banner 728x90
Ansar Ahmad Gubernur Kepri, Frans Gunara dan Eugene Cho Park dari Gallant Venture Pte Ltd bersama Bamsoet Ketua IMI melakukan ground breaking pembangunan sirkuit Formula One (F1) di Lagoi, Bintan, Kamis (17/3/2022). F- Istimewa/Diskominfo

Ini Tiga Alternatif Lokasi untuk Sirkuit Formula One di Lagoi, Pembangunan Diperkirakan 2 Tahun

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Penandatanganan MoU dan groundbreaking pembangunan sirkuit balapan Formula One (F1) di Lagoi, Bintan, Provinsi Kepri sudah dilakukan, Kamis (17/3/2022). Ada tiga alternatif atau pilihan lokasi untuk pembangunan Bintan International Circuit F1 di Lagoi tersebut. Pembangunan sirkuit F1 ini diperkirakan 2 tahun sudah selesai.

Rencana pembangunan Bintan International Circuit (BIC) untuk balapan Formula One (F1) ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU), antara Ikatan Motor Indonesia (IMI) pusat dan Gallant Venture Pte Ltd.

Penandatanganan dilakukan Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo (Bamsoet) dengan CEO of Gallant Venture Pte Ltd Eugene Cho Park. Penandatanganan MoU ini disaksikan Gubernur Kepri H Ansar Ahmad, Frans Gunara selalu Executive Director of Gallant Venture Pte Ltd, serta GGM PT BRC Lagoi Abdul Wahab di hotel Nirwana Gardens, Lagoi, Bintan, Kamis (17/3/2022).

Group General Manager (GGM) PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) Lagoi Abdul Wahab menjelaskan, Bintan International Circuit akan dibangun di tiga lokasi alternatif (pilihan). Tiga calon lokasi sirkuit tersebut adalah di kawasan Lagoi Bay, Kepri Bay, dan area Berakit.

Baca Juga :  Menteri Kominfo Mengabulkan Permintaan Gubernur Kepri, Segera Bangun 28 BTS 4G di Lingga

“Nantinya, konsultan dari Inggris yaitu Populous akan menentukan lokasi yang paling tepat untuk dibangun sirkuit F1 Bintan,” sebut Abdul Wahab.

Abdul Wahab menyampaikan, setiap lokasi dari tiga tempat tersebut sama-sama menawarkan panorama alam yang indah.

“Diperkirakan, sirkuit Formula One (F1) di Lagoi, Bintan ini akan selesai dibangun dalam waktu dua tahun,” ujarnya.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengatakan, dibangunnya Bintan International Circuit akan semakin menyemarakkan gelaran sport tourism di Bintan.

“Sebelum masa pandemi, hampir di setiap bulan sepanjang tahun ada iven-iven sport tourism internasional yang digelar di Bintan. Adanya sirkuit ini, tentu semakin mendukung dan mengundang wisatawan datang ke Bintan,” kata Ansar Ahmad.

Baca Juga :  Bencana Banjir dan Longsor, Dinsos Bintan Menyalurkan Bantuan Logistik

Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengungkapkan, dengan bentang alam dan pesisir pantai yang indah akan membuat Bintan International Circuit mempunyai nilai jual yang tinggi. Dan menjadikan sirkuit ini menjadi salah satu yang terbaik di dunia.

“Jika terbangun sirkuit ini bisa melengkapi Bintan untuk menjadi mega resort in the world, kita akan mempunyai infrastruktur entertain kelas dunia,” katanya.

Dengan dibangunnya sirkuit ini, Gubernur Kepri yakin, para investor semakin tertarik untuk menanamkan modalnya dengan membuka resor-resor dan hotel baru di kawasan Bintan.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Kepri Ansar Ahmad mewakili masyarakat Kepri juga menobatkan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo sebagai ‘Bapak Otomotif Indonesia’.

“Presiden Jokowi terbukti mampu membuat dunia otomotif Indonesia lebih baik dan semakin berkembang,” tutur Ansar Ahmad.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad menyaksikan Bambang Soesatyo (Bamsoet) dan Eugene Cho Park selaku CEO Gallant Venture Pte Ltd menandatangani MoU pembangunan sirkuit Formula One (F1) di Lagoi, Bintan, Kamis (17/3/2022). F- Istimewa/Diskominfo

Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo mengatakan kesuksesan sirkuit Mandalika yang menggelar iven MotoGP yang membuat pertumbuhan ekonomi di NTB jadi melesat, bisa ditiru oleh Kepri.

Baca Juga :  Banjir dan Longsor, Roby Kurniawan Memerintahkan Tim Segera Menghitung Kerugian

“Dampak ekonomi dengan adanya gelaran balapan tingkat dunia bisa langsung dirasakan instan. Terlebih Bintan sudah lebih dulu terkenal dengan pariwisatanya,” kata Bambang Soesatyo.

Pria yang menjabat Ketua MPR RI ini juga mengarahkan agar pemerintah daerah serta pengelola Bintan Resorts bisa mengajak investor membuka hotel-hotel baru untuk mengakomodasi kamar yang akan ditempati para wisatawan.

Usai penandatanganan MoU, Gubernur Kepri Ansar Ahmad bersama Bambang Soesatyo, Eugene Cho Park, dan Frans Gunara melakukan groundbreaking sebagai tanda dimulainya pembangunan Bintan International Circuit untuk arena balapan F1.

Hadir dalam acara tersebut Pangkogabwilhan I Laksamana Madya TNI Muhammad Ali, Kajati Kepri Gerry Yasid, Danrem 033/WP Brigjen TNI Jimmy Ramos Manalu, Wakapolda Kepri Brigjen Pol Rudi Pranoto, Kabinda Kepri Brigjen Pol Riza Chelvian Gumay, dan Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *