Beranda All News Sempat Setop, DPAD Bintan Segera Mengoperasikan Pustaka Apung

Sempat Setop, DPAD Bintan Segera Mengoperasikan Pustaka Apung

0
Edi Pribadi Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kabupaten Bintan menyampaikan rencana pengoperasian pustaka apung dan mobil pustaka keliling, Selasa (11/1/2022). F- nurul atia/suaraserumpun.com

Bintan, suaraserumpun.com – Sejak masa pandemi Covid-19, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kabupaten Bintan menyetop mobil pustaka keliling dan kapal pustaka apung. Dalam waktu dekat, DPAD Bintan segera mengoperasikan pustaka apung dan mobil pustaka keliling tersebut.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Bintan Edi Pribadi menyampaikan, pihaknya ingin melihat perpustakaan itu ibarat tempat hiburan, yang ramai dikunjungi.

Menurutnya, saat ini masih rendah minat baca masyarakat. Disebabkan karena masih terbatasnya akses masyarakat terhadap bahan bacaan. Untuk itu DPAD akan melakukan jemput bola, melalui program pustaka keliling. Dengan mobil pustaka keliling ke setiap sekolah-sekolah dan komunitas khususnga bagi di daratan pulau Bintan. Lalu dengan kapal pustaka apung bagi masyarakat dan sekolah, di pulau-pulau. Jadwal pengoperasian mobil pustaka keliling dan pustaka apung sudah diprogramkan.

Baca Juga :  Info Terkini, 41 Orang Meninggal di Tragedi Lapas Tangerang

Edi Pribadi berharap, agar pemerintahan desa ikut serta mengembangkan perpustakaan desa. Serta mendorong komunitas gerakan pembudayaan minat baca, untuk mengembangkan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) di kampung-kampung.

“Khazanah pengetahuan ada di perpustakaan. Kita bersyukur remaja dan pelajar masih sering berkunjung ke perpustakaan. Harusnya membaca tak mengenal usia. Jom kite membace,” ajak Edi Pribadi, Selasa (11/1/2022).

Untuk kunjungan ke perpustakaan daerah di Kijang, Edi Pribadi mengatakan, setiap hari ada yang berkunjung. Khususnya para pelajar yang mencari materi pelajaran. Di Perpustakaan Daerah Kabupaten Bintan tersedia ribuan judul buku. Baik buku dari akademis, pengetahuan, keagamaan, budaya, kuliner, cerita fiksi, novel, komik, serial bacaan dan sebagainya bisa dijumpai di Perpustakaan yang menyerupai tanjak raksasa ini.

Baca Juga :  Timnas U22 Vs Tira Persikabo, 2-0

“Bintan mempunyai perpustakaan apung yang berkeliling di beberapa pulau sesuai jadwalnya. Inovasi ini berangkat dari kondisi geografis Bintan yang memang memiliki banyak pulau di sekelilingnya,” tambah Edi Pribadi. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here