banner 728x90
Menparekraf Sandiaga Uno didampingi Gubernur Kepri Ansar Ahmad dan Wali Kota Batam Muhammad Rudi memberikan keterangan pers usai meninjau shooting film animasi di KEK Nongsa Digital Park, Batam, Selasa (31/5/2022). F- Istimewa/Diskominfo Kepri

Menparekraf Sandiaga Uno Tinjau Shooting Film Animasi di Nongsa Digital Park

Komentar
X
Bagikan

Batam, suaraserumpun.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Uno meninjau proses shooting film animasi terbaru produksi Nongsa Digital Park, di Gedung Kinema Studio, Selasa (31/5/2022). Sebelumnya, Menparekraf meninjau desa wisata Kampung Tua Bakau Serip, Nongsa, Kota Batam, dalam rangka Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Dalam konferensi pers setelah peninjauan shooting film di Nongsa Digital Park, Sandiaga Uno menyampaikan, KEK Nongsa ini menjadi 1 dari 8 KEK yang ada di bawah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Setiap 2 minggu terus dipantau akselerasi, kemajuan, dan progresnya.

“Kali ini kami melihat secara langsung dan diberitahu, baru saja produksi film dari Singapura dan juga film yang berjudul Losmen Melati yang lagi dalam proses shooting karya Pak Mike. Kami melihat langsung kegiatan ekonomi kreatif yang berdampak langsung kepada kebutuhan masyarakat kita, yaitu lapangan kerja dan geliat ekonomi,” jelas Sandiaga Uno.

Baca Juga :  Rangkuman Peristiwa Hari Ini di Tanjungpinang, Ibu Tergilas hingga Pohon Tumbang Menimpa Mobil di Depan Comforta Hotel

Kemenparekraf, menurut Sandiaga Uno, siap all out dalam mendukung tumbuh dan kembangnya industri ekonomi kreatif di Tanah Air. Karena dilihat sumbangsih dari sektor ini telah mencapai lebih dari Rp100 triliun terhadap PDB Indonesia.

Saat ini, Indonesia merupakan negara dengan kontribusi ekonomi kreatif terbesar ketiga di dunia. Nomor satu Amerika dengan Hollywood. Nomor dua Korea, dengan drama Korea, dan ketiga Indonesia. Dan di KEK Nongsa ini terdapat beberapa sub sektor ekonomi kreatif. Yaitu animasi film, aplikasi digital dan game development.

Baca Juga :  Hasiarnas 2023 dan Rakornas KPI Digelar di Kepulauan Riau, Berikut Agendanya

“Kami dorong inovasi, adaptasi dan kolaborasi dengan semangat 3G yaitu Gercep (Gerak Cepat), Geber (Gerak Bersama) dan Gaspol (Garap semua potensi Online), untuk menghadirkan kebangkitan ekonomi digital sehingga terbukanya peluang usaha dan lapangan kerja,” ucapnya.

Gubernur Kepri H Ansar Ahmad kembali menegaskan, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) terus mendukung perkembangan KEK di wilayah Provinsi Kepri Gubernur berharap, Nongsa Digital Park ini semakin terkenal di dunia Internasional. Sehingga dapat menjadi salah satu motor penggerak ekonomi di daerah.

“Pemprov Kepri dukung Nongsa Digital semakin mendunia. Nongsa Digital Park menjadi kebanggaan kita. Nongsa berhasil, ekonomi bangkit,” ujar Ansar Ahmad.

Baca Juga :  Ombudsman Kepri Sidak Instalasi Pengolahan Air Mukakuning, Berikut Hasilnya

Kunjungan Kerja Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno ini juga dimanfaatkan oleh Gubernur Kepulauan Riau untuk menyampaikan beberapa hambatan di daerah terkait dibukanya akses transportasi laut dengan negara tetangga Singapura dan Malaysia.

“Mengenai dua point yang disampaikan Bapak Gubernur tadi, akan kami bawa sebagai bekal dalam pertemuan bilateral besok di Singapura. Yaitu, dari segi penambahan jadwal ferry dan lebih banyak terminal yang dibuka. Sehingga akan meningkatkan jumlah kunjungan. Kalau jumlah kunjungan bertambah, maka harga tiket bisa diturunkan. Juga terkait asuransi akan kita koordinasikan dengan kementerian dan lembaga terkait. Mudah-mudahan kita finalkan dalam beberapa waktu ke depan,” tambah Sandiaga Uno. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *