Beranda All News SEA Games 2022: Timnas Indonesia Lolos ke Semifinal Setelah Menyingkirkan Myanmar 3-1

SEA Games 2022: Timnas Indonesia Lolos ke Semifinal Setelah Menyingkirkan Myanmar 3-1

0
Ekspresi pemain Timnas U-23 Indonesia saat mengalahkan Myanmar dan memastikan diri lolos ke semifinal SEA Games 2022 Hanoi, Vietnam, Minggu (15/5/2022). F- Istimewa/ig@pssi

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Timnas sepak bola putra U-23 Indonesia memastikan diri lolos ke babak semifinal SEA Games 2022. Indonesia menyingkirkan Myanmar pada laga penentu di kualifikasi Grup A, dengan skor 3-1, Minggu (15/5/2022).

Meski memerlukan hasil imbang, Timnas Indonesia tak ingin ‘memberi angin’ kepada Myanmar saat bertanding di Viet Tri Stadium, Phu Tho, Hanoi, Vietnam. Skuat Garuda Indonesia langsung tancap gas sejak menit awal. Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan langsung menekan lini pertahanan Myanmar.

Egy Maulana Vikri berhasil menciptkan gol pembuka ke gawang Myanmar di menit ke-5. Skor 1-0 keunggulan skuat Garuda Muda tak bertahan lama. Pemain asuhan pelatih Shin Tae-yong kembali menambah keunggulan di menit ke-11. Gol kedua ini, giliran Witan Sulaeman yang mencetaknya, usai menerima umpan dari Ricky Kambuaya di dalam kota penalti.

Baca Juga :  PWI Buka Pendaftaran UKW, Berikut 12 Syarat dan Ketentuannya

Menit ke-28, gawang Indonesia sempat bergetar, ketika WN Tun striker Myanmar menceploskan bola usai menerima umpan silang dari sayap kanan. Tapi, WN Tun terlebih dahulu dalam posisi offside. Wasit menyatakan gol WN Tun tidak sah.

Di akhir babak pertama, Timnas Indonesia justru menambah keunggulan menjadi 3-0. Gol tersebut dicetak oleh Marselino di menit ke-45. Gol berawal dari tendangan pojok yang dilakukan Marc Klok. Perebutan bola di udara antarpemain mengarah ke luar kotak penalti. Dari luar kotak 16, Marselino melepaskan tendangan keras mendatar. Gol pun tercipta. Sampai babak pertama tuntas, Timnas Indonesia unggul 3-0 vs Myanmar.

Memasuki babak kedua, pemain Timnas Myanmar meningkatkan serangan. Beberapa kali terjadi kemelut di depan gawang Timnas Indonesia. Bahkan, pemain Myanmar melepaskan beberapa kali sepakan on target ke gawang Indonesia. Ernando kiper Indonesia jatuh bangun menyelamatkan bola. Namun, WT Tun pemain Myanmar akhirnya mencetak gol, setelah melepaskan tendangan dari luar kotak penalti.

Baca Juga :  Polres Bintan Kembali Menggelar Vaksinasi Jangkau Pulau

Bola hasil tendangan WT Tun menyentuh pemain belakang Indonesia. Sehingga, arah bola berubah dan tak mampu diantisipasi Ernando. Myanmar memperkecil ketertinggalan. Skor 3-1 untuk keunggulan Indonesia. Di babak kedua ini, skuat Garuda Indonesia juga memiliki sejumlah peluang mencetak gol.

Tendangan bebas dan tendangan pojok Marc Klok membentur mistar. Selain itu, Ronaldo dan Egy Sujana serta Jauhari juga mendapatkan peluang mencetak gol di depan gawang Myanmar. Tapi, sampai pertandingan tuntas, skor 3-1 keunggulan Indonesia tak berubah. Indonesia menang, dan lolos ke babak semifinal.

Sriker Indonesia Egy Maulana Vikri berusaha menguasai bola dan melewati pemain Myanmar. F- Istimewa/ig@pssi

Dengan hasil ini, Indonesia untuk sementara berada di puncak klasemen Grup A, dengan nilai 9 poin (+6). Sedangkan Timnas Vietnam berada di posisi kedua dengan nilai 7 poin (4). Namun, Vietnam yang sudah terlebih dahulu lolos ke babak semifinal, masih menyisakan sekali pertandingan melawan Timor Leste posisi paling bawah klasemen, Minggu (15/5/2022) pukul 19.00 WIB.

Baca Juga :  Himapeka Waradipa Turut Serta di TWKM Ke-32, Vivaldi: Bahas Isu Lingkungan

Jika Vietnam menang, Timnas Indonesia melaju ke semifinal sebagai runner-up Grup A. Timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong bisa saja sebagai juara grup, jika Vietnam vs Timor Leste berakhir imbang. Atau Vietnam kalah saat menghadapi Timor Leste. Bagaimana menurut Anda? Selamat buat Timnas Indonesia. (yen)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here