banner 728x90
Komarun pelaku UMKM di Terminal Simpang Lagoi di sekitar kawasan BRC Lagoi menyambut baik dengan pemberlakuan travel bubble Batam, Bintan-Singapura, Sabtu (22/1/2022). F- nurul atia/suaraserumpun.com

Travel Bubble Dibuka 24 Januari, Begini Harapan Pelaku UMKM di Sekitar BRC Lagoi

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Pemerintah akan mengumumkan dan membuka travel bubble atau perjalanan wisata terbatas Batam-Bintan-Singapura, 24 Januari 2022 lusa. Begini harapan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di sekitar kawasan PT BRC Lagoi.

Pintu masuk pemberlakuan travel bubble di Provinsi Kepri dengan Singapura antara lain di pelabuhan Nongsa Resort, Batam dan pelabuhan internasional Bandar Bentan Telani (BBT) Lagoi. Kebijakan ini akan membuka kunjungan wisatawan mancanegara ke Lagoi. Kebijakan ini disambut gembira oleh pelaku UMKM di sekitar kawasan pariwisata Lagoi, Bintan.

Seperti yang disampaikan Komarun, pedagang kuliner tradisional di Terminal Simpang Lagoi, Bintan. Pria yang sehari-hari tinggal di Sei Kecil, Kecamatan Teluk Sebong itu mengungkapkan, akibat masa pandemi Covid-19 , omzet atau pendapatannya sehari-hari turun 40 sampai 50 persen dibandingkan sebelum masa penularan virus corona.

Baca Juga :  Ada Durian PGRI di Pondok Al Ihsan Bintan, Program Menanam Sejuta Pohon

“Tentu kami menyambut gembira dengan travel bubble ini. Geliat wisata akan bangkit lagi. Ekonomi pun bakal normal lagi. Dulu, sebelum pandemi Covid-19, pendapatan bisa mencapai Rp200 ribu sehari. Di masa pandemi, pendapatan turun. Kadang hanya dapat Rp100 ribu per hari. Jadi mudah-mudahan dibukanya wisatawan ini juga bisa membantu pelaku usaha kecil,” ujar Komarun, Sabtu (22/1/2022).

Komarun berterima kasih kepada menteri, gubernur dan Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan atas atensinya membuka kembali jalur pariwisata Lagoi. Ia berharap, selain sektor ekonomi masyarakat, peluang kerja juga kembali pulih.

Baca Juga :  AKP Monang Enggak Bisa Melupain Saat Menggendong Penderita Stroke di Bintan

“Kita harapkan juga peluang bagi pekerja juga bisa meningkat,” harapnya.

Ruspandi, pedagang sate gerobak di Tanjunguban, Bintan Utara mengungkapkan, agar ekonomi masyarakat bisa segera pulih seperti sebelum masa pandemi.

“Semoga kayak dulu lah mas, ekonomi bisa pulih,” tuturnya.

Travel bubble Batam, Bintan-Singapura akan mulai dibuka, 24 Januari awal pekan depan. Hal ini diketahui, usai Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan menerima kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno. Dalam kunjungan ini, Sandiaga Uno mengecek pelabuhan BBT Lagoi, untuk kesiapan travel bubble, Jumat (21/1/2022) siang.

Baca Juga :  Stay at Home, Polsek Teluk Bintan Berbagi Makanan Siap Santap

Sandiaga Uno juga memastikan, travel bubble Batam-Bintan-Singapura segera dibuka dan pengumuman resmi akan disampaikan pemerintah melalui Menko Perekonomian Airlangga Hartato selaku Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) awal pekan ini. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *