banner 728x90
Pengunjung menikmati suasana objek wisata baru air terjun di Bukit Salasiah hulu aliran sungai Napagh Kuniang Desa Cengar, Kuantan Mudik, Kuantan Singingi, Riau. F- riswahyudi/suaraserumpun.com

Objek Wisata Baru, Air Terjun di Bukit Selasih Hulu Napagh Kuniang

Komentar
X
Bagikan

Telukkuantan, suaraserumpun.com – Info terkini! Tanpa sengaja, telah ditemukan satu objek wisata baru di Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Provinsi Riau. Objek wisata yang satu berupa air terjun di Bukit Selasih (Bukit Salasiah), hulu aliran sungai Napagh Kuniang.

Air terjun yang masih alami ini ditemukan oleh warga Sangau, Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuantan Singingi. Mendengar temuan air terjun sebagai objek wisata baru ini, komunitas atau kelompok tim Dana Covid yang terdiri dari ara pemuda hobi adventure (petualang) di Kecamatan Kuantan Mudik, melakukan penyusuran, Sabtu lalu.

Suasana objek wisata baru air terjun di Kompe Banganyuik Bukit Salasiah di antara Desa Cengar dengan Sangau, Kuantan Mudik, Kuantan Singingi, Riau. F- Riswahyudi/suaraserumpun.com

Depri salah seorang anggota yang ikut menyusuri aliran sungai tersebut menjelaskan, air terjun yang ditemukan ini tidak jauh dari objek wisata Napagh Kuniang di Desa Cengar.

Baca Juga :  Spektakuler! Festival Sumpah Pemuda Kepri Masuk Kalender Pariwisata

“Air terjun ini berada di hulu aliran sungai Napagh Kuniang itu,” ungkap Depri, Kamis (3/2/2022).

Depri menerangkan, air terjun objek wisata baru di Kecamatan Kuantan Mudik ini, berada antara Desa Cengar dengan Desa Sangau. Nama lokasi air terjun ini Kompe Banganyuik Bukit Salasiah.

“Karena, kawasan ini berada di pinggiran Bukit Salasiah,” ucap Depri.

Melihat lokasi dan potensi air terjun tersebut, Depri mengungkapkan, sangat memungkinkan dan berpotensi menjadi objek wisata baru di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau.

Baca Juga :  Polres Bintan Juga Menerima Penghargaan Kepatuhan Pelayanan Publik dari Ombudsman

“Lokasinya tidak jauh dari Desa Sangau, yang jarak tempuhnya kalau menggunakan kendaraan roda dua, lebih kurang 1 jam. Karena akses jalannya belum memadai,” jelas Depri kepada suaraserumpun.com.

Pengunjung menikmati pemandian air terjun di Bukit Selasih hulu aliran sungai Napagh Kuniang, Desa Cengar, Kuantan Mudik, Kuantan Singingi, Riau. F- riswahyudi/suaraserumpun.com

Agar objek wisata baru ini berkembang, diperlukan perhatian Pemerintah Kabupaten Kuansing atau Pemprov Riau.

“Lokasi ini cocok untuk dijadikan kampung wisata air terjun, dikelola oleh masyarakat tempatan. Kalau dikembangkan oleh pemerintah, tentu membuka lapangan kerja dan meningkat perekonomian para penggiat UKM di desa,” demikian disarankan Depri. (riswahyudi)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *