banner 728x90
Gubernur Kepri Ansar Ahmad menyampaikan tentang memakmurkan masjid saat safari Ramadan di Sukajadi, Batam, Selasa (12/4/2022). F- Istimewa/Diskominfo Kepri

Gubernur Kepri: Rp78 Miliar untuk Memakmurkan Rumah Ibadah

Komentar
X
Bagikan

Batam, suaraserumpun.com – Gubernur Kepulauan Riau H Ansar Ahmad mengungkapkan, Rp78 miliar dana hibah Pemprov Kepri untuk memakmurkan masjid di Kepri, pada tahun anggaran 2022 ini. Ansar mengimbau agar semua masyarakat memakmurkan masjid. Karena, masjid merupakan jantung umat Islam.

Hal disampaikan Ansar Ahmad saat melakukan safari Ramadan di perumahan Bukit Indah Sukajadi, kelurahan Sukajadi, Kecamatan Batam Kota, Kota Batam, Selasa (12/4/2022).

Dalam kesempatan ini Gubernur Kepri menyampaikan, masjid merupakan jantungnya umat Islam. Tidak hanya menjadi tempat ibadah sebagai fungsi utamanya, tetapi juga sebagai tempat mendidik kader, tempat menimba ilmu, tempat membangun ukhuwah dan sebagainya.

Menurut Ansar Ahmad, memakmurkan masjid-masjid yang ada merupakan tugas seluruh umat Islam. Dan tahun ini melalui Pemerintah Provinsi Kepri telah menggulirkan dana hibah untuk memakmurkan rumah ibadah yang ada di seluruh Kepri sebesar Rp78 miliar.

Baca Juga :  Lantik 31 P3K, Hasan Minta Berikan Pelayanan dan Kinerja Terbaik Untuk Daerah

“Kita semua, sebagai umat muslim, punya tugas masing-masing untuk memakmurkan masjid-masjid yang ada. Karena masjid adalah jantungnya umat, maka kitalah yang bertanggung jawab untuk merawat, mempercantik dan memakmurkannya,” kata Ansar Ahmad.

Tidak ketinggalan, dalam momen ini, selaku pemegang kebijakan di Pemerintahan Provinsi Kepri, Ansar Ahmad menyampaikan tentang pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kepulauan Riau. Dalam upaya pemulihan ekonomi di Kepri, sektor UMKM adalah sektor vital yang perlu diperhatikan.

Selama pandemi, lanjut Ansar, banyak pelaku UMKM yang terpaksa gulung tikar, karena tak sanggup survive. Pascapandemi, para pelaku UMKM mencoba untuk merintis kembali usahanya. Hanya saja tak jarang yang mengeluh karena keterbatasan modal.

Baca Juga :  Ansar Ahmad Membahas Revitalisasi Lanjutan Pulau Penyengat Tahap II Senilai Rp25 Miliar

“Untuk itu, Pemerintah Provinsi Kepri bekerja sama dengan Bank Riau Kepri telah menggulirkan program pinjaman lunak bagi pelaku UMKM dengan bunga 0 persen. Bunga pinjamannya disubsidi sepenuhnya oleh pemerintah,” ujar Gubernur Kepri.

Ansar Ahmad berharap, program ini dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat yang benar-benar ingin merintis usahanya kembali paska pandemi. Dan kebijakan Pemerintah Provinsi Kepri memberi subsidi bunga pinjaman bagi pelaku UMKM tersebut merupakan langkah upaya untuk mempercepat pemulihan ekonomi Kepri.

“Banyak langkah-langkah yang kita lakukan untuk pemulihan ekonomi Kepri dan sektor UMKM ini menjadi salah satunya,” kata Ansar Ahmad.

Baca Juga :  Launching Vaksinasi Anak 6-11 Tahun, Gubernur Kepri Menargetkan 243.592 Orang yang Divaksin

Mengenai pembangunan infrastruktur, Gubernur Kepri menyampaikan, Pemerintah Provinsi Kepri sedang menggesa beberapa program pembangunan di seluruh Kepri. Salah satunya di kota Batam seperti di pembangunan sarana pendidikan SMA/SMK, pembangunan jalan simpang Frengki, pembangunan jembatan Batam-Bintan sebagai new engine-nya perekonomiam masyarakat Batam, dan masyarakat Bintan.

Pemerintah Provinsi Kepri perlu berkolaborasi dengan seluruh masyarakat Kepri tanpa terkecuali. Begitu juga Pemerintah kabupaten dan kota agar bersinergi, punya semangat yang in line. Tidak hanya menurunkan kebijakan-kebijakan Pemprov Kepri, tapi juga menurunkan kebijakan pemerintah pusat.

“Insya Allah jika kita kompak dan bersatu padu, pemulihan ekonomi di Kepri bisa segera kita wujudkan,” jelas Ansar Ahmad. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *