Beranda All News Kanwil Ditjen Pajak Kepri Segera Memberlakukan Tax Amnesty

Kanwil Ditjen Pajak Kepri Segera Memberlakukan Tax Amnesty

0
Gubernur Kepri Ansar Ahmad membahas tax amnesty (pengampunan pajak) bersama Kepala Kanwil Ditjen Pajak Kepri Indra Soeparjanto di Hotel Golden View, Batam, Selasa (22/2/2022). F- Istimewa/Diskominfo Bintan

Batam, suaraserumpun.com – Kanwil Ditjen Pajak Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) segera memberlakukan tax amnesty atau pengampunan pajak yang memiliki tunggakan pajak. Hal ini disampaikan Gubernur Kepri H Ansar Ahmad usai mengadakan audiensi bersama Kepala Kanwil Ditjen Pajak Kepri Indra Soeparjanto, di Hotel Golden View Batam, Selasa (22/2/2022).

Meski bakal diterapkan pengampunan pajak, Gubernur Kepulauan Riau H Ansar Ahmad mengimbau seluruh pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau yang merupakan wajib pajak, untuk patuh dan segera melaporkan SPT. Serta membayar pajak sesuai dengan ketentuan perundang-undangan perpajakan yang berlaku.

Baca Juga :  Bross Tanjak LAM Kepri Resmi Berubah, Pahami Filosofi Bentuk yang Baru

“Kita dalam hal ini mendukung pihak perpajakan, dan mengimbau bagi pejabat di Kepri untuk patuh dan taat dalam menyampaikan SPT tahunan,” tegas Ansar Ahmad.

Gubernur Kepri H Ansar Ahmad menjelaskan, Kanwil Ditjen Pajak Kepulauan Riau akan melakukan sosialisi perihal kebijakan pengampunan pajak (tax amnesty). Yaitu penghapusan pajak yang seharusnya terutang, tidak dikenai sanksi administrasi perpajakan dan sanksi pidana perpajakan. Dengan cara mengungkap harta dan membayar uang tebusan, sebagai mana diatur dalam Undang Undang Perpajakan.

“Mereka akan sosialisasi perihal kebijakan tax amnesty dan imbauan kepatuhan pelaporan SPT bagi pejabat negara. Nanti rencananya akan kita fasilitasi dengan mengajak seluruh kabupaten/kota, agar ikut sosialisasi ini. Mungkin dalam bentuk daring untuk bersama menyukseskan program pemerintah meningkatkan penerimaan negara dalam bentuk pajak,” jelas Ansar Ahmad.

Baca Juga :  Muhammad Rudi Mendorong Vaksinasi Karyawan di Perusahaan Galangan Kapal

Menurut Gubernur Kepri, berdasarkan laporan yang diterima, bahwa capaian penerimaan pajak pada tahun 2021 cukup baik. Walaupun belum mencapai target 100 persen dari target yang ditetapkan untuk masing-masing kantor wilayah.

“Tahun ini capaian pajaknya mencapai 91 persen. Target yang cukup bagus. Namun bisa ditingkatkan apabila lebih diintensifkan lagi sosialisasi perihal kepatuhan membayar pajak,” kata Ansar Ahmad.

Hadir pada kesempatan ini Kepala BP2RD kepri Reni Yuseneli, Kepala BPKAD Kepri Venni Meitaria, Kepala Dinas ESDM Darwin, Kepala Dinas Pendidikan Kepri Andi Agung serta beberapa pejabat structural dari Kanwil Ditjen Pajak Kepulauan Riau. (nurul atia)

Baca Juga :  Sidang Lanjutan Apri Sujadi Menghadirkan Ketua Komisi I DPRD Bintan

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here