Beranda All News Roby Kurniawan Tak Memerlukan Superman, Tapi Superteam

Roby Kurniawan Tak Memerlukan Superman, Tapi Superteam

0
Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan bersama superteam di jajaran Pemkab Bintan memantau pembangunan. F-Istimewa/Diskominfo Bintan (2.000 pixel)

Bintan, suaraserumpun.com – Pemerintah Kabupaten Bintan terus melakukan reformasi birokrasi dan meningkatkan SDM aparatur pemerintah, dalam menjalankan roda pemerintahan. Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan bukan memerlukan superman dalam mencapai visi misi pembangunan. Tapi, memerlukan superteam.

Sebanyak 174 pejabat eselon III dan IV di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bintan dilantik, untuk mengisi kekosongan jabatan di sejumlah OPD, akhir Desember 2021 lalu. Pelantikan dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Bintan, Bintan Buyu. 174 pejabat itu terdiri dari 45 orang pejabat eselon III, 125 pejabat eselon IV dan 4 pejabat fungsional.

Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan menegaskan, tidak ada jual beli atau transaksional jabatan dalam mutasi dan promosi jabatan ini. Pelantikan 174 pejabat eselon ini merupakan bagian dari dinamika organisasi, untuk pembinaan dan dilakukan profesionalitas. Pelantikan sekaligus untuk pembenahan dan pemantapan organisasi, guna peningkatan pelayanan publik dan proses pembangunan.

Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan menyerahkan SK kepada pejabat eselon yang dilantik. F-Istimewa/Diskominfo Bintan (2.000 pixel)

“Sebagian besar, sifatnya pada pelantikan ini mengisi kekosongan jabatan. Beberapa pejabat juga ada yang promosi,” ujar Roby Kurniawan.

Kepada pejabat yang baru dilantik, Roby Kurniawan berharap, harus selalu melakukan inovasi guna memenuhi kebutuhan masyarakat Bintan. Kepada seluruh pejabat yang dilantik diharapkan dapat menjalankan tugas dan fungsi sebagaimana mestinya.

Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan. F- Istimewa/Diskominfo Bintan (2.000 pixel)

“Kita juga akan melakukan evaluasi per tiga bulan sekali, jadi jangan sampai tidak maksimal. Untuk pelantikan ini, tidak ada namanya negosiasi atau jual beli jabatan. Jika ada, laporkan ke saya. Dan saya jamin kerahasiaan yang melapor,” tegasnya.

Baca Juga :  Vaksinasi Gratis di Kejari Bintan Melebihi Target, Ada yang Ditunda

“Kita bukan memerlukan superman. Tapi memerlukan superteam, untuk menjalankan fungsi pemerintahan yang baik dan pemerintahan yang bersih,” tegas Plt Bupati Bintan.

Kemudian, Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan merombak kabinet untuk pejabat tinggi pratama di lingkungan Pemkab Bintan, pertengahan Februari 2022 lalu. Ada 13 pejabat pimpinan tinggi pratama yang dimutasi dan dilantik di aula Kantor Bupati Bintan.

13 pejabat yang dimutasi dan dilantik itu antara lain Aupa Samake sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Bintan. Mohammad Panca Azdigoena sebagai Asisten Administrasi Perekonomian, Pembangunan Setdakab Bintan.

Indra Hidayat sebagai Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTPS) Bintan. Edi Pribadi sebagai Kepala Perpusatakaan dan Arsip Daerah. Wan Rudi Iskandar sebagai Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdakab Bintan. Mohd Setioso sebagai Kepala Badan Pendapatan Daerah.

Baca Juga :  Jelang Pemberlakuan PPKM Level 3, Polres Bintan Razia Prokes

Irma Annisa sebagai Inspektorat Daerah Bintan. Herry Wahyu sebagai Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman. Mardiah sebagai staf ahli bidang Kemasyarakatan dan SDM Setdakab Bintan. Supriyono sebagai Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Bintan.

Selain itu, Juni Rianto sebagai staf ahli bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Setdakab Bintan. Edi Yusri sebagai Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Bintan, serta Raja Muhammad sebagai staf ahli bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Setdakab Bintan.

Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan menjelaskan, pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan sudah mengikuti mekanisme dan mendapatkan izin serta persetujuan dari Mendagri dan merupakan wujud aktualisasi yang menjadi rangkaian proses evaluasi kinerja.

Roby Kurniawan berharap, kepada pejabat yang baru dilantik untuk memberikan kinerja terbaiknya demi kemajuan Bintan. Dirinya berharap masyarakat menaruh harapan besar kepada pejabat yang baru dilantik.

“Saya dan masyarakat berharap agar bapak ibu sekalian menjaga amanah dengan menjunjung tinggi nilai kejujuran, loyalitas, dedikasi, keikhlasan, kreatifitas dan inovatif,” harapnya.

Roby Kurniawan berpesan, pejabat yang baru dilantik dapat bekerja sama dan berkolaborasi dalam membangun Bintan. Sehingga dibutuhkan responsif dalam menanggapi isu-isu terkini yang berkembang di tengah masyarakat.

Baca Juga :  Pemain Muda Persija Bikin Persib Memble di Final Piala Menpora

“Itu merupakan bagian dari tugas kita untuk membentuk superteam. Kita perlu tim kerja yang hebat,” tutur Roby Kurniawan.

“Kita bukan superman tapi jadilah superteam yang hebat,” tegasnya lagi.

Hal itu bukan saja ditujukan kepada pejabat eselon yang diberikan tugas dan tanggung jawab. Tapi juga diberlakukan kepada seluruh ASN di Kabupaten Bintan. Roby Kurniawan berharap agar ASN Bintan dapat kreatif serta melakukan inovasi guna melayani kebutuhan masyarakat Bintan.

Sekda Bintan Adi Prihantara menyaksikan Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan menandatangani berita acara pengambilan sumpah jabatan. F- Istimewa/Diskominfo Bintan (2.000 pixel)

“Inovasi dan kreativitas harus memberikan semangat dan kinerja yang lebih baik bagi pelaksanaan tugas-tugas rutin dalam pelayanan kepada masyarakat,” ujar bupati muda yang menyerahkan semua gajinya selama menjabat kepada Baznas Kabupaten Bintan tersebut.

Menurut Roby Kurniawan, bahwa pemikiran kreatif dan inovatif ASN tersebut, saat ini menjadi kebutuhan agar dinamika pembangunan dan pelayanan masyarakat dapat terus berjalan dan maksimal.

“Pemikiran yang kreatif dan inovatif pula yang akan memberi nilai lebih dalam pelayanan kepada masyarakat. Sehingga ASN juga mampu mengembangkan potensi diri,” demikian diharapkan Roby Kurniawan Plt Bupati Bintan. (yen)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here