Beranda All News Tampil Beda, Launching Vaksinasi Booster di Bintan Ada Oleh-oleh

Tampil Beda, Launching Vaksinasi Booster di Bintan Ada Oleh-oleh

0
Roby Kurniawan Plt Bupati Bintan meninjau vaksinasi dosis ketiga booster di RSUD Bintan pada saat launching serentak se-Provinsi Kepri, Kamis (13/1/2022). F- nurul atia/suaraserumpun.com

Bintan, suaraserumpun.com – Pemerintah Kabupaten Bintan turut me-launching vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau booster se-Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Kamis (13/1/2022). Dalam kegiatan launching vaksinasi booster ini, Kabupaten Bintan tampil beda. Ada oleh-oleh untuk peserta yang mengikuti vaksinasi Covid-19 dosis ketiga (booster) ini.

Vaksinasi booster di Kabupaten Bintan dipusatkan di RSUD Bintan, Kijang, Bintan Timur. Pelaksanaan vaksinasi dimulai dari pukul 09.00 Wib hingga sore, Kamis (13/1/2022).

Prosedur pelaksanaan vaksinasi booster ini sama dengan vaksinasi dosis pertama dan kedua. Peserta mendaftar secara online atau manual, dengan mendatangi ke meja pelayanan pendaftaran. Selanjutnya, menjalani tahapan skrining, dan penyuntikan vaksin Covid-19, serta menjalani observasi.

“Peserta yang sudah disuntik vaksin booster dan menjalani masa skrining (screaning), diberikan oleh-oleh berupa paket sembako. Paket sembako ini sebagai bantuan pemulihan ekonomi buat masyarakat yang ikut vaksin perdana penyuntikan dosis ketiga atau booster ini. Itu sebagai bentuk kepedulian Pemkab Bintan,” jelas Roby Kurniawan, Plt Bupati Bintan di sela meninjau launching vaksinasi booster, Kamis siang tadi.

Baca Juga :  Ketua DK Beri Tugas Khusus buat Kepala BP Bintan dan BP Karimun

Oleh-oleh atau paket sembako yang diberikan kepada peserta vaksinasi booster di Kabupaten Bintan itu antara lain beras 5 kilogram, mi instan, susu kental dalam bentuk saset, gula dan minyak goreng.

Roby Kurniawan menyampaikan, untuk tahap awal, vaksinasi dosis ketiga (booster) diprioritaskan kepada warga kelompok lanjut usia (lansia) dan kelompok rentan lainnya di atas usia 18 tahun.

“Untuk Kabupaten Bintan, hari ini (Kamis) resmi dimulai penyuntikan vaksin booster, di RSUD Kabupaten Bintan. Targetnya, 1.500-an orang yang disuntik vaksin booster, di hari pertama ini,” sebut Roby Kurniawan.

Baca Juga :  Cen Sui Lan Mengajak PSMTI Lingga Merawat Persatuan Sesama Anak Bangsa Demi Indonesia Maju

Vaksinasi booster yang diberikan kepada lanjut usia (lansia) di Kabupaten Bintan ini jenis Pfizer dan moderna. Vaksinasi booster ini dilakukan untuk memperkuat kembali kekebalan atau daya tahan tubuh. Guna menangkal penyebaran virus Covid-19 varian baru.

Lansia mendapat oleh-oleh berupa paket sembako setelah disuntik vaksin Covid-19 dosis ketiga atau booster di RSUD Bintan, Kamis (13/1/2022). F- nurul atia/suaraserumpun.com

“Semoga ini bermanfaat bagi kita semua. Setelah launching ini, Pemkab Bintan akan melaksanakan vaksinasi booster di seluruh Puskesmas yang ada di Kabupaten Bintan,” ujar Roby Kurniawan menambahkan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bintan, dr Gama AF Isnaeni menuturkan vaksinasi perdana ini di gelar serentak di seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Kepri. Untuk di Bintan, vaksinasi perdana dosis ketiga ditargetkan 1.000 sampai 1.500 jiwa. Dengan ketersediaan Dosis vaksin 300 Vial yang diterima dari Provinsi Kepri.

Baca Juga :  Ketua Kipan: Gawat! Narkotika Sudah Beredar hingga Pelosok Negeri

“Hari ini dan ke depannya, seluruh masyarakat akan kita berikan pelayanan vaksinasi dosis ketiga atau booster, secara gratis,” tegas dr Gamma.

Warga yang disuntik vaksin booster ini syaratnya, penerima vaksinasi Covid-19 sudah disuntik dosis kedua, baik Sinovac atau Astrazeneca. Usia maksimal 18 tahun ke atas, dan sudah 6 bulan dari suntikan dosis kedua sebelumnya.

“Berarti kalau terakhir vaksin dosis kedua bulan Juni dan Juli sebelum tanggal 30 tahun 2021,” jelasnya. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here