Beranda All News Pesan Ansar buat Apdesi Kepri, Jangan Terlibat Politik Praktis

Pesan Ansar buat Apdesi Kepri, Jangan Terlibat Politik Praktis

0
Gubernur Kepri Ansar Ahmad menerima audiensi Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kepri, Selasa (22/3/2022). F- Istimewa/Diskominfo Kepri

Batam, suaraserumpun.com – Gubernur Kepulauan Riau H Ansar Ahmad menerima audiensi dengan pengurus Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Provinsi Kepulauan Riau, di ruang kerja gubernur lantai VII, Gedung Graha Kepri, Batam, Selasa (22/03). Ansar Ahmad berpesan buat Apdesi, jangan terlibat politik praktis dan fokus memajukan desa.

Turut mendampingi Gubernur Kepri pada kesempatan ini Kepala Badan Kesbangpol Linmas Lamidi, Kepala Dinas PMD Dukcapil Misni, Kepala Dinas Kominfo Hasan SSos, serta Staf Khusus Gubernur Syarafuddin Aluan. Sementara perwakilan pengurus Apdesi Kepri dari lima kabupaten seProvinsi Kepulauan Riau yaitu Karimun, Bintan, Lingga, Natuna, dan Anambas, sebanyak 12 orang.

Dalam pengarahannya, Gubernur Kepri Ansar Ahmad berpesan, para kepala desa yang tergabung dalam DPD Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Provinsi Kepulauan Riau, untuk tidak terlibat dalam urusan politik praktis. Dan lebih fokus menjalankan amanahnya untuk menjadi kepala desa yang memajukan desa yang mereka pimpin.

Baca Juga :  Bagi yang Mau Vaksinasi Gratis, Datang ke Pujasera Bintan Centre

“Jalankan organisasi ini sebagaimana mestinya, organisasi ini harus bermanfaat untuk desa. Kepala desa adalah simbol desa dan milik semua orang. Di pundak bapak-bapak ini adalah ujung tombak membangun desa sesuai dengan nawacita Bapak Jokowi. Yaitu membangun dari pinggiran,” ujar Ansar Ahmad.

Ansar Ahmad menegaskan, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau selalu siap memberikan dukungan agar organisasi ini dapat berjalan sebagai ujung tombak pembangunan di desa. Namun perlu dipahami bahwa APBD Kepri saat ini jumlahnya sangat terbatas. Sehingga nanti dicari pola terbaik dalam penganggaran bantuannya.

Baca Juga :  Menuju Zona Hijau, Kepri Bikin Kerja Sama dengan Pemerintah Singapura

“Untuk perubahan anggaran saat ini tidak mudah, kita harus membuka dulu SIPD yang kuncinya ada di Kemendagri. Beberapa saat lalu telah kita minta dibuka untuk penambahan anggaran di Posyandu tapi hingga saat ini belum dibuka. Nanti kalau dibuka kita usahakan bisa dimasukan anggaran desa, bisa juga nanti di APBD-P atau nanti kita cari pola bantuannya agar operasional organisasi bisa dapat berjalan,” terang Ansar Ahmad.

Ke depannya, Gubernur Kepri berharap koordinasi dan kerja sama antara Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dengan Apdesi selalu terjalin. Bahkan setiap tahunnya, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau selalu melaksanakan rakor desa. Dalam pelaksanaannya banyak menyampaikan perkembangan-perkembangan terkait desa yang disampaikan. Baik peraturan dan isu isu terbaru terkait perubahan ekonomi, serta cara penanggulangan Covid-19.

Baca Juga :  Ansar Ahmad Gubkepri Pakai Semua Jurus buat Menghadapi yang Satu Ini

“Untuk ke depan kalau ada kegiatan yang kaitannya dengan kewenangan lintas kabupaten/kota, agar dikomunikasikan juga dengan provinsi. Agar bisa kami bantu fasilitasi. Kerja sama ini harus dijaga, agar ke depan desa lebih berdaya,” tutup Ansar Ahmad.

M Nazar Iman selaku Ketua Apdesi Provinsi Kepulauan Riau terpilih periode 2022-2027 mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Kepulauan Riau yang telah menerima beserta para anggota asosiasi.

“Audiensi ini dalam rangka silaturahmi dan melaporkan hasil Musda Apdesi kemarin, sekaligus meminta dukungan dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau untuk memfasilitasi pelantikan struktur kepengurusan yang baru,” tambahnya. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here