banner 728x90
200-an peserta KasmaRun 2021 meninggalkan garis star, di Lagoi Bay, Sabtu (18/12/2021). F- nurul atia/suaraserumpun.com

Serunya KasmaRun 2021, Ada Permainan Tradisional hingga Berpantun Melayu

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Sebanyak 200-an peserta menikmati iven tahunan KasmaRun 2021 di Lagoi Bay, kawasan Bintan Resorts, Sabtu (18/12/2021). Iven ini semakin seru. Ada permainan tradisional budaya, hingga peserta diajak berpantun Melayu.

Sukses diadakan pada bulan Desember tahun 2020 lalu, dan masih dalam masa pandemi Covid -19 dengan mengikuti aturan protokol kesehatan yang sangat ketat, team penyelenggara kegiatan kembali menggelar kegiatan KasmaRun tahun ini, Sabtu (18/12) pukul 16.00 WIB. Kegiatan seru dan sehat di ajang KasmaRun ini dilaksanakan di Lagoi Bay, kawasan wisata Bintan Resorts, Pulau Bintan, Provinsi Kepulauan Riau.

Kegiatan ini tak terasa sudah memasuki tahun ke-7, sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2014 di lokasi yang sama. KasmaRun identik dengan kegiatan olahraga lari ringan berjarak 5 kilometer di alam terbuka, yang lebih mengutamakan unsur rekreasi, penyegaran, permainan, swafoto dan hiburan yang menyenangkan. Terutama bagi pasangan kawula muda dan keluarga.

“Keterbatasan mobilitas selama masa pandemi, tentunya tidak harus membatasi aktivitas untuk dapat berolahraga dan refreshing seperti kegiatan KasmaRun 2021 ini. Rute lari di alam terbuka mengitari danau di Lagoi Bay, yang dikelilingi hutan tropis,” papar Lidia Endang Sumartini, Manager Business Operations PT Bintan Resort Cakrawala (BRC), selaku ketua panitia penyelenggara acara KasmaRun, Sabtu (18/12/2021) petang ini.

Baca Juga :  Tanggapan Bupati Bintan Soal Anggota Dewan Walk Out dari Paripurna

“Kegiatan KasmaRun diadakan secara rutin setiap tahun di bulan Desember. Dan khususnya di masa pandemi ini, bertujuan untuk terus mendorong masyarakat sekitar dan pengunjung di Bintan Resorts semangat menjalankan gaya hidup sehat dan aktif. Serta tentunya tanpa mengabaikan penerapan protokol kesehatan,” sambungnya.

Rutin berolahraga lari merupakan salah satu aktivitas menjaga kebugaran tubuh yang mudah untuk dilakukan untuk ketahanan fisik dan ampuh untuk mengusir stress. Dua unsur kesimbangan hidup yang sangat penting dalam menciptakan imunitas, sehingga terhindar dari penyakit.

Justru itu, menurut Lidia, KasmaRun tahun 2021 ini diwarnai dengan tema body, mind and culture. Ada tambahan satu konsep baru. Peserta diajak kembali menikmati tradisi khas Melayu Pulau Bintan. Di antaranya sambutan kemeriahan musik Kompang Melayu, saat peserta melalui rute 1 kilometer,
pertunjukan permainan tradisional Egrang di rute 2 Km.

Yang pastinya kembali menghadirkan kenangan tradisi masa lalu. Peserta berkesempatan untuk melakukan swafoto di rute ini. Sebelum mengakhiri rute lari, setiap peserta KasmaRun akan ditantang untuk menyelesaikan sebait pantun Melayu, dan mengunduhnya di aplikasi sosial media Instagram mereka masing-masing.

Baca Juga :  Haiziq Man of The Match Pekan Ke-4 BLB U11 Musim 2021

Tak kalah menarik dari KasmaRun ini adalah ada hadiah bagi peserta yang berani tampil dengan kostum dan penampilan paling menarik yang dinilai oleh panitia. Semua peserta yang sampai di garis akhir berhak langsung mendapatkan medali KasmaRun 2021. Biaya pendaftaran hanya Rp120 ribu per orang. Tiap peserta yang mendaftar mendapatkan T-shirt, nomor peserta, air mineral, isotonik, mystery gift atau hadiah kejutan yang seru-seru serta satu kupon undian atau lucky draw dengan banyak hadiah-hadiah yang menarik disediakan oleh penyelenggara.

“Keistimewaan hadiah kejutan yang dibawa pulang oleh tiap peserta pada acara KasmaRun tahun ini adalah merupakan produk yang dihasilkan oleh UMKM di Pulau Bintan. Kita ingin terus memberikan kesempatan yang ada untuk dapat bekerja sama dengan UMKM di Pulau Bintan dan memberikan peluang usaha bagi mereka,” lanjut Lidia.

Group General Manager PT Bintan Resort Cakrawala Abdul Wahab mengungkapkan, kegiatan KasmaRun 2021 yang sifatnya rekreasi ini, ingin tetap dapat dilakukan sebagai ikon acara tahunan di Bintan Resorts dan menyesuaikannya dengan situasi Covid-19. Oleh karenanya, jumlah peserta juga dibatasi hanya 200 orang, sesuai aturan yang ditetapkan oleh Satgas Covid-19 Kabupaten Bintan.

Baca Juga :  Cen Sui Lan dan Diana Kusumastuti Sepakat Lelang Dini untuk Penyiapan Sarpras Tanjung Banon Rempang Batam
GGM PT BRC Lagoi turut serta berlari sambil menikmati pesona alam wisata di kawasan Lagoi, dalam iven KasmaRun 2021, Sabtu (18/12/2021). F- nurul atia/suaraserumpun.com

Setiap peserta wajib melakukan uji Covid-19 dengan metode GeNose di hari yang sama di Simpang Lagoi, fasilitas yang disediakan panitia. Sebelum bergabung di lokasi acara. Ada team khusus yang memastikan pelaksanaan protokol kesehatan dilakukan dengan baik oleh peserta sebelum masuk
garis start di lapangan dan diawasi oleh Satgas Covid-19 Bintan Resorts seperti pengecekan suhubadan, membersihkan tangan dengan hand sanitizer dan melakukan kode pemindai kontak untuk tujuan penelusuran kontak erat.

Peserta juga dibagi ke dalam kelompok yang lebih kecil terdiri dari 25-30 orang. serta menjaga jarak sebelum meninggalkan garis start untuk menghindari terjadinya kerumunan dan dilepas meninggalkan garis start setiap interval 5–8 menit.

Pelepasan peserta dilakukan bertahap, per 40 orang. Kegiatan dihadiri Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri Buralimar, Wakapolres Bintan Kompol M Tahang, Plt Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bintan Aryati mewakili Kadisbudpar Bintan, Kasatlantas Polres Bintan AKP Kartijo, dan jajaran manajemen PT BRC Lagoi. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *