banner 728x90
Asnawi Mangkualam kapten Timnas Indonesia menyapa supporter usai menyingkirkan Timnas Singapura di babak semifinal Piala AFF Suzuki 2020, Sabtu (25/12/201) malam. F- Istimewa/Instagram@pssi

Timnas Indonesia ke Final Piala AFF 2020, Ketum PSSI Beri Petuah Lagi

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Timnas Indonesia melaju ke final Piala AFF Suzuki 2020, setelah menyingkirkan tim tuan rumah di babak semifinal. Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan pun sujud syukur, dan memberikan petuah (nasihat) lagi kepada skuat Timnas Indonesia.

Di leg pertama semifinal Piala AFF Suzuki 2020, skuat Garuda Indonesia bermain imbang 1-1 dengan Timnas Singapura. Menjelang pertandingan leg kedua, Ketum PSSI memberikan petuah kepada Timnas Indonesia.

“Berikan yang terbaik untuk negara kita tercinta Indonesia. Tetap focus, kerja keras dan pantang menyerah,” tulis Mochamad Iriawan Ketum PSSI lewat akun Instagramnya.

Pertandingan leg kedua semifinal AFF Cup Suzuki 2020 antara Indonesia versus Singapura berlangsung dramatis, Sabtu (25/12/2021). Pertandingan berakhir hingga babak perpanjangan waktu (ekstra time) 2×15 menit.

Di babak pertama, pertandingan Indonesia vs Singapura masih imbang 1-1. Gol Indonesia diciptakan Ezra Walian. Kemudian, di masa injury time babak pertama, Timnas Singapura menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat gol Song Ui-young.

Baca Juga :  BP Batam Paparkan Pengembangan Bandara Hang Nadim dalam Rakor BBK

Memasuki babak kedua, timnas Indonesia menguasai pertandingan. Namun, pemain Singapura yang bermain sembilan orang justru berhasil mencetak gol. Saat itu, Safuwan Baharuddin dan Irfan Fandi sudah keluar lapangan akibat akumulasi kartu kuning dan diganjar kartu merah. Gol keunggulan Singapura lewat tendangan bebas Shahdan Sulaiman di menit ke-74.

Tertinggal 1-2, Indonesia bangkit dan meningkatkan serangan. Gol Pratama Arhan di menit ke-87 membikin kedudukan imbang 2-2. Dalam kedudukan imbang 2-2, Arhan melakukan pelanggaran di dalam kotak terlarang. Wasit pun menghadiahkan penalti kepada Timnas Singapura. Tapi, tendangan Faris pemain Singapura dari titik putih, berhasil ditepis kiper Timnas Indonesia. Skor 2-2 sampai pertandingan normal. Pertandingan berlanjut ke ekstra time.

Pada pertandingan perpanjangan waktu di babak pertama, Indonesia langsung unggul di menit awal. Dari sayap kanan, Egy Maulana melepaskan tendangan ke arah gawang. Namun, bola yang lepas dari kiper mengarah ke pemain belakang Singapura. Dalam posisi di depan gawang, Irfan Jaya langsung merebut bola. Dan bola mengarah ke dalam gawang. Gol bunuh terjadi oleh Shawal Anuar di menit ke-91! Skor 3-2 (4-3).

Ekspresi pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong di ruang ganti usai menyingkirkan Singapura di Piala AFF Suzuki 2020, Sabtu (25/12/2021) malam. F- Istimewa/instagram@pssi

Timnas Indonesia tak mau mengendurkan serangan. Memanfaatkan sembilan pemain Singapura, Evan Dimas dan kawan-kawan memiliki sejumlah peluang. Egy Maulana Vikri pun akhirnya mencetak gol di akhir babak pertama ekstra time. Skor 4-2 (5-3) keunggulan Indonesia sampai paruh babak pertama di ekstra time ini.

Baca Juga :  Taufany Muslihuddin Jadi Pembeda, Timnas Indonesia ke Final SEA Games 2023

Di babak kedua ekstra time, tidak tercipta gol. Namun, kiper Singapura Hassan Sunny diganjar kartu merah setelah melakukan pelanggaran terhadap Irfan Jaya di luar kotak penalti. Ikhsan Fandi pun menjadi kiper pengganti Singapura. Sampai pertandingan usai, kedudukan 4-2 (agregat 5-3) untuk kemenangan tim Garuda. Timnas Indonesia melaju ke babak final Piala AFF Suzuki 2020.

Dari Tanah Air, jutaan bangsa Indonesia turut merayakan kemenangan tersebut. Bahkan, Ketua Umum (Ketum) PSSI Mochamad Iriawan melakukan sujud syukur.

Sujud syukur itu dilakukan Ketum PSSI Mochamad Iriawan untuk kemenangan Timnas Indonesia, usai menyingkirkan Singapura di leg kedua laga semifinal Piala AFF Suzuki 2020.

Ketua Umum (Ketum) PSSI Mochamad Iriawan bersorak setelah melakukan sujud syukur usai Timnas Indonesia memastikan diri melaju ke final Piala AFF Suzuki 2020. F- Istimewa/Instagram@mochamadiriawan84

“Alhamdulillah final! Terima kasih atas perjuangan kalian di atas lapangan. Terima kasih juga untuk doa dan dukungan yang selalu disuarakan. Ayo, bersama kita tatap final!,” tulis Mochamad Iriawan lewat akun Instagram@mochamadiriawan84.

Baca Juga :  Gubernur Kepri 'Demam' Piala AFF Suzuki 2020, Ansar: Indonesia Menang 3-1

“Terima kasih banyak untuk timnas indonesia. kalian luar biasa,” sambungnya.

Mochamad Iriawan selaku Ketua Umum PSSI pun memberikan petuah lagi menjelang laga final. Ketum PSSI berharap, agar Timnas Indonesia besutan pelatih Shin Tae-yong ini, tetap semangat dan focus di laga final nanti.

“Tetap semangat dan focus di laga final nanti,” tulis Mochamad Iriawan saat memberikan petuah lagi, untuk menghadapi laga leg pertama final Piala AFF Suzuki, Rabu (29/12/2021) pertengahan pekan ini.

Siapa yang bakal menjadi lawan Indonesia di final nanti? Saksikan pertandingan leg kedua semifinal Piala AFF 2020, antara Vietnam vs Thailand, Minggu (26/12/2021) malam ini. (riswahyudi)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *