banner 728x90
Kepala SMK Negeri 1 Karimun Mastur didampingi 2 Wakil Kepala Sekolah serta Ketua Komite SMK bersama pihak Telkom usai pelaksanaam ToT, Senin (7/2/2022). F- ion/suaraserumpun.com

SMK Negeri 1 Karimun Terus Menyiapkan Lulusan Siap Kerja

Komentar
X
Bagikan

Karimun, suaraserumpun.com – SMK Negeri 1 Karimun terus berbenah untuk mempersiapkan lulusan yang siap bekerja di dunia industri. Misi tersebut menjadi prioritas utama bagi siswa untuk bersaing mendapatkan peluang, setelah lulus sekolah.

Hal itu disampaikan Kepala SMK Negeri 1 Karimun Mastur didampingi Wakil Kepala Sekolah Rizki Meliasari pada pelaksanaan Training of Trainer (ToT) fiber optik dan penyelerasan kurikulum program keahlian teknik jaringan komputer dan telekomunikasi, Senin (7/2/2022).

Rizki Meliasari menerangkan, revitalisasi SMK dalam rangka peningkatan kualitas dan daya saing SDM Indonesia telah mengamanatkan, bahwa perlunya dilakukan penyelarasan kurikulum SMK dengan dunia usaha dan industri, peningkatan kerja sama SMK, penguatan guru produktif serta sertifikasi kompetensi.

Baca Juga :  Kapolsek Gunung Kijang Sapu Bersih Sampah di Pesisir Pantai Lohoa

Terbitnya pedoman teknis ini diharapkan dapat membantu percepatan implementasi program revitalisasi SMK di tingkat satuan pendidikan. Salah satu kebijakan pemerintah untuk menyukseskan program revitalisasi SMK adalah Peraturan Menteri Perindustrian (Permenperin) Nomor 3 tahun 2017. Dalam Permenperin nomor 3 tahun 2017 diperlukan peran industri dalam penyelenggaraan pendidikan kejuruan agar sesuai dengan kebutuhan industri. Oleh karena itu diperlukan pendidikan kejuruan berbasis kompetensi yang link and match dengan industri.

Kerja sama antara industri dan pendidikan merupakan suatu kebutuhan untuk bisa mengikuti perkembangan jaman dan sesuai dengan kebutuhan pasar. Dengan kerja sama industri ini proses pendidikan yang diselenggarakan di sekolah didesain sesuai dengan kebutuhan industri. Harapan dari sistem ini adalah keterserapan tamatan di dunia industri meningkat.

Baca Juga :  Telat Dua Jam, Gubernur Kepri Menyambut Kepulangan 363 Jemaah Haji Kloter Pertama

Adapun tujuan pelaksanaan ToT ini antara lain, untuk mengembangkan dan menyelaraskan Kurikulum sesuai dengan kompetensi kebutuhan peserta didik di SMK Negeri 1 Karimun.

Menghasilkan beberapa dokumen kurikulum dan dokumen perangkat pembelajaran yang link and match. Mengahasilkan pengajar yang mempunyai skill sesuai dengan kebutuhan industri.

“Waktu pelaksanaan ToT ini selama 5 hari. Tempat Pelaksanaan ToT di ruang praktik siswa TJKT SMK Negeri 1 Karimun. Narasumber dari PT Telkom Prima Cipta Certifia (TPCC) sebanyak 3 orang,” sebut Rizki.

Sedangkan panitia terdiri dari tim kurikulum SMK Negeri 1 Karimun dan beberapa guru dan tenaga Tata Usaha. Peserta ToT terdiri dari guru teknik jaringan komputer dan telekomunikasi sebanyak 8 peserta. Sasaran kegiatan adalah seluruh guru Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi SMK Negeri 1 Karimun.

Baca Juga :  Amri, Jurnalis Olahraga Menuju Wakil Rakyat untuk DPRD Kota Batam

“Kami mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih pada pihak Telkom, yang telah memberikan pelatihan ToT, semoga kedepan kerja sama seperti ini terus berjalan,” kata Rizki mengahiri. (nurul atia/ion)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *