Beranda All News Kumpulan Berita Setahun Kepemimpinan Ansar-Marlin: Ada Launching Aplikasi Japri Gub

Kumpulan Berita Setahun Kepemimpinan Ansar-Marlin: Ada Launching Aplikasi Japri Gub

0
Gubernur Kepri Ansar Ahmad menandatangani peluncuran buku Kepri Terang Menyalakan Pulau, pada peringatan setahun kepemimpinan Ansar-Marlin, disaksikan Suyono Saeran Staf Khusus Gubernur di Aula Wan Seri Beni, Dompak, Selasa (1/3/2022). F- istimewa/Diskominfo Kepri

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) memperingati setahun kepemimpinan H Ansar Ahmad dan Hj Marlin Agustina (Ansar-Marlin) sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri, Selasa (1/3/2022). Berikut kumpulan berita dan kegiatan setahun kepemimpinan Ansar-Marlin.

Peringatan setahun kepemimpinan Ansar-Marlin sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri dilaksanakan dalam bentuk syukuran di Aula Wan Seri Beni, Dompak, Tanjungpinang. Pada acara selama lebih kurang 3 jam dengan protokol kesehatan yang ketat ini, dilakukan peluncuran (launching) sejumlah aplikasi, sebagai bentuk inovasi Pemprov Kepri dalam memberikan pelayanan publik.

Gubernur Kepri H Ansar Ansar bersama Wagub Kepri Hj Marlin Agustina genap setahun memimpin Pemerintah Provinsi Kepri. Pengangkatan Ansar Ahmad bersama Marlin Agustina (Ansar-Marlin), berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 40/P tahun 2021 yang ditandatangani pada tanggal 24 Februari 2021 tentang pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau
untuk masa jabatan 2021-2024. Saat itu pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri disejalankan dengan pelantikan Gubernur Sumatera Barat dan Gubernur Bengkulu.

Selasa (1/3/2022), Pemprov Kepri menggelar syukuran peringatan kepemimpinan Ansar-Marlin. Acara diisi dengan berbagai peluncuran inovasi-inovasi Pemprov Kepri di bawah kepemimpinan Gubernur Ansar dan Wagub Marlin. Tak tanggung-tanggung, 4 aplikasi berbasis digital dilaunching sekaligus. Yaitu aplikasi Japri Gub, MI Bedil SIMA-PK, SIMANJA V2, dan E-DISPOSISI.

Baca Juga :  Kumpulan Berita Gubernur Kepri Kunker ke Tambelan, Cerita Bandara hingga Program Pembangunan

Japri Gub (Jaring Aspirasi Gubernur) adalah aplikasi pengaduan atau wadah penyampaian aspirasi masyarakat kepada Gubernur Kepri. Kemudian, MI Bedil SIMA-PK (Media Informasi Berbasis Digital Sistem Manajemen-Pendidikan Kepri) adalah sistem informasi dan administrasi pendidikan yang ditujukan kepada tenaga pendidik dan masyarakat.

Kemudian SIMANJA (Sistem Informasi Manajemen Kinerja) versi 2 yang telah menerapkan SOTK dan SKP baru sesuai aturan terbaru Menpan RB, dan E-DISPOSISI yang merupakan aplikasi disposisi surat beserta catatan yang diperintahkan pimpinan kepada instansi terkait.

Inovasi lain yang diresmikan pada kesempatan tersebut adalah penggunaan tanda tangan elektronik menggunakan aplikasi Besign di lingkungan Pemprov Kepri serta Lauching ID card Pegawai Pemprov Kepri diintegrasikan dengan kartu e-money BRI (BRIZZI).

Revitalisasi Pulau Penyengat yang merupakan salah satu program prioritas Gubernur Kepri Ansar Ahmad di tahun 2022 ini juga akan disertai dengan program digitalisasi. Peresmian program digitalisasi UMKM di Pulau Penyengat ditandai dengan penyerahan barcode QRIS Bank Riau Kepri kepada 5 perwakilan UMKM juga disejalankan dengan syukuran setahun kepemimpinan Ansar-Marlin.

Di sela syukuran, Staf Khusus Gubernur Kepri Suyono Saeran juga meluncurkan dua buku yang ditulisnya. Yaitu buku berjudul Perjalanan Meraih Mimpi. Buku ini memotret tentang perjalanan Gubernur Kepri Ansar Ahmad dalam belantara politik, sampai akhirnya terpilih sebagai Gubernur Kepri pada Pemilu Kada 2020.

Baca Juga :  Turis Korea Menggunakan Penerbangan Carter ke Batam dan Bintan, Gubernur Kepri: Yes!

Lalu buku berjudul Kepri Terang Menyalakan Pulau, yang menceritakan perjuangan Gubernur Kepri Ansar Ahmad dalam mewujudkan program Kepri Terang. Yaitu, menyalakan listrik desa dan dusun secara merata di Kepri.

Sebelum peringatan setahun kepemimpinan Ansar-Marlin, Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengukuhkan pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kepri. H Handarlin Umar dilantik menjadi Ketua FKUB Kepri masa bakti 2021-2026.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad menyampaikan, tahun 2022 ini memasuki tahun kedua kepemimpinannya bersama Wagub Kepri Marlin Agustina, pada kondisi pandemi Covid-19. Kebijakan pembangunan haruslah dilakukan secara beriringan dan bersinergi dengan upaya penanggulangan Covid-19 dan pemulihan ekonomi.

“Pada tahun 2022, kami menargetkan percepatan pembangunan di seluruh wilayah Provinsi Kepulauan Riau. Baik dari sektor ekonomi, pendidikan, sosial, infrastruktur, kesehatan dan lainnya,” ucap Ansar Ahmad.

Pada tahun 2022, APBD Provinsi Kepulauan Riau sebesar Rp3,8 triliun. Anggaran ini akan disalurkan ke tujuh kabupaten/kota di Provinsi Kepulauan Riau.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh komponen di Provinsi Kepulauan Riau. Mulai dari seluruh jajaran OPD di lingkungan Pemprov Kepri, jajaran Forkopimda, pemerintah daerah kabupaten/kota, DPRD provinsi dan kabupaten/kota, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, alim ulama, cerdik pandai, dunia usaha dan swasta, kalangan pers serta masyarakat secara umum. Ucapan terima kasih disampaikan atas semua partisipasi, bantuan dan dukungan dari semua pihak.

Baca Juga :  2.560 Napi di Kepri Dapat Bonus Pengurangan Hukuman, 17 Orang Langsung Bebas

“Berkat partisipasi itu, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dapat memperoleh prestasi dan berbagai penghargaan, sebagaimana yang telah disampaikan sebelumnya,” kata Ansar Ahmad.

Ansar Ahmad Gubernur Kepri memaparkan rencana pembangunan Kepri di tahun kedua sekaligus me-launching aplikasi Japri Gub pada peringatan setahun kepemimpinan Ansar-Marlin, Selasa (1/3/2022). F- istimewa/Diskominfo Kepri

Sebelumnya, dipaparkan video potret setahun kepemimpinan Gubernur Kepri Ansar dan Wagub Marlin, yang berisi capaian Pemprov Kepri serta penghargaan. Baik dari pemerintah pusat, lembaga pemerintah, maupun dari pihak swasta yang berhasil diraih Pemprov Kepri.

Kegiatan syukuran peringatan setahun kepemimpinan Ansar-Marlin dihadiri mantan Gubernur Kepri Ismeth Abdullah, Wakil Ketua I DPRD Kepri Hj Dewi Kumalasari, Forkopimda Kepri atau yang mewakili, perwakilan bupati/wali kota se-Kepri, Pj Sekdaprov Kepri Eko Sumbaryadi.

Selain itu, turut hadir para pimpinan instansi vertikal, para Staf Khusus Gubernur, Asisten, Staf Ahli, serta Kepala OPD Pemprov Kepri, Ketua LAM Kepri, Ketua MUI Kepri, Ketua Baznas Kepri, pimpinan Bank Riau Kepri, Bank Riau Kepri Syariah, Bank BRI, para pimpinan perguruan tinggi, serta tamu undangan yang hadir. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here