Beranda All News Ansar Bahas Ekonomi Kepri, Sofyan A Djalil: Alumni HmI Sedikit yang Jadi...

Ansar Bahas Ekonomi Kepri, Sofyan A Djalil: Alumni HmI Sedikit yang Jadi Entrepreneur Hebat

0
Gubernur Kepri Ansar Ahmad dan tokoh KAHMI menyaksikan Sofyan A Djalil memukul gong saat membuka Rakornas KAHMI di Batam, Kepri, Jumat (25/2/2022). F- istimewa/Diskominfo Kepri

Batam, suaraserumpun.com – Gubernur Kepri H Ansar Ahmad membahas tentang pertumbuhan ekonomi dan investasi, pada Rakornas Ke-IV Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI), di Hotel Swiss Bell Harbourbay Kota Batam, Jumat (25/2/2022) malam. Sofyan A Djalil menyatakan, kader atau alumni Himpunan mahasiswa Islam (HmI) masih sedikit yang menjadi entrepreneur atau pengusaha hebat.

Ansar Ahmad merasa bersyukur, karena hampir dua tahunan sejak Kepri dilanda pandemi Covid-19, secara perlahan kembali bisa menggelar iven nasional di wilayah Kepulauan Riau. Kondisi ini menjadi bukti, bahwa Kepri sejauh ini telah berhasil mengendalikan pandemi yang terjadi.

Menurut Ansar Ahmad, Provinsi Kepri akan terus mendorong akslerasi laju pertumbuhan ekonomi, dengan berupaya secara maksimal dan terus menerus mendatangkan bermacam investasi ke Kepulauan Riau. Diantaranya, melalui pembangunan infrastruktur ekonomi dan infrastruktur sosial masyarkat, yang menyebar di semua wilayah Kepulauan Riau.

“Dari mulai pelabuhan, bandara, jalan, jembatan, air, listrik dan sarana prasarana komunikasi termasuk memanfaafkan era revolusi industri 4.0 dan 5.0,” sebut Ansar Ahmad.

Baca Juga :  Meski PPKM Level 2, Polsek Gunung Kijang Masih Buka Dapur Umum

Selanjutnya, kata Ansar Ahmad, Provinsi Kepri juga terus melakukan penyederhaaan dan kemudahan perizinan dan berinvestasi. Termasuk menyediakan perizinan secara online melalui proses Izin dengan Jarimu atau Si Jempol.

Provinsi Kepri, tambah Ansar Ahmad, terus mengembangkan sektor pariwisata yang potensinya tersebar di semua wilayah kabupaten/ kota se Kepri. Bahkan kita terus mendorong sektor ini, menjadi sektor unggulan ke depannya.

Bahkan yang tak kalah penting, Kepri terus menggandeng dunia usaha untuk ambil bagian dalam pembangunan infrastruktur dan sarana prasarana publik melalui skeme investasi.

Pihaknya juga terus mengimplementasikan model collborative governance dan pentahelix collaboration, menyusun regulasi yang pro investasi dan tidak tumpang tindih.

“Bersama Forkompinda kita selalu membahas perkembangan situasi dan kondisi di Provinsi Kepri,” katanya.

Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan A Djalil berharap, KAHMI bisa berkiprah lebih luas lagi dengan berkontribusi pada banyak sektor dan bidang.

Sejauh ini kader atau alumni HMI masih lebih banyak berkiprah dalam dunia politik, pemerintahan, akademisi dan juga berkarier di kelembagaan dan kementerian. Tapi masih sedikit, yang terjun ke dunia bisnis dengan menjadi entrepreneur hebat.

Baca Juga :  Raden Hari: PPKM Darurat di Batam dan Tanjungpinang jangan Menyusahkan Masyarakat Kecil

“Kita mau ke depan, KAHMI banyak berkiprah ke dunia usaha. Syukur-syukur, bisa membangun koorporasi besar,” kata Sofyan A Djalil saat membuka Rakornas ke-IV KAHMI di Hotel Swiss Bell Harbourbay Kota Batam, Jumat (25/2/2022) malam.

Menurut Sofyan A Djalil, pilihan terjun ke dunia bisnis dan usaha, sejatinya akan lebih cepat membesarkan organisasi itu sendiri.

“Karena dengan terjun menjadi pengusaha, kita bisa berkontribusi langsung pada kemajuan perekonomian,” ucapnya.

“Karena menjadi pengusaha, adalah mesin tercepat untuk mencapai kesuksesan, dan memberikan kontribusi langsung pada kemajuan perekonomian bangsa ini. Selaras degan tema Rakornas kali ini, yakni Kebangkitan Ekonomi Indonesia pascapandemi Covid-19,” sambung Sofyan A Djalil.

Presidium MN KAHMI Ahmad Doli Kurnia Tanjung mengatakan, Rakornas yang dilaksanakan kali ini, menjadi media untuk melakukan konsolidasi. Baik mengevaluasi apa yang sudah dilaksanakan sebelumnya, serta memproyeksi langkah satu tahun ke depannya.

“Termasuk mengimplementasikan visi dan misi yang akan kita lakukan,” kata Doli.

Baca Juga :  Kekerasan Terhadap Anak Masih Terjadi, di Lingga Sudah 13 Kasus

Ahmad Doli Kurnia yang juga Ketua Komisi II DPR RI juga menambahkan, Rakornas KAHMI yang dilaksanakan kali ini, harus bisa melahirkan sejumlah input atau poin penting. Yang menjadi bahan pembahasan untuk rekomendasi stakeholder. Serta dapat memberikan ide-ide bagi perjalanan kebangsaan yang akan diperbincangkan di kongres mendatang.

Terlebih sambung Ahamd Doli lagi, Rakornas kali ini menjadi menjadi presidium terakhir bagi pengurusan kali ini, sesuai mendat lima tahunan yakni periode 2017-2022.

“Sebelum nantinya kita kembali membentuk kepenguruaan baru melalui musyawarah nasional, yang sesuai jadwal akan dilaksanan bulan November 2002 mendatang,” ujarnya.

Hadir langsung pada kesempatan tersebut, Dewan Pakar MW KAHMI Kepri Ismeth Abdullah, Ketua MD KAHMI Kota Batam Amsakar Ahmad dan para Ketua KAHMI se-Indonesia.

Sedang yang mengikuti via zoom meeting Ketua Dewan Penasehat MN KAHMI Akbar Tanjung, Presidium MN KAHMI Ahmad Riza Patria, Siti Zuhro dan sejumlah tokoh KAHMI. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here