banner 728x90
Gubernur Kepri Ansar Ahmad menyampaikan prioritas pembangunan masjid dan musalah di daerah pesisir, saat melaksanakan safari Ramadan, di Batam, Rabu (13/4/2022). F- Istimewa/Diskominfo Kepri

Gubernur Kepri Memprioritaskan Pembangunan Masjid di Daerah Pesisir

Komentar
X
Bagikan

Batam, suaraserumpun.com – Gubernur Kepri H Ansar Ahmad terus melakukan safari Ramadan dari masjid ke masjid, nyambi menyerahkan bantuan hibah dan zakat. Gubernur Kepri menyatakan, akan memprioritaskan pembangunan masjid di daerah pesisir dan hinterland, saat melakukan safari Ramadan di Masjid Baitul A’la Perumahan Aviari, Batam.

Gubernur Kepri meminta masyarakat Kepri, terkhusus masyarakat Batam untuk tetap istiqomah dalam menjalankan pengabdian sebagai hamba Allah SWT. Apalagi di masa pandemi selama 2 tahun terakhir.

“Sebagai hamba-Nya kita diperintahkan untuk konsisten dalam beribadah. Apapun bentuknya, rintangan akan selalu saja ada. Yang penting kita kuat menghadapi dan tetap istiqomah,” kata Gubernur Kepri di masjid Baitul A’la, Perumahan Aviari, Batuaji, Batam, Rabu (13/4/2022).

Baca Juga :  Aunur Rafiq Dilantik Moeldoko Sebagai Ketua DPD HKTI Kepri

Dijelaskan Ansar Ahmad, Pemprov Kepri telah memprogramkan kegiatan dan menganggarkan sebesar Rp4 miliar untuk pembinaan masyarakat melalui para dai dan ustaz yang ditempatkan di daerah-daerah hinterland dan pesisir yang ada di kabupaten dan kota se Provinsi Kepri.

“Tujuaan agar masyarakat mendapat pembinaan keagamaaan, terutama aqidah dan semangat pemahaman keislaman,” ujar Ansar.

Ansar Ahmad juga meminta agar Biro Administrasi Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) segera mendata setiap proposal masjid dan musala yang ada di pesisir. Agar bisa diprioritaskan untuk dibantu.

“Kita mau agar performance setiap masjid di pesisir bagus-bagus dan lebih representatif untuk beribadah. Karena masjid adalah jantungnya umat,” katanya.

Baca Juga :  Harganas Ke-29 sebagai Upaya Keluarga Bebas Stunting di Indonesia

Gubernur Kepri juga memaparkan rencana program rumah singgah di Jakarta yang nantinya bisa digunakan untuk masyarakat Kepri yang akan berobat ke Jakarta. Rumah singgah yang dimaksud Gubernur adalah kantor penghubung di Jakarta. Nantinya akan dialihfungsikan menjadi rumah singgah agar bisa membntu masyarakat.

“Kita juga akan siapkan ambulans dan makanan agar keluarga yang berobat dapat menghuni rumah singgah. Terutama jika keadaan kita tidak ada sanak saudara di sana,” terang Ansar.

Disamping itu, untuk pemulihan ekonomi dari sektor UMKM, Gubernur Kepri berpesan, agar masyarakat memanfaatkan program pinjaman lunak UMKM dengan bunga 0 persen, karena seluruh bunga pinjaman di tanggung oleh Pemprov Kepri. Melalui program ini, pelaku UMKM cukup membayar pinjaman pokok saja.

Baca Juga :  Kapolres Natuna Bawa 32 Personel untuk Mengevakuasi Korban Bencana Longsor di Serasan Natuna

“Agar UMKM bisa bangkit kembali. Dan di tahun ini kita menyiapkan peralatan UMKM yang dapat meningkatkan daya tahan produk makanan,” jelas Ansar lagi.

Hal lainnya, Ansar juga membahas program beasiswa mahasiswa dan bantuan sekolah hingga rencana pembangunan jembatan Batam-Bintan.

Hal serupa juga disampaikan kembali oleh Gubernur Kepri Ansar Ahmad saat melakukan safari subuh di masjid Alhuda, Perumahan Rajawali, Batam, Kamis (14/4/2022). (nurul atia)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *