemenangan dengan skor 2-1.

Dengan hasil ini, Indonesia ke peringkat pertama klasemen sementara Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023, dengan koleksi tiga poin.

Selanjutnya, Timnas Indonesia versus Yordania, Minggu (12/6/2022) dini hari WIB. Indonesia akan melawan Nepal, Rabu (15/6/2022) pekan depan. Semangat berjuang, Garuda! (yen)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here