Beranda All News Empat Pemain Kepri Berkiprah di Liga 3 Zona Sumut, Berikut Profil Singkatnya

Empat Pemain Kepri Berkiprah di Liga 3 Zona Sumut, Berikut Profil Singkatnya

0
Farel Akbar dan F Alesandro bersama skuat PS Harjuna Putra lainnya. F- Istimewa/instagram@harjunaputra

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Kompetisi sepak bola Liga 3 musim 2021-2022 zona Provinsi Sumatera Utara (Sumut), sudah memasuki babak semifinal. Ada empat orang pemain asal Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) yang berkiprah di Liga 3 zona Sumut pada musim ini. Berikut profil singkat mereka.

Kompetisi Liga 3 2021-2022 zona Sumatera Utara (Sumut) diikuti sebanyak 34 tim. Pertandingan home tournament diselenggarakan dengan sistem setengah kompetisi. 34 tim dibagi dalam delapan grup. Masing-masing grup, ada 2 tim yang lolos ke fase gugur 16 besar.

Pada penyisihan grup, pertandingan dilaksanakan beberapa stadion. Antara lain di stadion TD Pardede, stadion Kebun Bunga Medan, stadion Mini Pancing Medan, stadion Mini Mencirim Kutalimbaru, stadion Baharuddin Siregar Deli Serdang, stadion Binaraga Rantau Prapat, dan stadion Pemda Mandailing Natal.

Setelah menjalani fase grup, 16 tim yang melaju ke fase knock-out yaitu Medan Utama FC, Batak United, YOB Belawan, Binjai United, PSDS Deli Serdang, PS Harjuna Putra, Taruna Satria, PS Sergai, Karo United FC (juara bertahan), Victory Dairi FC, Batubara Bisa FC, Tanjungbalai United, Poslab, Saba Bangunan United, Madina Jaya FC, dan Sidimpuan FC.

Fransiskus Alesandro (kostum biru) mendengarkan arahan Eko sebagai pelatih kepala PS Harjuna Putra. F- Istimewa/Instagram@harjunaputra

Jumat (10/11/2021) pekan lalu, pertandingan sudah mengakhiri babak perempat final, atau delapan besar. Kontra Saba Bangunan versus PS Harjuna Putra menjadi laga menarik, dan menjadi sajian utama di sejumlah media di wilayah Sumatera Utara.

Baca Juga :  Sah, Dewi Kumalasari Dikukuhkan sebagai Bunda PAUD Provinsi Kepri

Pertandingan Saba Bangunan United versus PS Harjuna Putra dilangsungkan di stadion Kebun Bunga, Medan, Sumut, Jumat sore. Pada pertandingan normal, skor masih imbang 3-3. Pada babak ekstra time 2×15 menit, tidak tercipta gol dan kedudukan masih imbang. Pertandingan dilanjutkan dengan babak adu penalti. Alhasil, PS Harjuna Putra menang adu penalti 8-7 (11-10) atas Saba Bangunan United.

Kini, tersisa empat klub yang lolos dan bakal bertanding di babak semifinal Liga 3 2021-2022 zona Sumut. Antara lain juara bertahan Liga 3 musim 2019 lalu Karo United, PSDS Deli Serdang, YOB Belawan dan PS Harjuna Putra. Pertandingan semifinal Liga 3 zona Sumut akan mempertemukan PSDS Deli Serdang versus Karo United FC. Serta Yob Belawan kontra PS Harjuna Putra.

Dari empat tim yang bertanding di semifinal Liga 3 2021-2022 zona Sumut tersebut, ada empat orang pemain asal Provinsi Kepri. Empat pemain ini bergabung dalam satu tim, yaitu PS Harjuna Putra.

PS Harjuna Putra menjalani babak penyisihan di grup C, bersama PSDS Deli Serdang. PS Harjuna Putra dibesut Lestiadi sebagai Direktur Teknik, bersama Eko pelatih kepala. Sedangkan empat orang anak Kepri yang berkiprah di PS Harjuna Putra ini adalah Farel Akbar, Andi M Nuh, R Sananta dan Fransiskus Alesandro.

