banner 728x90
Pengurus HNSI Bintan mengadakan audiensi soal pengurusan pas kecil kapal nelayan dengan Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan. F- nurul atia/suaraserumpun.com

Ketua HNSI Bintan Curhat Soal Pengurusan Pas Kecil ke Roby Kurniawan

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Ketua Umum Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Bintan H Baini menyampaikan curahan hati (curhat) soal pengurusan pas kecil untuk kapal nelayan, kepada Roby Kurniawan Plt Bupati Bintan. Persoalan tersebut disampaikan Ketua HNSI Bintan kepada Roby Kurniawan saat bersilaturahmi di Ruang Rapat Bapelitbang Bintan, Selasa (18/1/2022).

H Baini menyampaikan, nelayan Bintan yang harus merogoh saku yang dalam guna pengurusan pas kecil. Karena harus melalui jasa agen kapal. Hal itu akibat peralihan kewenangan izin penerbitan pas kecil untuk kapal 1-7 GT dari Dinas Perhubungan ke Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP).

Baca Juga :  Dilantik Jadi Ketua Muslimat NU, Ini Program Sri Akhiyati

Menurutnya, surat pas kecil tersebut menjadi sangat penting bagi nelayan. Karena, tanpa dokumen tersebut, nelayan kesulitan untuk mendapatkan solar subsidi di Agen Premium Minyak Solar (APMS).

“Kita harapkan pemerintah bisa membantu nelayan dalam fasilitasi pengurusan pas kecil ini. Karena jika melalui jasa agen kapal, maka biaya yang ditimbulkan menjadi besar bagi nelayan,” ujarnya.

Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan mengucapkan terima kasih kepada segenap pengurus HNSI Bintan yang telah bekerja keras dalam membantu para nelayan Bintan. Pemerintah Kabupaten Bintan segera berkoordinasi dengan sektor terkait lainnya, untuk membantu persoalan para nelayan Bintan.

Baca Juga :  Pecahkan Rekor, Greysia/Apriyani Sumbang Medali Emas di Olimpiade Tokyo

“Nanti akan kita coba audiensi dengan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), dan jajaran terkait lainnya. Guna membantu penyelesaian masalah yang dihadapi para nelayan Bintan. Khususnya dalam pengurusan pas kecil,” ujarnya.

Selain membicarakan terkait keluhan dari para nelayan, HNSI Bintan juga menyampaikan terkait pelaksanaan asuransi nelayan serta sinergitas program-program HNSI Bintan bersama Pemda Bintan ke depan.

“Tentu kita berharap semoga sinergisitas HNSI Bintan bersama Pemda Bintan bisa terjalin dengan baik ke depannya. Hal ini tujuannya tentu bagi kesejahteraan nelayan kita,” tambah Roby Kurniawan.

Baca Juga :  Pasien Bayar Pendonor Darah, Kopdar Audiensi ke Plt Bupati Bintan

Hadir audiensi itu Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Bintan Supriyono, Kadisnaker Bintan Indra Hidayat, Kadis PMD Bintan Ronny Kartika, Kadis Perikanan Bintan Fachrimsyah, Kadis Kominfo Bintan Aupa Samake, Sekretaris Dinas Perikanan Rusli, Kabag Ekonomi Setda Kabupaten Bintan AS Syukri serta Jajaran HNSI Bintan terkait lainnya. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *