banner 728x90
Hj Dewi Kumalasari Ketua TP-PKK Kepri, Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Bintan Sri Lestari SPd dan pelajar melakukan salam OneM, di sela workshop bimbingan dan konseling, Rabu (19/1/2022). F- nurul atia/suaraserumpun.com

Begini Cara Dewi Kumalasari Mendorong Pelajar SMP Negeri 1 Bintan Berinovasi

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Hj Dewi Kumalasari tak cuma menggerakan kaum ibu berinovasi untuk kesejahteraan keluarga. Tapi, Dewi Kumalasari juga mendorong pelajar setingkat SMP untuk berinovasi. Caranya, dengan memberikan seminar atau workshop tentang optimalisasi layanan Bimbingan dan Konseling, yang biasa disebut dengan BK.

Workshop atau seminar optimalisasi layanan Bimbingan dan Konseling (BK) ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Bintan di Kijang, Bintan Timur, Rabu (19/1/2022). Seminar ini diikuti 40 orang pelajar SMP Negeri 1 Bintan di Kijang Kota, Bintan Timur. Seminar ini bertemakan Bersama G (guidance) dan C (conseling) OneM menyiapkan Remaja Sehat, Kreatif dan Tangguh.

“Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari ini, sebagai bentuk apresiasi terhadap layanan Bimbingan dan Konseling,” ujar Dewi Kumalasari.

Baca Juga :  Pesan Ansar Ahmad Saat Menghadiri Pelantikan Pengurus Harian PGI-D Karimun Periode 2023-2027

Menurutnya, workshop layanan BK pada siswa tersebut bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa, sebagai tumbuh kembang remaja dan menjadi pribadi yang berkualitas dan berkarakter baik serta berinovasi. Guru mesti berikhtiar, demi anak didiknya. Agar mendapatkan ilmu, bimbingan, dan perhatian.

“Dengan kita mendampingi para siswa atau siswi di luar jam kelas setidaknya menjaga aktivitas sekolah di masa Pandemi Covid-19,” jelas Dewi Kumalasari.

Bagi Dewi, kegiatan ini sangat bermanfaat. Ditambah lagi guru BK memiliki tujuan untuk memberikan semangat dalam belajarnya. Selain guru BK yang memberikan pendampingan kepada para siswa. Mereka pun harus memberikan pendampingan kepada teman sebayanya.

Baca Juga :  Ini Alasan Pemprov Kepri Menyediakan Rumah Singgah dengan Pelayanan Gratis

“Supaya para siswa yang tidak mengikuti kegiatan ini dapat tahu apa yang dimaksud kegiatan konseling ini,” kata Dewi.

Dalam kegiatan workshop hadir narasumber-narasumber yang berkompeten. Tujuannya agar anak-anak semakin terampil, dan bersaing.

Hj Dewi Kumalasari Ketua Tim Penggerak PKK Kepri memberikan materi bimbingan dan konseling tentang inovasi pelajar di SMP Negeri 1 Bintan, Rabu (19/1/2022). F- Istimewa/Diskominfo Kepri

Lebih lanjut, Dewi Kumalasari Ansar mengatakan, TP PKK Provinsi Kepri memberikan apresiasi kepada majelis guru karena bisa menghadirkan kegiatan workshop ini.

“Kami berharap para siswa dapat sukses dalam segala hal, Maka anak-anak harus kreatif. Sehingga dapat menghasilkan suatu karya yang menunjukkan suatu inovasi pelajar, yang sangat bermanfaat,” tambah Dewi.

Dewi Kumalasari menyampaikan, anak-anak harus berani dalam mengemukakan pendapatnya. Bila perlu, pelajar harus komunikatif, dan pandai berkolaborasi dengan elemen mana pun.

Baca Juga :  Gubkepri: Potensi Zakat di Kepri Mencapai Rp3 Triliun

“Workshop ini adalah salah satu kunci untuk anak-anak mencapai kesuksesan, dari inovasi tadi,” tambahnya.

Dewi Kumalasari mengajak anak-anak agar melakukan instropeksi diri supaya mampu berbenah diri, dan keluar dari zona yang kontra-produktif. Karena itu, setidaknya menambah hal yang positif.

Sri Lestari SPd selaku Kepala SMP Negeri 1 Bintan mengucapkan terima kasih kepada Dewi Kumalasari yang telah memberikan motivasi kepada pelajar melalui seminar Bimbingan dan Konseling ini.

“Semoga dengan kegiatan ini, anak-anak kami semakin berinovasi,” kata Sri Lestari. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *