banner 728x90
Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bintan M Insan Amin memberikan penjelasan tentang pelayaran kapal roro saat arus mudik hingga arus balik Idul Fitri 1443 hijriah. F- yen/suaraserumpun.com

Kadishub: Mudik hingga Arus Balik, Trip Pelayaran Roro Ditambah

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kabupaten Bintan M Insan Amin menyampaikan, pemerintah bersama stakeholder akan mengawasi dan memberikan pelayanan maksimal pada arus mudik dan arus balik, Idul Fitri 1443 hijriah ini. Untuk pelayaran kapal roll on roll off (roro) rute telaga Punggur ke Tanjunguban, tripnya bakal ditambah.

Masa cuti bersama dan lebaran Idul Fitri tahun 2022 ini, pemerintah sudah memberikan sejumlah kelonggaran. Seperti peniadaan rapid tes antigen maupun PCR bagi warga (dewasa) yang sudah menjalani vaksinasi Covid-19 dosis ketiga (booster). Atau sudah disuntik vaksin dosis kedua bagi anak usia 6-17 tahun.

Baca Juga :  Waw Keren! Sepak Bola di Inggris Sudah Disaksikan Supporter

“Kita sudah memperkirakan, bakal terjadi lonjakan penumpang angkutan transportasi laut pada masa cuti bersama lebaran Idul Fitri tahun ini,” kata Insan Amin menjawab suaraserumpun.com, di sela apel gelar pasukan Operasi Ketupat Seligi 2022, Jumat (22/4/2022).

Khusus untuk angkutan kapal roro rute Telaga Punggur (Batam) ke Tanjunguban (Bintan), tidak ada penambahan armada kapal. Hanya saja, jumlah trip atau jadwal keberangkatan akan ditambah.

“Saat ini, ada empat armada kapal roro yang beroperasi untuk angkutan dari Tanjunguban ke Punggur, atau sebaliknya,” sebutnya.

Baca Juga :  Kontingen SIWO PWI Kepri Siap Bersaing di Porwanas, Ada Bonus dari Gubernur

Biasanya, jelas Insan Amin, tiga hari menjelang lebaran, arus mudik bakal padat. Trip pelayaran kapal roro akan ditambah. Pelayaran kapal roro ditambah sampai malam hari.

“Nah, yang lebih padat lagi, pada saat arus balik. Yaitu, tiga hari atau empat hari pada masa liburan terakhir. Pada masa puncak arus balik ini, kapal roro bisa saja beroperasi sampai subuh,” demikian disampaikan Insan Amin.

Pada kesempatan lain, Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan menyebutkan, Pemkab Bintan menganjurkan kepada warga yang ingin mudik, untuk segera mengikuti vaksinasi booster. Sehingga tidak menghambat perjalanan saat mudik lebaran nanti.

Baca Juga :  Kuansing Bacarito Menyingkap Sejarah Perlawanan Masyarakat Lubuk Jambi Terhadap Agresi Militer Belanda

“Untuk memberikan pelayanan ini, kita juga akan membuka gerai vaksinasi di pos-pos pelabuhan. Selain untuk vaksinasi, gerai itu juga disediakan rapid tes. Sewaktu-waktu kita lakukan tes acak rapid tes, guna menghindari penyebaran Covid-19,” kata Roby Kurniawan. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *