banner 728x90
Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan memimpin rapat pembentukan Tim Pengawas Orang Asing (Timpora) bersama stakeholder terkait, di Kantor Bupati Bintan, Selasa (22/3/2022). F- nurul atia/suaraserumpun.com

Dibentuk Timpora Bintan, Roby Kurniawan: Tak Perlu Superman, Kita Perlu Superteam

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Pemkab Bintan bersama FKPD sepakat membentuk Tim Pengawas Orang Asing (Timpora) Kabupaten Bintan. Untuk menjalankan tugas Timpora ini, Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan tidak memerlukan superman. Tapi memerlukan superteam.

Pembentukan Timpora ini menjadi pembahasan utama dalam pertemuan Kantor Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Kantor Wilayah Kepulauan Riau bersama Kantor Imigrasi Kelas I Tanjungpinang serta FKPD terkait, di Kantor Bupati Bintan, Selasa (22/3/2022) siang.

Pertemuan ini untuk membentuk Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) tingkat Kabupaten Bintan. Pertemuan dihadiri langsung oleh Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan. Setelah pembentukan Timpora, dilanjutkan dengan diskusi isu terkini.

Baca Juga :  Lahan Ekstambang Bauksit Bisa Memproduksi Padi, Ansar Ahmad Ajak Masyarakat Berhemat Mengonsumsi Pangan

Pembentukan Timpora didasarkan pada UU Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian dan Permenkumham RI Nomor 50 Tahun 2016 tentang Tim Pengawasan Orang Asing. Gagasan ini disambut baik oleh Plt Bupati Roby Kurniawan. Plt Bupati Bintan menyatakan, siap mendukung sepenuhnya sesuai dengan kapasitas sebagai pemerintah daerah.

“Kita tidak perlu superman dalam menjalankan tugas ini. Tapi kita perlu superteam” tutur Roby Kurniawan.

Roby Kurniawan menyampaikan, Bintan merupakan daerah destinasi wisata yang tiap tahun ratusan ribu turis mancanegara datang berkunjung sebelum pandemi. Saat ini pula, Bintan menjadi salah satu daerah yang dipilih sebagai tempat pengungsian bagi pengungsi asing atau para pencari suaka.

Baca Juga :  Dumoranto: RT/RW Tak Elok Membatasi Peserta Pemilu Saat Berkampanye

“Pada prinsipnya Kami siap mendukung sepenuhnya dan turut berkontribusi. Ini yang sangat diharapkan,” tambah Roby Kurniawan.

Kepala Devisi Keimigrasian Kemenkumham Kanwil Kepri Moriana Harahap sangat berharap, agar tim yang dibentuk ini mampu membawa kenyamanan khususnya bagi masyarakat. Dirinya mengharapkan agar nantinya seluruh stakeholder yang terlibat akan dapat saling berkoordinasi dan berkontribusi.

“Kita tidak bisa jalan masing-masing. Kami harapkan semuanya bisa saling mengisi dan saling support,” kata Moriana yang juga Ketua Timpora Provinsi Kepri itu. (nurul atia)

Baca Juga :  Mualaf Jadi Sasaran Penyaluran Zakat ASN Pemko Tanjungpinang

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *