Beranda All News Kumpulan Berita Gubernur Kepri Kunker ke Tambelan, Cerita Bandara hingga Program Pembangunan

Kumpulan Berita Gubernur Kepri Kunker ke Tambelan, Cerita Bandara hingga Program Pembangunan

0
Gubernur Kepri H Ansar Ahmad bersilaturahmi dengan masyarakat pada saat kunjungan kerja ke Tambelan, Kabupaten Bintan, Jumat (6/5/2022). F- Istimewa/Diskominfo Kepri

Bintan, suaraserumpun.com – Gubernur Kepulauan Riau H Ansar Ahmad bersilaturahmi dengan masyarakat Tambelan, dalam acara halalbihalal di pelabuhan Sri Bentayan, Tambelan, Kabupaten Bintan, Sabtu (7/5/2022). Berikut kumpulan berita Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) saat kunjungan kerja ke Tambelan.

Halalbihalal Gubernur Kepri dilaksanakan dalam momen lebaran Idul Fitri 1443 hijriah. Kegiatan diikuti Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan dan seluruh lapisan masyarakat Tambelan. Turut hadir dalam kegiatan itu Ketua TP-PKK Kepri Hj Dewi Kumalasari.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengatakan, meski jarak Tambelan cukup jauh dari pulau-pulau besar lainnya di Kepri, namun pembangunan dan perhatian Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau terhadap Tambelan tidak pernah berkurang.

“Saya tak pernah lupa dengan masyarakat Tambelan, dari dulu saya sangat serius untuk membangun infrastruktur dalam upaya memberikan memudahkan bagi masyarakat Tambelan,” kata mantan Bupati Bintan dua periode ini.

Ansar menceritakan bagaimana tantangan untuk membangun bandara di Tambelan. Dengan jumlah masyarakat sekitar 5.000 orang, saat itu banyak yang berfikir mustahil bisa meyakinkan pemerintah pusat untuk membangun bandara di kecamatan terluar ini. Namun Gubernur Kepri Ansar Ahmad tidak pernah patah semangat. Dirinya berulang kali mendatangi Kementerian Perhubungan untuk memperjuangkan bandara Tambelan. Hasilnya adalah terbangunnya bandara Tambelan yang sudah bisa didarati pesawat perintis.

“Bandara Tambelan ini menjadi bukti dari ikhtiar dan doa bersama seluruh masyarakat Tambelan yang selalu kompak untuk pembangunan Tambelan,” kata Gubernur Kepri sembari menunjuk bandara Tambelan yang tepat di seberang Pelabuhan Sri Bentayan.

Tahun 2022 ini pun Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp6,2 miliar untuk kecamatan Tambelan. Anggaran tersebut akan digunakan untuk pembangunan berbagai infrastruktur pendukung lainnya seperti perbaikan jalan dan drainase di kecamatan Tambelan.

“Tahun ini untuk kabupaten Bintan kita alokasikan dana sebesar Rp78 miliar. Jauh lebih besar dari yang dianggarkan pada tahun-tahun sebelumnya,” kata Gubernur Kepri.

Tidak hanya itu, Gubernur Kepri Ansar Ahmad menjanjikan akan dianggarkan dana Rp2,491 miliar dari dana aspirasi Hj Dewi Kumalasari yang juga Wakil Ketua I DPRD Provinsi Kepri untuk pembangunan ponton HDPE modern di Tambelan.

Baca Juga :  Covid-19 Reda, Roby Kurniawan Bangga Melihat Produk UMKM Ramai di Bazar Ramadan

Gubernur Kepri berharap semua perhatian tersebut memicu semangat masyarakat Tambelan untuk terus bersama-sama menjaga kekompakan dan keutuhan masyarakat. Sekaligus menjaga pulau Tambelan sebagai pulau yang bertuah.

“Semoga juga kunjungan kali ini bisa merawat rasa silaturahmi kita dan meninggalkan kesan yang baik bagi masyarakat Tambelan,” ujar Gubernur Kepri.

Turut hadir dalam kunjungan kerja Gubernur Ansar ke kecamatan Tambelan yaitu Ketua DPRD Kepulauan Anambas Hasnidar, Kapolres Bintan AKBP Tidar, Anggota DPRD Kepulauan Anambas Bukhari, Ketua DWP Provinsi Kepri Nong Rochaizaz Pindiv, Sekper Bank Riau Kepri Edi Wardana.

Turut hadir Kepala Dinas Perhubungan Junaidi, Kepala Dinas PUPR Abu Bakar, Kepala Dinas Permukiman Said Nursyahdu, Kepala Dinas Pendidikan Andi Agung, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Muhammad Ikhsan, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Rika Azmi, Kepala Biro Administrasi Pimpinan Dody Sepka, dan staf khusus Gubernur Kepri Safaruddin Aluan, Nazaruddin, dan Hasanuddin Muda.

Menyerahkan Bantuan Hibah

Selain melaksanakan halalbihalal, Gubernur Kepulauan Riau H Ansar Ahmad menyerahkan bantuan dana hibah rumah ibadah untuk Kecamatan Tambelan. Pemberian bantuan dana hibah untuk rumah ibadah ini menjadi agenda tetap Gubernur Kepri Ansar Ahmad dalam setiap lawatannya ke pulau-pulau di Kepri.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad didampingi Ketua TP-PKK Kepri Hj Dewi Kumalasari menyerahkan bantuan hibah pembangunan masjid di Tambelan, Sabtu (7/5/2022). F- Istimewa/Diskominfo Kepri

Sedikitnya ada lima masjid dan satu musala di Kecamatan Tambelan yang menerima bantuan dana hibah dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau tahun ini. Lima masjid yang menerima bantuan dana hibah tersebut adalah Masjid Al-Furqon Desa Pulau Pinang, Masjid Al-Hidayah Desa Mentebung, Masjid Darussalam Pulau Pengikik, Masjid Jami’ Dakwatul Islamiah Desa Kukup, Masjid Nurul Bahari Pulau Pejantan, Masjid Raya Baitul Rahmat Desa Batu Lepuk, dan Surau Al-Soleh Desa Kampung Hilir.

Adapun nilai bantuan dana hibah yang diberikan kepada masjid dan Surau tersebut berjumlah Rp46 juta untuk masing-masing masjid dan Surau. Gubernur Kepri mengatakan, keberadaan masjid di pulau-pulau terpencil di Kepri harus diperhatikan. Sebab masjid dapat menjadi pusat kegiatan masyarakat sekaligus pusat pengembangan keimanan dan ketaqwaan masyarakat pulau.

Baca Juga :  SMSI Mendukung Program Pemkab Bintan, Roby: Jadi Pencerah Isu Bohong

“Tahun ini kita sudah banyak memberikan bantuan untuk perbaikan rumah ibadah, dana tersebut harus digunakan sebaik-baiknya untuk melakukan renovasi masjid supaya masyarakat bisa beribadah dengan nyaman,” kata Gubernur Kepri.

Gubernur Ansar pun menyinggung soal penerangan masjid raya Tambelan Baitul Rahmat yang menurutnya masih sangat minim. Dirinya yang setibanya di Tambelan langsung menunaikan salat magrib di Masjid Baitul Rahmat, merasa penerangan malam hari di dalam masjid yang remang-remang akan membuat jemaah tidak bisa salat dengan khusyuk.

Gubernur Kepri juga menjelaskan tentang program Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau yang mengirim 50 ustaz ke berbagai pulau-pulau terpencil di Kepri. Kecamatan Tambelan sendiri ada tiga ustaz yang dikirim Pemprov Kepri, untuk memberikan tausiyah ataupun menjaga keimanan masyarakat Tambelan.

Disebarnya para ustad ke pulau-pulau terpencil ini menurut Gubernur Ansar dapat membantu masyarakat di pulau mendapatkan ilmu agama sehingga mereka terus mendapatkan penghidupan yang baik secara batiniah.

Salah seorang tokoh masyarakat Tambelan, Hidayat, mengungkapkan perhatian Gubernur Kepri Ansar Ahmad terhadap masjid di Kecamatan Tambelan telah dilakukannya sejak masih menjabat sebagai Bupati Bintan. Salah satu perhatian Gubernur Kepri Ansar Ahmad adalah renovasi masjid Jami Da’watul Islamiyyah yang sangat dirasakan manfaatnya.

“Kami hanya bisa berterima kasih atas perhatian Bapak Gubernur Kepri terhadap masjid di Tambelan ini. Perhatian beliau tidak pernah berkurang dari semenjak jadi Bupati Bintan,” kata Hidayat.

Tidak hanya bantuan dana hibah rumah ibadah, pada kesempatan tersebut juga diberikan peralatan Kube kepada sepuluh Kube di Kecamatan Tambelan. Diberikan juga bantuan operasional LKS untuk panti asuhan Jannatul Naim.

Meresmikan Kantor Kas Bank Riau Kepri

Masyarakat Tambelan kini tidak perlu khawatir lagi melakukan transaksi keuangan di pulau Tambelan. Kemudahan bertransaksi bisa dinikmati masyarakat Tambelan, menyusul dibukanya kantor kas Bank Riau Kepri di Tambelan yang ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Gubernur Kepri H Ansar Ahmad, pada acara silaturahmi di pelabuhan Sri Bentayan, Tambelan.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad menandatangani prasasti peresmian kantor kas Bank Riau Kepri di Tambelan, disaksikan Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan. F- Istimewa/Diskominfo Kepri

Gubernur Kepri sangat mengapresiasi dibukanya kantor kas Bank Riau Kepri di Tambelan. Menurutnya, sebagai bank daerah maka Bank Riau Kepri harus mampu menjangkau seluruh pulau-pulau terluar di Kepri untuk memastikan masyarakat Kepri bisa melakukan transaksi keuangan yang akan berdampak pada peningkatan perekonomian.

Baca Juga :  Wawan Yulianto Pejabat 'Tertinggi' di BPKP Kepri, Ansar yang Melantik

“Bank Riau Kepri ini bank milik kita dan jadi kebanggaan kita, makanya saya terus mendorong agar Bank Riau Kepri memperluas pelayanan mereka sampai ke pulau-pulau. Ini juga bagian dari upaya kita dalam memeratakan kesejahteraan masyarakat Kepri,” kata kata Gubernur Kepri.

Dengan dibukanya kantor kas Bank Riau Kepri, Gubernur Kepri Ansar Ahmad selanjutnya menginginkan agar transaksi elektronik menggunakan QRIS bisa segera dilakukan di Tambelan. Hal ini sebagai wujud modernisasi dan digitalisasi transaksi keuangan seperti yang telah diterapkan di pulau Penyengat.

Selain itu, Gubernur Ansar juga menyampaikan kepada masyarakat Tambelan tentang program bantuan subsidi bunga nol persen untuk modal UMKM. Dengan besaran pinjaman modal yang mencapai Rp20 juta per UMKM, bunga dari pinjaman modal tersebut ditanggung sepenuhnya oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau. Sehingga pelaku UMKM hanya perlu mengembalikan pinjaman modal tanpa disertai bunganya.

“Masyarakat Kepri di daerah lain sudah banyak memanfaatkan program subsidi bunga itu, kantor kas Bank Riau Kepri di Tambelan ini pun harus bisa membantu masyarakat sini untuk mendapatkan program tersebut,” katanya.

Gubernur Kepri menyebutkan, berdasarkan hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Bank Riau Kepri akan menjadi Bank Riau Kepri Syariah. Hal ini tentunya akan membuat Bank Riau Kepri semakin mampu mengakomodir kepentingan ummat dan membuat kemajuan di Kepulauan Riau. (yen)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here