banner 728x90
Zapin Penyegat Festival 2022. F- Istimewa/opp

Zapin Penyengat Festival Dihelat Lagi, Berikut Jadwalnya

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com — Zapin Penyengat Festival dihelat lagi tahun 2022 ini. Festival tari zapin Penyengat ini digelar oleh Organisasi Pemuda Penyengat (OPP). Berikut jadwalnya.

Direncanakan, Zapin Penyengat Festival ini akan diselenggarakan, Jumat (4/2/2022) sampai dengan Sabtu (5/2/2022) awal bulan depan. Tempat festival ini dihelat di Balai Adat Penyengat dan Taman Gurindam Dua Belas.

Zapin Penyengat Festival tahun ini menjadi lebih spesial karena ikut disemarakkan lewat tari Gending Jalesveva Jayamahe yang bakal diikuti oleh 1.500 orang. Tari ini adalah kreasi tari yang diolah dari Gending Jalesveva Jayamahe, lagu karya Kepala Dinas Pembinaan Mental TNI AL (Kadisbintalal) Laksamana Pertama TNI Drs Ian Heriyawan dan dinyanyikan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono.

Baca Juga :  Tekan Angka Pengangguran, Dewi Kumalasari Buka Kegiatan Pelatihan Kerja Berdasarkan Kompetensi

“Karena tahun ini, kegiatan Zapin Penyengat Festival mendapat sokongan penuh dari Lantamal IV Tanjungpinang. Dukungan yang kami tidak duga, tapi ternyata Danlantamal IV menyambut kami dengan tangan terbuka,” ujar Ketua OPP, Tohar Fahlevy, Kamis (20/1/2022).

Tidak itu saja rangkaian Zapin Penyengat Festival tahun 2022 ini. Ada sederet lomba tari Zapin Penyengat dan tari Gending Jalesveva Jayamahe yang diikuti oleh para pelajar se-Tanjungpinang, dari tingkat SD sampai umum, termasuk di antaranya adalah lomba zapin kreasi garapan baru.

Baca Juga :  Wow! Ini Foto Peresmian Akau Potong Lembu Tanjungpinang nan Tampil Modern dan Memesona

Tohar menjelaskan, OPP ingin Penyengat semakin masyhur tidak saja karena wisata sejarahnya, melainkan juga karena pelestarian keseniannya.

“Dan satu yang khas itu adalah Zapin Penyengat. Itu menagapa kami menggelar lomba di tingkat pelajar,” ujarnya. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *