Beranda All News Liburan Awal Tahun 2022, Masyarakat Kuansing Serbu Wisata Pemandian Napagh Kuniang

Liburan Awal Tahun 2022, Masyarakat Kuansing Serbu Wisata Pemandian Napagh Kuniang

0
Seribuan warga Kuantan Singingi menikmati objek wisata pemandian Napagh Kuniang (napal kuning) di Desa Seberang Cengar, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau, Sabtu (1/1/2022). F- riswahyudi/suaraserumpun.com

Kuantansingingi, suaraserumpun.com – Seribuan masyarakat Kuantan Singingi (Kuansing) menyerbu wisata pemandian Napagh Kuniang (napal kuning), pada masa liburan awal tahun 2022, Sabtu (1/1/2022). Napagh Kuniang ini menjadi objek wisata baru di Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau yang berada di Seberang Cengar, Kuantan Mudik.

Pemandian tepian Napagh Kuniang ini merupakan objek wisata dengan aliran sungai yang memiliki air jernih. Pemandian ini terdiri dari napal, atau batuan yang terdiri atas lempung dan kalium-karbonat, dalam kondisi keras. Warna batuan napal di pemandian Desa Seberang Cengar ini kuning. Tapi tidak menimbulkan air yang keruh. Justru, air di pemandian tepian Napagh Kuniang ini jernih dengan suasana alami. Objek wisata ini menjadi tempat favorit masyarakat Kuansing dari penjuru negeri, pada awal tahun baru 2022.

Baca Juga :  Bappenas: Proyek Jembatan Batam-Bintan Sepanjang 14,749 Km, Anggarannya Rp9 Triliun

Andi seorang pengunjung yang menikmati pemandian di tepian Napagh Kuniang ini menyampaikan, objek wisata di Desa Seberang Cengar ini airnya jernih.

“Lokasinya dekat di pinggiran kampung. Airnya juga dangkal, dan aman buat anak-anak untuk berenang,” ujar Andi yang mandi di tepian Napagh Kuniang tersebut, Sabtu (1/1/2022).

Warga Kuantan Singingi menikmati pemandian air jernih di aliran sungai Napagh Kuniang, Desa Seberang Cengar, pada liburan awal tahun 2022, Sabtu (1/1/2022). F- riswahyudi/suaraserumpun.com

Bagi yang ingin menikmati pesona objek wisata pemandian tepian Napagh Kuniang ini, tidak sulit. Untuk tiba di sungai Napagh Kuniang ini, hanya memerlukan jarak tempuh sekitar 1 jam 30 menit, dari Kota Teluk Kuantan. Kalau dari Kota Pekanbaru sebagai ibu kota Provinsi Riau, sekitar 4 sampai 5 jam perjalanan.

Baca Juga :  Pemko Tanjungpinang Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka, Ini Kriterianya

“Untuk masuk ke tempat pemandian alam pemandian tepian Sungai Napagh Kuniang ini, hanya membayar Rp2 ribu per orang,” sebut Yuslim, Kepala Desa Seberang Cengar.

“Sebelum liburan awal tahun 2022, objek wisata pemandian Napagh Kuniang ini sudah banyak dikunjungi masyarakat. Tapi, jumlahnya tidak begitu banyak. Kalau hari ini (Sabtu) di liburan awal tahun 2022 ini, seribuan pengunjung yang datang,” sambungnya.

Menurut Yuslim, objek wisata pemandian Napagh Kuniang ini, sangat mendukung untuk perekonomian masyarakat. Karena, masyarakat Desa Seberang Cengar banyak yang membuka usaha dagang kuliner (makanan) dan menjual keperluan lain, di sekitar lokasi.

Baca Juga :  2022, Pemkab Bintan Merevitalitasi 23 Unit Rumah Produksi Kerupuk Ikan

“Saya mewakili masyarakat berharap kepada pihak pemerintah untuk mendukung, agar dibangun fasilitas lainya. Seperti pembangunan musala dan sarana pendukung lainnya,” ujar Yuslim.

Selain itu, Yuslim berharap kepada masyarakat Desa Seberang Cengar, agar saling menjaga lingkungan di aliran sungai Napagh Kuniang ini.

“Jangan sampai ada pencemaran aliran sungai akibat aktivitas dompeng dari tambang emas ilegal,” demikian ditambahkan Yuslim. (riswahyudi)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here