Beranda All News KONI: 40 Cabor yang Masuk Dalam Usulan Porprov 2022 Kepri

KONI: 40 Cabor yang Masuk Dalam Usulan Porprov 2022 Kepri

0
Pengurus Provinsi cabang olahraga dan pengurus KONI Kepri melaksanakan rapat kerja provinsi untuk menghadapi Porprov ke-V Kepri, di Beverly Hotel Batam, Sabtu (5/3/2022). F- istimewa/humas KONI Kepri

Batam, suaraserumpun.com – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kepri mengadakan rapat kerja provinsi, dengan Panitia Besar (PB) Porprov dan Pengprov cabang olahraga, di Beverly Hotel, Batam, Sabtu (5/3/2022). Ada 40 cabang olahraga (cabor) yang masuk dalam usulan untuk dipertandingkan di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2022 Kepri di Kabupaten Bintan, 6-12 November 2022 mendatang.

Dalam rapat kerja provinsi (Rakerprov) KONI Kepri ini memutuskan penyelenggaraan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke-V tahun 2022 Kepri, tanggal 6 November sampai dengan 12 November 2022 mendatang. Hal ini diputuskan dalam rapat pleno pengurus KONI se-Kepri dan perwakilan pengurus provinsi (Pengprov) cabor yang hadir dalam kesempatan itu.

Rakerprov KONI Kepri ini dibuka Asisten I Pemprov Heri Mukhrizal, hadir juga pengurus Koni Pusat Mayjen TNI (Purn) Suwarno Wakil I Ketua Umum, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kepri Ikhsan.

“Jadi, kita sepakati untuk pelaksaan Pekan Olahraga Provinsi Kepri di Kabupaten Bintan, mulai 6 sampai 12 November 2022 mendatang,”” jelas Amri pimpinan sidang Rakerprov tersebut.

Hadir dalam Rakerprov itu Ketua Umum PB Porprov Kepri Dadang AG, Sekretaris Umum KONI Kepri dan anggota. Serta perwakilan dari KONI Kabupaten Bintan sebagai tuan rumah penyelenggara Porprov 2022 Kepri.

Pada kesempatan tersebut turut diusulkan cabor yang akan dipertandingkan pada Porprov V Kepri di Kabupaten Bintan. Cabor yang akan dipertandingkan pada Porprov 2022 Kepri di Kabupaten Bintan itu adalah, 27 cabang olahraga yang dipertandingkan pada saat Porprov IV Kepri di Kota Tanjungpinang, tahun 2018 lalu.

Baca Juga :  Terima Penghargaan, I Wayan Riana Ingin Melibatkan PWI Bintan di Program Desa RJ

Selain 27 cabor di Porprov 2018 Kepri, Kabupaten Bintan sebagai tuan rumah Porprov 2022 Kepri menambahkan 3 cabor baru yang dipertandingkan nanti. Yaitu, E-Sport, drum band dan selam. Pada saat rapat perdana Panitia Besar Porprov, juga diusulkan 2 cabor lain yang dipertandingkan pada Porprov Kepri nanti. Yaitu golf dan barongsai.

“Nah, usulan awal yang masuk, berarti ada 32 cabor. Pada saat Rakerprov Sabtu (5/3/2022), ada 8 cabor lagi yang diusulkan untuk dipertandingkan pada Porprov 2022 Kepri nanti. Jadi, ada 40 cabor yang masuk dalam usulan untuk dipertandingkan pada Porprov 2022 Kepri di Bintan nanti,” sebut Amri.

Delapan cabor yang diusulkan pada Rakerprov tersebut, antara lain lain jujitsu, gulat, wushu, menembak, panahan, kick boxing, triathlon, serta dansa.

“Kita minta, Pengprov cabor yang baru saja mengusulkan dan ingin dipertandingkan pada Porprov itu, mengajukan proposal, paling lambat akhir bulan Maret ini,” tegas Amri.

Selanjutnya, KONI Kepri akan melakukan verifikasi terhadap cabor yang baru diusulkan tersebut. Verifikasi dan pertimbangan yang bakal dinilai itu antara lain Pengprov cabor tersebut aktif. Memiliki minimal empat pengurus yang aktif di kabupaten/kota se-Kepri.

Baca Juga :  Pemerintah Menetapkan 1 Syawal 1442 Hijriah, Kamis 13 Mei 2021

“April nanti, akan kita verifikasi cabor yang mengusulkan itu. Setelah itu, baru ditetapkan dan dirilis cabor apa saja yang dipertandingkan. Usulan ini masih ada proses lagi, dan diputuskan pada Raker Apri nanti,” tegas Amri.

Amri menyatakan, penambahan usulan cabor ini, tidak terdampak bagi tuan rumah. Karena, biaya pertandingan nanti, itu dari provinsi. Karena, venue untuk pertandingan cabor yang masuk usulan terbaru ini, tidak dibangun.

“Sarana venuenya indoor, atau out door yang sudah tersedia. Bukan pembangunan. Bisa berupa ball room, comunity center, aula, atau gedung serbaguna yang sudah tersedia di Kabupaten Bintan,” jelasnya.

Penambahan usulan cabor yang dipertandingkan pada Porprov 2022 Kepri di Kabupaten Bintan ini, tambah Amri, mesti didukung dari Pemprov Kepri, untuk pendanaannya pada perubahan APBD (APBD-P) 2022. Sebab, sebagian cabor ini tidak bisa melaksanakan Kejurprov secara rutin. Sementara, tahun 2023 harus mempersiapkan Porwil dan Pra PON, sebagai ajang seleksi PON.

“Nah, mumpung ada Porprov, sekalian saja ini sebagai ajang Kejurprov bagi cabor-cabor ini, untuk menyeleksi atlet menghadapi Porwil dan Pra PON di tahun 2023. Kita minta dukungan dari Pemprov Kepri,” harap Amri.

Baca Juga :  Catatan Setahun Kepemimpinan Ansar-Marlin: Bekerja Amanah, Serius, Fokus & Tuntas

Selain itu, pada Rakerprov tersebut, turut dipaparkan seluruh venue utama yang tersedia di Kabupaten Bintan. Paparan ini disampaikan oleh Sekretaris Umum KONI Bintan Winarno kepada peserta Raker Koni. Winarno menjabarkan usulan dari tuan rumah, sedikitnya 26 venue yang disiapkan Bintan, untuk gelaran Porprov 2022 Kepri di Bintan ini.

“Seluruh (26) venue cabor ini, tersebar di tiga kecamatan. Kecamatan Bintan Utara, Kecamatan Toapaya, dan Bintan Timur. Ada 26 venue, hasil dari verifikasi cabor yang terdaftar dan siap di pertandingkan,” jelas Winarno.

Dalam Raker Koni tersebut, seluruh peserta cabor dari kabupaten dan kota serta KONI Kepri, sepakat pelaksaan sepenuhnya di Kabupaten Bintan. Cabor yang dipertandingkan, nantinya adalah cabor yang potensi untuk kejuaraan Porwil dan Pekan Olahraga Nasional di Sumut dan Aceh.

“Selain menyiapkan venue untuk kesuksesan Porprov ini, yang paling utama adalah, melalui pelaksanaan ini, atlet Kepri nantinya mampu bersaing di gelaran Porwil atau Pra PON 2023, menuju PON di Sumut dan Aceh. Insya Allah kami siap sukseskan Porprov Kepri ini,” kata Winarno. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here