Beranda All News 35 Cabor Dipertandingkan, Bintan Meluncurkan Logo dan Maskot Porprov 2022 Kepri

35 Cabor Dipertandingkan, Bintan Meluncurkan Logo dan Maskot Porprov 2022 Kepri

0
Sekda Provinsi Kepri Adi Prihantara mewakili gubernur bersama Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan menyaksikan penampilan penari kreasi pada saat launching logo dan maskot Porprov 2022 Kepri, Jumat (20/5/2022) malam. F- yen/suaraserumpun.com

Bintan, suaraserumpun.com – Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke-V tahun 2022 Kepri akan mempertandingkan 35 cabang olahraga (cabor) dari 40 cabor yang diusulkan. KONI dan Pemkab Bintan sebagai tuan rumah penyelenggara, sudah meluncurkan logo dan maskot penyelenggaraan Porprov 2022 Kepri tersebut, Jumat (20/5/2022).

Kabupaten Bintan sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke-V tahun 2022 Kepri, sudah mengawali tahapan awal. Logo dan maskot yang menjadi ikon iven olahraga terbesar di Provinsi Kepri tersebut sudah di-launching.

Logo dan maskot Porprov 2022 Kepri resmi dilaunching oleh Sekda Kepri Adi Prihantara dan Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan, Jumat (20/5/2022) malam, di aula Kantor Bupati Binta. Ceremony launching logo dan maskot Porprov 2022 Kepri ini berlangsung gegap gempita. Ini menandakan keseriusan Bintan sebagai tuan rumah iven empat tahun sekali ini.

Logo Porprov 2022 Kepri ini menggambarkan api merah sebagai wujud semangat bangkit. Logo ini terapat tujuh lidah api yang menjulang, diartikan tujuh kabupaten dan kota se-Kepri memiliki semangat untuk bangkit pascapandemi. Terutama bangkit semangat olahraga dan ekonomi. Tiga lapis gelombang hijau, kuning dan merah dipadu dengan riak gelombang yang merefleksikan dinamika dalam melahirkan juara.

Baca Juga :  Ansar Ahmad Salut dengan Pemkab Lingga, Target Realisasi Vaksinasi Ditambah Tiga Kali Lipat

Dedi Sutanto Ketua KONI Kabupaten Bintan menyampaikan, Kabupaten Bintan sudah siap untuk menyelenggarakan Porprov 2022 Kepri. Iven ini tidak hanya membangkit semangat insan olahraga, dan para atlet untuk meraih prestasi. Tapi, iven ini akan membangkitkan bisnis dan ekonomi masyarakat. Khususnya memberikan dampak positif bagi ekonomi masyarakat Bintan.

“Porprov ke-V tahun 2022 Kepri di Bintan akan dilaksanakan, awal November 2022 mendatang. Sekarang, kami meluncurkan logo dan maskotnya. Untuk maskot, kita ambil dari hewan mamalia khas di Kabupaten Bintan yaitu dugong,” jelas Dedi Sutanto.

Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan dan Ketua KONI Kepri Usep RS serta Ketua KONI Bintan Dedi Sutanto bersama badut maskot Porprov ke-V Kepri. F- yen/suaraserumpun.com

Ketua KONI Provinsi Kepri Usep RS menerangkan, Porprov ke-V Kepri, tuan rumahnya adalah Kabupaten Bintan. KONI Kepri, Panitia Besar Porprov Kepri, KONI Bintan dan Pemkab Bintan sudah melakukan berbagai persiapan. Untuk logo dan maskot, diserahkan kepada Kabupaten Bintan sebagai tuan rumah.

Baca Juga :  Wan Siswandi dan Rodhial Huda Dilantik sebagai Kepala Daerah Natuna, Ansar Ahmad Singgung Geopark Nasional

“Hari ini, logo dan maskot itu sudah di-launching,” kata Usep RS.

Kemudian, lanjutnya, KONI Kepri juga sudah menjalani beberapa tahapan untuk penyelenggaraan Porprov 2022 Kepri ini. Antara lain melakukan verifikasi cabang olahraga yang dipertandingkan. Saat pengusulan awal, ada 40 cabor yang mengajukan untuk dipertandingkan pada Porprov 2022 Kepri di Kabupaten Bintan.

“Dari 40 cabor yang diajukan itu, tim verifikasi sudah menyeleksinya. Dari hasil verifikasi itu, ada 35 cabor yang dipertandingkan. Sedangkan 5 cabor lainnya, tidak memenuhi syarat,” sebut Usep RS.

“Kita berharap agar Pemprov Kepri menganggarkan dana pelaksanaan Porprov ini, pada perubahan APBD (APBD-P) 2022, sesuai kebutuhan kami,” pinta Usep RS.

Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan mengatakan, penetapan logo dan maskot ini sudah menjalani beberapa kali pembahasan dan revisi. Logo dan maskot yang di-launching ini menjadi semangat kebangkitan daerah di Kepri.

“Justru itu, tema utama penyelenggaraan Porprov ke-V 2022 Kepri ini yaitu Bintan Bangkit. Kami sampaikan bahwa sebagai tuan rumah, Bintan siap,” papar Roby dalam sambutannya.

Baca Juga :  Ansar Tinjau Vaksinasi Massal di Lanud, Marlin Memantau di Maha Vihara

Maskot yang digunakan bernama “Dudu” sebagai manifestasi dari hewan laut yang dilindungi yakni Dugong (dugon/nama latin). Dugong Dugon juga merupakan ikon utama dalam pariwisata Bintan.

Logo dan maskot ini dianggap sangat perlu disosialisasikan agar seluruh masyarakat bisa mengetahuinya. Di samping itu akan menjadi penyemangat tersendiri bagi para atlet yang akan berkompetisi.

Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan bersama para undangan dan penari kreasi serta pesilat junior dalam launching logo dan maskot Porprov 2022 Kepri. F- yen/suaraserumpun.com

“Porprov Kepri ke V Tahun 2022 akan dilangsungkan November mendatang. Pemkab Bintan juga menaruh harapan agar iven ini bisa menjadi salah satu penggelora bangkitnya sektor pariwisata,” tutup Roby Kurniawan.

Sekda Provinsi Kepri Adi Prihantara mewakili Gubernur Kepri H Ansar Ahmad menyampaikan, Pemprov Kepri mengapresiasi atas kreatif Kabupaten Bintan dalam me-launching logo dan maskot Porprov ke-V 2022 Kepri ini.

“Bukan saja meningkatkan prestasi olahraga, Porprov ini akan membangkitkan sektor ekonomi masyarakat. Kami akan dukung, guna menyukseskan penyelenggaraan Porprov 2022 Kepri yang bakal mempertandingkan 35 cabor tersebut,” kata Adi Prihantara. (yen)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here