Beranda All News Design Sirkuit Formula One di Lagoi Lebih Ekstrem Dibandingkan Circuit Silverstone

Design Sirkuit Formula One di Lagoi Lebih Ekstrem Dibandingkan Circuit Silverstone

0
Mr Andrew dari- konsultan Populous asal Inggris mempresentasikan desain sirkuit Formula one (F1) BIC Lagoi, di ruang kerja Ketua IMI Bamsoet di Jakarta, Kamis (14/4/2022). F- Istimewa/Diskominfo Kepri

Jakarta, suaraserumpun.com – Design atau desain (rancangan) sirkuit balapan Formula One (F1) di Lagoi, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) lebih ekstrem dan menantang, dibandingkan Circuit Silverstone Inggris. Desain sirkuit F1 Bintan Internasional Circuit (BIC) di kawasan pariwisata Lagoi ini dibuat oleh arsitek Populous dari Inggris.

Desain sirkuit Formula One di Lagoi tersebut sudah dipresentasikan oleh pihak konsultan arsitek Populous Inggris, Kamis (14/4/2022). Desain tersebut dipresentasikan oleh Mr Andrew perwakilan konsultan Populous Inggris, di depan Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet).

Turut hadir dalam presentasi desain sirkuit F1 Bintan Internasional Circuit (BIC) di Lagoi itu, Gubernur Kepri H Ansar Ahmad. Serta Vice President Director PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) Frans Gunara, dan Group General Manager (GGM) PT BRC Lagoi Abdul Wahab. Dan Pembina IMI Tinton Suprapto.

Baca Juga :  Pemprov Kepri Menyerahkan Ranperda Pengelolaan Keuangan Daerah ke DPRD

Dari desain yang dipresentasikan Mr Andrew konsultan arsitrek Populaous Inggris itu, sirkuit F1 di Lagoi memiliki lintas bervariasi. Ada lintasan atau track yang panjang lurus, namun dikombinasikan dengan tikungan yang sangat tajam, dan beberapa lintas pendek dengan tikungan yang ekstrem. Sirkuit ini terlihat lebih ekstrem dibandingkan Circuit Silverstone di negara Inggris.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad, Frans Gunara Vice President Director PT BRC dan pengurus IMI menyimak presentasi desain sirkuit Formula One BIC Lagoi, yang dipaparkan Mr Andrew dari konsultan Populous asal Inggris. F- Istimewa/Diskominfo Kepri

Rencananya, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan hadir di Kepri, tepatnya di Kabupaten Bintan untuk melakukan peletakan batu pertama (gorundbreaking) pembangunan sirkuit F1 Bintan Internasional Circuit (BIC) di kawasan pariwisata Lagoi, yang didesain oleh konsultan arsitek Populous Ingris tersebut.

Baca Juga :  Surat Terbuka Suyono Saeran Buat 'Tuan Presiden'

Rencana kehadiran Presiden RI Jokowi ke Bintan ini disampaikan langsung oleh Ketua IMI Bambang Soesatyo (Bamsoet) yang juga ketua MPR RI, pada saat presentasi desain sirkuit sekaligus rapat koordinasi percepatan pembangunnan sirkuit F1 di Lagoi, di Jakarta, Kamis (14/4/2022).

Frans Gunara Vice President Director PT BRC sekaligus GM Gallant Venture menyampaikan, tahapan demi tahapan progres pembangunan sirkuit Formula One BIC di Lagoi terus digesa bersama oleh pihak-pihak yang terlibat langsung dengan rencana ini. Terutama dalam menentukan rencana site plan maupun design sirkuit serta model bisnis yang akan dikembangkan nantinya.

Baca Juga :  Menhub Budi Karya Buka Peluang Investor untuk Melanjutkan Proyek Pelabuhan Malarko Karimun

Gubernur Kepri H Ansar Ahmad sangat mendukung rencana ini dengan menyiapkan kemudahan regulasi maupun pelayanan perizinan yang dibutuhkan. Ansar berharap pembangunan sirkuit F1 di Lagoi ini akan menambah kepercayaan publik, khususnya investor untuk dapat menanamkan investasinya di Kepulauan Riau.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad dan Bamsoet berbagi cendera mata helm balapan Formula One (F1). F- Istimewa/Diskominfo Kepri

“Kita berharap, ke depannya jumlah kunjungan wisatawan asing dengan hadirnya sirkuit ini akan memberikan multiplier effect ekonomi dalam percepatan pemulihan ekonomi,” kata Ansar Ahmad.

Terkait site plan dari rencana sirkuit Formula One (F1) di Lagoi ini, telah dipresentasikan rencana persiapannya oleh konsultan Populous dari Inggris, Mr Andrew. Ini merupakan konsultan internasional yang telah banyak mendesign arena motorsport. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here