banner 728x90
Menparekraf Sandiaga Uno menyampaikan pernyataan bahwa Bintan siap melaksanakan travel bubble di sela meninjau kesiapan pelabuhan Bandar Bentan Telani (BBT) Lagoi, Jumat (21/1/2022). Sandiaga Uno didampingi Ansar Ahmad Gubernur Kepri dan Roby Kurniawan Plt Bupati Bintan. F - Istimewa/Diskominfo Kepri

Tinjau BBT Lagoi, Sandiaga Uno: Saya Lapor ke Pak Menko, Bintan Siap untuk Travel Bubble

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Uno bersama Gubernur Kepulauan Riau H Ansar Ahmad meninjau langsung kesiapan pelabuhan Bandar Bentan Telani (BBT) Lagoi, Jumat (21/1/2022) siang. Sandiaga Uno menyatakan, dirinya akan melapor ke Menko bahwa Bintan sudah siap untuk menjalankan travel bubble.

Pelabuhan internasional Bandar Bentan Telani (BBT) Lagoi menjadi satu-satunya pintu masuk turis atau wisatawan mancanegera (wisman), dalam skema travel bubble yang diterapkan di kawasan Bintan Resorts, Lagoi, Bintan.

Usai mengunjungi berbagai lokasi wisata di Kota Batam. Sandiaga Uno langsung bergerak menuju Bintan, Jumat (21/1/2022) siang, untuk melihat persiapan di kawasan Lagoi Bintan yang akan menerima kunjungan wisman langsung dari Singapura, mulai tanggal 24 Januari 2022.

Didampingi Abdul Wahab selaku GGM PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) Lagoi, Sandiaga Uno dan Gubernur Kepri Ansar Ahmad menyimulasikan semua langkah yang akan dilakukan para wisman, saat memasuki pelabuhan Bandar Bentan Telani (BBT) Lagoi. Sandiaga mengecek bilik Swab PCR, mencoba QR Code PeduliLindungi, pengecekan suhu tubuh, dan pemeriksaan keimigrasian.

Baca Juga :  Susunan OPD Pemprov Kepri Dirombak, Bakal Ada Mutasi Pejabat?

Pelabuhan BBT Lagoi diestimasikan selama penerapan travel bubble akan menerima 500 orang wisman dari Singapura, dalam 8 trip perjalanan per harinya. Sebelum masa pandemi, Bandar Bentan Telani (BBT) Lagoi mampu menerima 2.400 orang wisman, dalam 12 trip perjalanan per harinya.

Usai mengecek seluruh tahapan yang akan dilewati para wisman, Sandiaga Uno meyakini, kawasan Bintan Resorts siap untuk memulai travel bubble yang akan segera diumumkan pemerintah.

“Bisa saya nyatakan di sini, Bintan siap untuk travel bubble. Nanti bisa saya laporkan ke Pak Menko. Yang nanti, Bapak Menko yang mengumumkan,” ujar Sandiaga Uno.

Baca Juga :  Tak Dikasih 'Nafas', Enam Pejabat Hasil Open Bidding Langsung Dilantik Gubernur Kepri

Sandiaga yakin, travel bubble ini diterapkan, maka sektor pariwisata Bintan yang selama ini terpukul bisa secara perlahan bangkit kembali. Kementerian Pariwisata dan Ekraf telah menyiapkan skema travel bubble di Batam dan Bintan selama satu tahun belakangan.

Selain itu, Sandiaga Uno berpesan, agar manajemen Bintan Resorts selama menerapkan travel bubble bisa menggandeng UMKM untuk menawarkan produk olahan mereka kepada wisatawan mancanegara. Sebab UMKM juga termasuk sektor yang terpukul selama pandemi.

“Produk ekonomi kreatif bisa ditawarkan kepada wisatawan untuk membangkitkan lapangan kerja, ini menurut saya tepat sasaran. Tepat manfaat, dan tepat waktu,” katanya.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengatakan, travel bubble ini menjadi momentum penting setelah selama dua tahun pariwisata di Kepri sangat lesu akibat wabah. Covid-19.

Baca Juga :  Hasan SSos: Lima Daerah di Kepri Patut Jadi Motivator

“Masukan Pak Menteri akan kita laksanakan, harapannya semua ini bisa sukses untuk dievaluasi jadi travel bubble ini bisa kita perluas lagi,” kata Gubernur Kepri.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad juga memohon dukungan dari masyarakat Kepri. Karena di Bintan akan dilaksanakan perhelatan bergengsi yaitu leaders retreat antara Presiden Joko Widodo dan PM Singapura Lee Hsien Loong, tanggal 25 Januari 2022 nanti.

“Semoga dari acara ini menjadi tanda keseriusan Presiden Jokowi atas pariwisata di Bintan,” ujar Gubernur Kepri Ansar Ahmad.

Turut mendampingi Sandiaga Uno dan Gubernur Kepri Ansar yaitu Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan, Asisten II Syamsul Bahrum, Kepala KKP Tanjungpinang Agus Jamaluddin, dan Kepala Dinas Pariwisata Kepri Buralimar. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *