Beranda All News Menyongsong Sirkuit Formula One, Roby Kurniawan: Saatnya Bintan Bangkit

Menyongsong Sirkuit Formula One, Roby Kurniawan: Saatnya Bintan Bangkit

0
Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan menyaksikan penandatanganan MoU pembangunan sirkuit Formula One (F1) di Lagoi, antara Gallant Venture Pte Ltd dengan IMI. F- Istimewa/Diskominfo Bintan (2.000 pixel)

Bintan, suaraserumpun.com – Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan berkeyakinan, sektor pariwisata dan industri di Kabupaten Bintan akan kembali pulih dan bangkit di tahun 2022. Bahkan di masa mendatang, Bintan akan semakin bangkit dengan keberadaan sirkuit balapan Formula One (F1) di kawasan pariwisata Lagoi.

Sektor pariwisata dan industri menjadi perhatian utama bagi Roby Kurniawan, dalam memulihkan perekonomian di Bintan. Pemerintah Kabupaten Bintan akan memberikan dukungan penuh terhadap pengusaha di semua sektor, selain pariwisata dan industri. Karena, investasi yang membuka peluang kerja akan menjadi penggerak roda ekonomi masyarakat Bintan.

Sejak dua tahun terakhir, ekonomi daerah terpuruk akibat masa pandemi Covid-19. Bahkan ekonomi daerah sempat minus, dan kini (2022) mulai memperlihatkan tren positif setelah memasuki masa endemi covid-19.

“Tentu kita berharap, wabah Covid-19 ini sepenuhnya berakhir. Kita mesti harus bersiap. Kita ingin Bintan bangkit dan menjadi rebutan para investor lagi,” ujar Roby Kurniawan.

Bintan Bangkit pun menjadi tagline bagi Roby Kurniawan pada saat menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) akhir tahun anggaran 2021 kepada pimpinan DPRD Kabupaten Bintan, akhir Maret 2022 lalu. Tagline Bintan Bangkit ini memiliki makna dan filosofi yang mencakup semua aspek. Artinya bangkit dari segi ekonomi, sosial, budaya, infrastruktur dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Design Sirkuit Formula One di Lagoi Lebih Ekstrem Dibandingkan Circuit Silverstone

Pada saat menyampaikan LKPj tersebut, Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan menjabarkan satu per satu realisasi dan capaian selama tahun 2021. Seluruh misi dijabarkan dalam program-program yang telah dicapai. Seperti realisasi investasi selama tahun 2021 telah mencapai 1,55 miliar dolar, atau setara dengan Rp22,2 triliun.

Plt Bupati Bintan juga menyampaikan laporan tentang secara umum pembangunan daerah pada tahun 2021. Jumlah penduduk 162.561 jiwa, laju pertumbuhan penduduk sebesar 1,91 persen. Berdasarkan data BPS Kabupaten Bintan, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) pada tahun 2021 mencapai 74,57 poin, meningkat dibandingkan tahun 2020 yang tercatat 74,13 poin.

Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan menyerahkan LPKj akhir tahun anggaran 2021 kepada pimpinan DPRD Kabupaten Bintan. F- Istimewa/Diskominfo Bintan (2.000 pixel)

Sedangkan pengeluaran perkapita mencapai Rp14 juta lebih. Laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Bintan menunjukan perkembangan kondisi bangkit (rebound) di tengah gejolak ekonomi regional dan nasional. Sehingga mampu tumbuh hingga 4,43 persen year on year pada tahun 2021, menyentuh 0,23 persen.

Upaya pemerintah melalui kebangkitan kondisi ekonomi sejalan dengan usaha recovery dan menunjukan rebound dari keterpurukan pada tahun 2020 di -4,20 persen dengan produk domestik regional bruto perkapita atas dasar harga konstan mencapai Rp13,93 triliun lebih. Di sisi lain, Pemerintah Kabupaten Bintan berhasil pula menekan tingkat pengangguran terbuka dari 8,86 persen menjadi 8,62 persen.

Baca Juga :  Angka Kemiskinan Kota Batam Mencapai 5,05 Persen, Warga: Tak Cukup Dibantu Beras

Bintan International Circuit Lagoi

Selain itu, Roby Kurniawan begitu antusias menyongsong pembangunan sirkutit balapan Formula One (F1) Bintan International Circuit (BIC) Lagoi. Desain sirkuit F1 Bintan Internasional Circuit (BIC) di kawasan pariwisata Lagoi ini dibuat oleh arsitek Populous dari Inggris.

Roby Kurniawan Plt Bupati Bintan. F- Istimewa/Diskominfo Bintan (2.000 pixel)

Desain sirkuit Formula One di Lagoi tersebut sudah dipresentasikan oleh pihak konsultan arsitek Populous Inggris, Kamis (14/4/2022). Desain tersebut dipresentasikan oleh Mr Andrew perwakilan konsultan Populous Inggris, di depan Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet).

Turut hadir dalam presentasi desain sirkuit F1 Bintan Internasional Circuit (BIC) di Lagoi itu, Gubernur Kepri H Ansar Ahmad. Serta Vice President Director PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) Frans Gunara, dan Group General Manager (GGM) PT BRC Lagoi Abdul Wahab. Dan Pembina IMI Tinton Suprapto.

Rencananya, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan hadir di Kepri, tepatnya di Kabupaten Bintan untuk melakukan peletakan batu pertama (gorundbreaking) pembangunan sirkuit F1 Bintan International Circuit (BIC) di kawasan pariwisata Lagoi. Rencana kehadiran Presiden RI Jokowi ke Bintan, setelah lebaran Idul Fitri ini disampaikan langsung oleh Ketua IMI Bambang Soesatyo (Bamsoet) yang juga ketua MPR RI.

Baca Juga :  Hari Jadi Pertama PBB Karimun, Ansar Ahmad Menyanyikan Lagu Mardua Holong

Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan mengatakan, kehadiran pembangunan sirkuit F1 di kawasan Lagoi Bintan, nantinya bisa membuka peluang bagi talenta pebalap Indonesia, khususnya pembalap lokal di Bintan. Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan dengan tekad yang besar mengatakan akan mendukung bibit unggul di bidang balap ini.

Roby yakin bahwa Bintan nantinya pasti akan memiliki bakat hebat yang berpeluang untuk bersinar di iven internasional. Walaupun harus melalui proses panjang demi kematangan dan profesionalitas karir. Bukan hal yang tidak mungkin, jika Bintan akan melahirkan pebalap hebat yang menaiki podium di rumah sendiri.

Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan bersama GGM PT BRC Lagoi Abdul Wahab. F-Istimewa/Diskominfo Bintan (2.000 pixel)

“Harapan itu tentu ada, kita juga tentu boleh untuk bermimpi. Pada prinsipnya ikhtiar akan terus kita lakukan, agar pariwisata dan industri Bintan kembali bangkit,” ujar Roby Kurniawan di sela penandatanganan nota kesepakatan pembangunan Bintan International Circuit (BIC) Lagoi, Kamis (17/3/2022) lalu.

Tapi yang lebih besar lagi, lanjut Roby Kurniawan, yaitu multiplier effect ekonomi dari pembangunan sirkuit Formula One di Lagoi tersebut.

“Investasi wisata akan berkembang cepat di Bintan. Peluang kerja buat generasi muda Bintan akan terbuka, nantinya. Ini juga menjadi engine untuk menyongsong Bintan Bangkit,” demikian disampaikan Roby Kurniawan. (yen)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here