banner 728x90
Presiden RI Jokowi menjadi inspektur upacara memperingati Hari Lahir Pancasila tahun 2022, diikuti secara virtual oleh Gubernur Kepri Ansar Ahmad bersama Forkompimda, Rabu (1/6/2022). F- Istimewa/Diskominfo Kepri

Presiden Jokowi Ajak Membumikan Nilai-nilai Pancasila, Ansar Mengikuti Upacara Secara Virtual

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengajak bangsa Indonesia untuk membumikan nilai-nilai Pancasila, pada saat upacara memperingati Hari Lahir Pancasila tahun 2022, Rabu (1/6/2022). Gubernur Kepulauan Riau H Ansar Ahmad beserta jajaran Forkompimda Kepri mengikuti upacara peringatan Hari Pancasila tingkat nasional secara virtual di Gedung Daerah Tanjungpinang.

Presiden RI Jokowi menjadi Inspektur Upacara dalam peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2022 di lapangan Pancasila Ende, Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Tema yang diusung dalam peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2022 ini adalah “Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia”. Pancasila menjadi modal utama bangsa Indonesia untuk bisa bangkit menjadi lebih kuat dalam menghadapi pergolakan dunia dewasa ini.

Baca Juga :  Setelah Kantor Kejari Bintan Senilai Rp17 Miliar, Pemkab Bangun Makodim di Bintan Buyu

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi mengajak seluruh anak bansa Indonesia untuk membumikan Pancasila dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Dari Kota Ende, saya mengajak untuk seluruh anak-anak bangsa di mana pun berada, untuk bersama-sama membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara,” kata Presiden RI Jokowi.

Menurut Presiden RI Jokowi, Pancasila tidak hanya sekadar mempersatukan bangsa. Tapi, Pancasila telah menjadi satu bintang penuntun ketika Indonesia menghadapi tantangan dan ujian-ujian.

“Ini sudah dibuktikan berkali-kali dalam perjalanan sejarah bangsa. Bahwa bangsa dan negara kita berdiri kokoh menjadi negara yang kuat, karena kita sepakat untuk berlandaskan pada Pancasila,” kata Presiden RI.

Baca Juga :  Daftar Nama Juara pada Festival Sumpah Pemuda Kepri, Ansar Ahmad: Selamat untuk Pemenang

Presiden Jokowi juga mengingatkan agar seluruh anak bangsa mengamalkan dan memperjuangan Pancasila. Menjadi tugas bersama, tugas seluruh komponen bangsa menjadikan Pancasila sebagai ideologi negara.

“Tapi saya selalu ingatkan, kita harus betul-betul mengamalkan dan memperjuangkan Pancasila. Kita wujudkan sistem kemasyarakat, kebangsaan, dan kenegaraan. Kita mengimplentasikan dalam tata kelola pemerintahan dan menjiwai interaksi antarsesama anak bangsa,” tegas Jokowi.

Usai mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila, Gubernur Kepri Ansar melanjutkan kegiatan dengan memberikan kenang-kenangan untuk melepas Pegawai Negeri Sipil Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, yang memasuki usia pensiun. Salah satu diantaranya adalah Mariayani Ekowati yang terakhir menjabat sebagai Asisten III Administrasi Umum Setdaprov Kepri.

Baca Juga :  KPU: Pemilu 2024, Kecil Kemungkinan Penambahan Dapil di Bintan

Gubernur Kepri Ansar Ahmad juga menyerahkan santunan manfaat jaminan kematian BPJS Ketenagakerjaan (BP-Jamsostek) bagi pegawai non ASN di Pemprov Kepri. Terakhir, Gubernur Kepri menutup rangkaian kegiatan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila dengan menyerahkan SK PPPK Guru Tahap II kepada perwakilan guru PPPK. Sebanyak 264 orang guru SMA diterima menjadi PPPK yang tersebar di seluruh Provinsi Kepri.

Hadir dalam upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Provinsi Kepri ini Sekretaris Daerah Provinsi Kepri Adi Prihantara. Kas Kogabwilhan I Mayor Jenderal TNI Lismer Lumban Siantar, Danlantamal IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI Kemas M Ikhwan Madani, dan Kasrem 033/WP Kolonel Inf Enoh Solehudin. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *