Beranda All News OPD Terinovatif di Bintan Diberi Penghargaan, Berikut Daftar Pemenang Galanova Awards 2021

OPD Terinovatif di Bintan Diberi Penghargaan, Berikut Daftar Pemenang Galanova Awards 2021

0
Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan didampingi Sekda Adi Prihantara menyerahkan penghargaan Galanova Awards 2021 kepada Kadis PMD Ronny Kartika, Senin (20/12/2021). F- Istimewa/Diskominfo Bintan

Bintan, suaraserumpun.com – Sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Bintan diberi penghargaan Galanova Awards 2021. OPD yang mendapat penghargaan ini dinilai terinovatif selama tahun 2021 ini.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan memberikan penghargaan ini melalui program Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbang) Bintan. Program ini dilaksanakan untuk melihat inovasi yang telah dilakukan oleh seluruh OPD Bintan, dalam kurun waktu tahun 2021 ini.

Dari hasil tersebut, Dinas PMD Bintan berhasil memborong 2 penghargaan sekaligus untuk OPD terinovatif dalam pengumuman pemenang Galanova Awards 2021 di Kantor Bupati Bintan, Bandar Sri Bentan, Senin (20/12/2021). 2 penghargaan tersebut didapat untuk Kategori OPD Terinovatif dan Kategori Inisiator Terinovatif dari seluruh OPD Bintan.

Baca Juga :  Samawa, Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah Resmi Menikah, Jokowi-Prabowo Saksinya

Berikut daftar pemenang Galanova Awards 2021:

Kategori Inisiator Inovasi Terinovatif
Juara 1. Dinas PMD Bintan (Inovasi Paralegal Masyarakat Desa)
Juara 2. Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Bintan (Inovasi Kampung Ayam Berbasis Kepulauan)
Juara 3. Dinas Tenaga Kerja Bintan (Inovasi Pentalogi)
Juara Harapan 1. Dinas Sosial Bintan (Inovasi Secanting Beras)
Juara Harapan 2. Dinas Perpustakaan dan Arsip Bintan (Inovasi Perahu Gemilang)

Kategori Organisasi Perangkat Daerah Terinovatif:
Juara 1. Dinas PMD Bintan
Juara 2. Disdukcapil Bintan
Juara 3. Dinas Kominfo Bintan
Juara Harapan 1. Dinas PTSP Bintan
Juara Harapan 2. Dinas BPBD Bintan

Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan menekankan, pentingnya inovasi untuk menjadi bagian dari budaya dalam setiap pelayanan kepada masyarakat. Dengan menciptakan budaya inovatif tersebut, Roby berharap agar setiap produk dan layanan yang diberikan dapat bermuara terhadap kepuasan masyarakat.

Baca Juga :  Operasi Ketupat Seligi 2021: Rahma Minta Waspadai Tempat Berpotensi Penyebaran Covid-19

Roby Kurniawna juga menginginkan, inovasi harus diikuti dengan jaminan dan keberlanjutan atas inovasi yang sudah ada. Inovasi jangan hanya sebatas retorika administrasi. Tapi, harus diterapkan di lapangan, sesuai dengan kebutuhan dan pelayanan yang diperlukan masyarakat pada era saat ini.

Roby Kurniawan menerangkan, Pemerintah Kabupaten Bintan akan mengembangkan inovasi di setiap OPD Bintan, guna meningkatkan kualitas pelayanan publik di daerahnya. Justru itu, ASN Bintan harus memiliki budaya kerja inovatif.

“Dengan memberikan solusi inovasi dalam setiap pelayanan yang diberikan kepada masyarakat. Diharapkan dapat memiliki nilai tambah dan pemanfaatan budaya kerja yang lebih efektif,” ujar Roby Kurniawan.

Baca Juga :  OPD Bintan Diberi Pemahaman Soal Kepedulian HAM Melalui Aksi Nyata

Pada kesempatan lain, Kadis PMD Bintan Rony Kartika menuturkan, dinamika permasalahan hukum yang terjadi di masyarakat membutuhkan kegiatan pemberdayaan yang langsung menyentuh kebutuhan masyarakat. Khususnya informasi hukum.

“Jadi dengan inovasi paralegal hukum yang bekerja sama dengan Kemenkum HAM ini, diharapkan mampu memberikan informasi dan edukasi hukum kepada masyarakat secara langsung. Serta dapat menghidupkan kembali nilai-nilai penyelesaian permasalahan secara kekeluargaan, dan musyawarah mufakat. Dengan tetap berpedoman pada undang undang dan hukum yang berlaku,” jelas Ronny Kartika usai menerima penghargaan. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here