banner 728x90
Sembilan gubernur atau yang mewakili berfoto usai menandatangani komitmen percepatan rehabilitasi mangrove, pada momen peringatan HPN 2022 di Sultra, Selasa (8/2/2022). F- Istimewa/Diskominfo Kepri

HPN 2022, Momen Percepatan Rehabilitasi Mangrove di Riau dan Kepri

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2022 di Kendari, Sulawesi Tenggara menjadi momen penting bagi sembilan provinsi di Indonesia. Antara lain di Provinsi Riau dan Provinsi Kepulauan Riau.

Secara bersama, kepala daerah atau yang mewakili sembilan provinsi tersebut menandatangani komitmen sebagai dukungan atas pelaksanaan rehabilitasi mangrove. Penandatanganan dilakukan di Hotel Claro, Kendari-Sulawesi Tenggara, Selasa (8/2/2022).

Hadir dalam kesempatan ini Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI yang diwakili oleh Direktur Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan lingkungan Dr Ir Bambang Supriyanto MSc. Hadir Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove Ir Hartono MSc, Gubernur Sulawesi Tenggara H Ali Mazi SH, Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi, Wakil Gubernur Papua Barat Mohamad Lakotani SH MSi. Tujuh gubernur lainnya diwakili. Pada momen ini Gubernur Kepulauan Riau H Ansar Ahmad diwakili oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Kepri Hendri ST.

Baca Juga :  Setelah Pemecah Batu, Pelajar SDN 019 Gunung Lengkuas Tenggelam di Pantai Berakit

Penandatanganan komitmen rehabilitasi mangrove ini merupakan bentuk tindak lanjut dari workshop nasional percepatan rehabilitasi mangrove Yang diadakan pada tanggal 20 Januari 2022 di Hotel Kempinski, Jakarta. Workshop tersebut diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) bekerja sama dengan BRGM (Badan Restorasi Gambut & Mangrove) dengan mengambil tema “Peran Insan Pers dalam Membangun Inisiatif Kolaboradi Percepatan Rehabilitasi Mangrove Berkelanjutan”.

Untuk menjaga keamanan dan kesehatan, kegiatan HPN tahun ini dengan penerapan protokol kesehatan (Prokes) yang ketat. Semua panitia dan tamu undangan telah menerapkan protokol kesehatan dengan ketat dan juga melakukan Swab Antigen dengan hasil negatif.

Sebelum dilakukan penandatanganan, terlebih dahulu ada short statement dari perwakilan sembilan provinsi prioritas percepatan rehabilitasi mangrove. Yakni diwakili oleh Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi dan Wakil Gubernur Papua Barat Mohamad Lakotani SH MSi.

Baca Juga :  Kepulauan Riau Jadi Tuan Rumah Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle

Lembar komitmen yang sudah ditandatangani dan diparaf oleh sembilan kepala daerah atau yang mewakili, kemudian dilaporkan kepada Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, Rabu (9/2) pada acara puncak Hari Pers Nasional 2022 di pelataran masjid Al Alam, Kendari, Sulawesi Tenggara.

Gubernur Riau Syamsuar mewakili sembilan gubernur di hadapan Presiden Joko Widodo yang hadir secara virtual, membacakan komitmen pemerintah provinsi dalam percepatan rehabilitasi mangrove.

Isi komitmen yang dibacakan Syamsuar, yaitu penandatanganan komitmen pemerintah provinsi untuk mendukung upaya rehabilitasi mangrove.

Komitmen ini untuk menyadari arti penting hutan mangrove untuk kesejahteraan masyarakat. Terutama kalangan nelayan dan fungsi mangrove sebagai pelindung wilayah terluar dari abrasi serta tingginya kemampuan mangrove dalam mengurangi emisi karbon.

Baca Juga :  Ruang Tunggu Kurang Nyaman, Bupati Karimun Tinjau Pelabuhan Tanjung Berlian

Peringatan Hari Pers Nasional 2022 memang dimanfaatkan untuk menggaungkan isu-isu kepedulian terhadap lingkungan hidup dan kehutanan melalui aksi-aksi lapangan. Seperti rehabilitasi mangrove, rintisan Program Kampung Iklim (Proklim), dan pelepasliaran satwa. Itu semua mengarah pada upaya pembangunan hijau di Indonesia.

Isu penanggulangan perubahan iklim penting untuk digaungkan saat ini karena masyarakat dunia makin merasakan akibat nyata dari krisis iklim, seperti bencana hidrometeorologis kebakaran hutan yang semakin sering terjadi di seluruh dunia. Isu terkait lingkungan hidup menjadi satu tema peringatan HPN 2022, selain masalah masa depan wartawan di tengah pesatnya perkembangan teknologi komunikasi dan media. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *