banner 728x90
Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla sebagai Ketua Umum DMI bersama Gubernur Kepri H Ansar Ahmad di Masjid Agung Sultan Mahmud Riayat Syah, Batam, Rabu (15/12/2021). F- Istimewa/Humas Pemprov Kepri

Mantan Wapres RI Jusuf Kalla Merasa Nyaman di Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah

Komentar
X
Bagikan

Batam, suaraserumpun.com – Mantan Wakil Presiden (Wapres) RI H Jusuf Kalla selaku Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) melantik kepengurusan DPW DMI Provinsi Kepri, masa bakti 2021-2026, Rabu (15/12/2021). Pelantikan dilaksanakan di Masjid Agung Sultan Mahmud Riayat Syah, Batu Aji, Kota Batam. Jusuf Kalla merasa nyaman di masjid agung di Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) tersebut.

Hadir pada kesempatan tersebut Gubernur Kepri H Ansar Ahmad, Wakil Gubernur Kepri Hj Marlin Agustina. Selain itu, hadir Wakapolda Kepri Brigjen Pol Darmawan, Ketua MUI Kepri KH Bambang Maryono, mantan Ketua DPW DMI Kepri Huzrin Hood, Wawako Batam Amsakar Ahmad dan jemaah lainnya.

Baca Juga :  Sudirman, Wasit Kepri Lolos Seleksi untuk Memimpin Liga 2 2021-2022

Pada kesempatan tersebut, Jusuf Kala mengajak, DMI sebagai organisasi yang dipimpinnya ini untuk terus memakmurkan masjid, sebagai tempat ibadah umat Islam. Keberadaan dewan masjid juga harus bisa menyejahterakan jemaah dan masyarakat sekitar.

Menurut mantan Wapres RI ini, keberadaan masjid jangan hanya melaksanakan salat fardhu lima waktu. Lebih dari itu, masjid harus berperan lebih seperti menjadi tempat pembelajaran ilmu agama, kajian, dakwah hingga tempat pemberdayaan kesejahteraan umat. Sudah saatnya masjid juga harus bisa menjadi simbol tempat identitas umat Islam.

“Dari masjid, kita juga peduli dengan kondisi permasalahan bangsa, yang saat ini tengah menghadapi pandemi Covid-19. Seperti kita menerapkan protokol kesehatan dalam beribadah,” ucap Jusuf Kalla.

Baca Juga :  Mulai Beroperasi 5 Agustus, Ansar Ahmad Meresmikan Rumah Singgah Mahligai Keris di Batam

Ketua Umum DMI Jusuf Kala juga berharap, kepada pengurus DMI Kepri yang dilantik bisa menjalankan amanah dengan baik. Dewan masjid harus bisa dirasakan manfaat dan keberadaanya, oleh masyarakat. Minimal keberadaan masjid bisa menjadikan jemaah dalam beribadah menjadi nyaman.

“Nyaman di sini (Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah). Karena dari mulai takmir masjid baik imam, muadzin, bilal hingga marbot masjid, cakap dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Dengan demikian, saat ingin jemaah datang untuk beribadah. Maka mereka merasakan ketenangan di dalamnya,” tutur Jusuf Kalla mantan Wapres RI tersebut.

Baca Juga :  PT Timah Tbk Menggerakkan Ekonomi Masyarakat Lewat Budi Daya Siput Isap

Usai pelantikan, jemaah dan Gubernur Kepri H Ansar Ahmad mendengarkan mauhidoh hasanah yang disampaikan oleh ustas Das’ad Latif, dari Jakarta. Ustaz Das’ad Latif dalam cerahamnya berharap, agar kaum muslimin menjadikan masjid tempat ibadah dan aktivitas kegiatan positif lainnya. Sebagaimana Rasulullah Muhammad SAW yang selalu menjadikan masjid tempat perjuangan dan juga menyampaikan dakwah Islam kepada seluruh manusia.

“Mudah-mudahan masjid di Indonesia yang rata-rata semegah ini. Menjadi tempat yang nyaman untuk beribadah kepada sang Khalik,” harapnya. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *