Beranda All News Juli, PWI Menggelar UKW Gratis

Juli, PWI Menggelar UKW Gratis

0
Candra Ibrahim Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kepulauan Riau (Kepri). F- Istimewa/dokumentasi candra

Batam, suaraserumpun.com – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kepri menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) lagi, pada awal Juli 2022 mendatang. UKW yang diselenggarakan oleh PWI ini tanpa dipungut biaya sepeser pun, gratis.

Ketua PWI Kepri Candra Ibrahim menjelaskan, Uji Kompetensi Wartawan ini akan dibuka tujuh kelompok.

“Tapi kita belum menentukan berapa jumlah kelompok muda, madya dan utama,” sebut Candra Ibrahim saat memberikan keterangan resmi, Senin (21/2/2022).

Dijelaskan Candra, UKW ini merupakan program dari Dewan Pers, yang bekerja sama dengan sejumlah lembaga uji, satu di antaranya PWI.

Baca Juga :  Porter Pelabuhan Sri Bintan Pura Ditemukan Meninggal di Hotel Surya

“Dilakukan di 34 Provinsi di Indonesia, kita Kepri terjadwal pada tanggal 1 dan 2 Juli 2022 nanti,” sebutnya.

UKW ini rencananya akan dipusatkan di Batam, kendati demikian, semua wartawan yang merupakan anggota PWI Kepri yang berdomisili di Kabupaten dan kota se-Kepri juga dapat mendaftarakan diri.

“Tempat terbatas, hanya 42 peserta. Jadi, segera berkoordinasi dengan Ketua PWI kabupaten/kota masing-masing,” sebutnya.

Ada aturan baku dari Dewan Pers yang tidak boleh dilanggar. Misalnya, untuk peserta yang akan naik jenjang dari jenjang Muda ke Madya, yang bersangkutan harus sudah lebih dari 3 tahun, menyandang predikat Wartawan Muda Berkompeten.

Baca Juga :  Cen Sui Lan Berikan 'Diskresinya' untuk Pengembangan Destinasi Dunia di Golden City Batam

Sedangkan yang ingin naik tingkat dari Madya ke Utama, harus telah menyandang Predikat Wartawan Madya selama 2 tahun.

Bagi Anda yang belum menjadi anggota PWI, namun ingin mengikuti UKW, bisa mendaftarkan diri sebegai anggota PWI Kepri, dengan mengisi formulir pendaftaran dan melengkapi persyaratan lainnya sebagai calon anggota PWI.

Penyerahan berkas pendaftaran UKW PWI, seperti Formulir Pendaftaran, Rekomendasi Pemimpin Redaksi, akta notaris perusahaan Pers berikut SK-Kemenkumham dan sertifikat verifikasi Dewan Pers. Pernyataan tidak tergabung dalam partai politik, pasfoto, sertifikat UKW sebelumnya, dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Chelsea Menang di Babak 16 Besar Liga Champions, Saksikan Atletico Vs Manc United

“Persyaratan itu diserahkan paling lambat ke panitia, pada tanggal 5 Juni 2022 nanti,” kata Candra Ibrahim menambahkan. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here