R Sananta (tengah) striker PS Harjuna Putra asal Kepri. F- Istimewa/Instagram@harjunaputra

Farel Akbar A merupakan pemain kelahiran Batam, 22 tahun lalu. Pemain tengah ini sebelumnya pernah menjadi kapten tim Kota Batam pada ajang Porprov 2018 lalu. Selama dua musim, Farel anak dari Iwan PPLP Kepri ini juga pernah membela tim 757 Kepri Jaya FC. Bahkan pada musim 2019, Farel turut bertanding di putaran ketiga regional Sumatera, antara PS Tiga Naga Riau versus 757 Kepri Jaya FC. Saat ini, Farel sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi semifinal, bersama PS Harjuna Putra di Liga 3 zona Sumut.

Baca Juga :  Maifrizon: Bima Sakti Bakal Menyeleksi Pemain Muda Kepri di Tanjungpinang

Sedangkan Andi M Nuh, pemain tengah PS Harjuna Putra asal Kepri ini juga merupakan kelahiran Batam, Provinsi Kepri. Andi M Nuh masih berusia 18 tahun. Andi M Nuh merupakan jebolan PPLP Kepri, yang pernah membela salah satu tim Liga 1 di ajang Elite Pro Academy.

R Sananta juga merupakan anak Kepri kelahiran Kabupaten Lingga, Kepri. Saat ini, pemain depan tersebut masih berusia 19 tahun. Santa pernah menjalani TC untuk seleksi Timnas pelajar Indonesia, semasa di bawah binaan PPLP Kepri. Pemain dengan tinggi badan 181 sentimeter ini sudah fokus menghadapi semifinal Liga 3 zona Sumut bersama PS Harjuna Putra.

Fransiskus Alesandro tak asing lagi bagi kalangan insan sepak bola di Kepri. Jebolan PPLP Kepri ini sudah pernah membawa tim Kepri Belia ke babak delapan besar putaran nasional Piala Soeratin tahun 2019 lalu. Sandro begitu panggilan akrabnya, dikenal seorang pemain lini depan yang cerdik. Sandro dan Santa, sewaktu-waktu menjadi man of match.

Baca Juga :  Cen Sui Lan: 22 Perusahaan Dunia Berminat dengan Proyek Jembatan Batam-Bintan

“Kami sudah siap untuk menghadapi pertandingan semifinal melawan Yob Belawan, di babak semifinal Liga 3 zona Sumut. Banyak pengalaman dan ilmu yang kami dapat bersama PS Harjuna Putra,” kata Farel Akbar saat menjalani sesi wawancara khusus kepada suaraserumpun.com, Senin (13/12/2021).

Andi M Nuh jebolan PPLP Kepri bergabung dengan PS Harjuna Putra untuk menghadapi Liga 3 zona Sumut. F- Istimewa/Instagram@harjunaputra

Asprov PSSI Sumut menetapkan, tempat dan jadwal pertandingan babak semifinal Liga 3 zona Sumut akan digelar di stadion Teladan, Medan, Sumut, Rabu (15/12/2021). Namun untuk kuota atau jumlah klub yang lolos ke putaran nasional Liga 3 dari Provinsi Sumut, belum dipastikan. Yang pasti, Sumut tentunya lebih banyak mendapat kuota klub ke putaran nasional, dibandingkan Provinsi Kepri daerah asal dari empat pemain PS Harjuna Putra.

Jika dibandingkan, kompetisi Liga 3 zona Sumut pada musim 2021-2022 ini, diikuti 34 tim. Sedangkan Liga 3 putaran Provinsi Kepri hanya diikuti 7 tim. Apakah Kepri akan mendapat kuota 2 klub ke putaran nasional? Atau sama dengan kuota yang diberikan PSSI kepada Sumut? Biar PSSI yang menjawab. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here