Beranda All News Formed: Tinjau Ulang Jadwal dan Tempat Konferprov PWI Riau

Formed: Tinjau Ulang Jadwal dan Tempat Konferprov PWI Riau

0
Koordinator Presidium (Koorpres) Formed Riau Muhammad Amin Nasution memberikan keterangan tentang Konferprov PWI Riau. F- dok/suaraserumpun.com

Pekanbaru, suaraserumpun.com – Forum Lintas Media (Formed) Riau menyarankan agar panitia pelaksana meninjau ulang jadwal dan tempat pelaksanaan Konferensi Provinsi (Konferprov) ke-XV Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau. Formed menilai, Konferprov PWI Riau yang dilaksanakan di Bengkalis, tanggal 22-24 Juni 2022 nanti, sangat tidak akomodatif.

Koordinator Presidium (Koorpres) Formed Riau Muhammad Amin Nasution menyampaikan, pihaknya menerima masukan dan keluhan dari sejumlah anggota aktif PWI Riau,, mengenai waktu dan lokasi pelaksanaan Konferprov yang ditetapkan oleh panitia pelaksana tersebut. Jika melihat kalender acara yang ditetapkan oleh panitia, Konferprov berlangsung di Kabupaten Bengkalis, selama tiga hari pada hari kerja. Bukan di penghujung akhir pekan atau hari libur.

“Kalau dilihat dari jadwal yang disusun panitia itu, lebih lama pula jadwal Konferprov daripada Kongres. Padahal, kita tidak membahas PD/PRT. Harusnya kan (Konferensi) lebih cepat dari Kongres,” ujar Amin saat memberikan keterangan, Kamis (2/6/2022) malam.

Baca Juga :  Presiden RI dan PM Malaysia Menyepakati Perlindungan TKI dan Pembukaan Perbatasan Negara

Amin mengungkapkan, jadwal dan tempat yang ditetapkan itu, semua anggota PWI yang memiliki hak suara dalam pemilihan, tentu akan menghabiskan waktunya selama lima hari.

“Nah, apakah panitia tidak memikirkan kesibukan rekan-rekan wartawan yang memiliki tugas peliputan di sejumlah unit kerja pemerintah daerah dan swasta? Jumlah anggota PWI Riau, itu paling banyak berdomisili di Pekanbaru. Ini yang perlu dipertimbangkan. Makanya, kita minta ditinjau ulang jadwal dan tempat Konferprov PWI Riau ini,” jelas Amin lagi.

Selain itu, lanjutnya, meski pandemi Covid-19 sudah mulai berkurang, namun kondisi perekonomian masih belum dapat dikatakan stabil.

Baca Juga :  Reses Mardianto Manan, Warga Minta Pembangunan Jembatan Menuju Objek Wisata

“Bayangkan saja, kita dari Pekanbaru, Indragiri Hilir, Indragiri Hulu, dan Kuantan Singingi hendak ke Bengkalis mengeluarkan biaya berapa banyak? Dan untuk menuju Bengkalis pun harus menaiki kapal penyeberangan roll on roll off (roro),” tambahnya.

Amin mengingatkan lagi, Formed Riau mengharapkan panitia pelaksana untuk mempertimbangkan keluhan yang diterima oleh Formed. Kemudian, panitia diminta menjadwal ulang waktu dan lokasi pelaksanaan Konferprov PWI Riau.

“Kami dari Formed, forum yang berisikan wartawan dari lintas media cetak, elektronik dan siber/online, berharap agar Konferprov PWI Riau 2022 terlaksana dengan sukses. Dan menjadi arena pertarungan ide dan konsep bagi para kandidat Ketua PWI berikutnya, untuk kemajuan organisasi yang kita cintai ini,” ucap Amin.

Baca Juga :  Musda Demokrat Kepri 6 September, Isdianto Tantang Husnizar dan Hj Asnah

Pada bagian lain, Amin menyarankan, pengurus provinsi mengundang Ketua Dewan Kehormatan (DK) PWI Pusat Ilham Bintang untuk hadir dalam rangka melihat, sekaligus mengawasi apakah pelaksanaan Konferprov benar-benar sudah sesuai PD/PRT dan tidak ada campur tangan dari pengurus pusat.

Apalagi, tambah Amin, persoalan peserta yang kartunya dalam proses perpanjangan berpotensi menimbulkan kegaduhan. Formed juga mengingatkan agar dalam Konferprov PWI Riau nanti, pengurus pusat bersikap adil dan tidak memihak ke salah satu kandidat.

“Kami juga memohon agar Ketua DK PWI Pusat Bapak Ilham Bintang bisa hadir untuk ikut mengawasi jalannya konferensi hingga terpilihnya formatur/ketua terpilih,” demikian disampaikan Amin. (wahyu)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here