Beranda All News Kelurahan Batu IX Tanjungpinang Jadi Pilot Project Kampung Germas di Kepri

Kelurahan Batu IX Tanjungpinang Jadi Pilot Project Kampung Germas di Kepri

0
Ansar Ahmad Gubernur Kepri meresmikan Kampung Germas RW10 Kelurahan Batu IX, Kota Tanjungpinang sebagai pilot project di Provinsi Kepri, Sabtu (11/12/2021). F- nurul atia/suaraserumpun.com

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – RW10 Kelurahan Batu IX, Kecamatan Tanjungpinang Timur, Kota Tanjungpinang menjadi pilot project kampung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) tingkat Provinsi Kepri. Kampung Germas ini diresmikan oleh Gubernur Kepulauan Riau H Ansar Ahmad di alun-alun Jatayu Kelurahan Batu IX, Sabtu (11/12/2021).

Peresmian ini merupakan perwujudan salah satu misi Gubernur Kepri Ansar Ahmad dan Wagub Kepri Hj Marlin Agustina dalam mewujudkan kualitas sumber daya manusia yang berkualitas, sehat, dan berdaya saing dengan berbasiskan iman dan taqwa.

“Bismillahirohmanirahim, Kampung Germas RW 10 Kelurahan Batu IX saya nyatakan diresmikan. Semoga Allah SWT meridhoi usaha yang kita lakukan ini,” kata Ansar Ahmad saat meresmikan Kampung Germas yang ditandai dengan pengguntingan pita.

Sebelumnya peresmian Kampung Germas RW10 Kelurahan Batu IX, kegiatan diawali dengan senam sehat bersama. Pembacaan deklarasi Germas oleh Lurah Batu IX didampingi Ketua Kampung Germas dan Ketua RT02/RW10, penampilan tari cuci tangan, serta penyerahan penghargaan kepada Kader terbaik di Kelurahan Batu IX. Keluarga yang berhasil dalam penyembuhan gizi buruk, serta Posyandu/Posbang dengan penerapan Prokes terbaik.

Baca Juga :  Alumni AKABRI 2001 Dwipa Arya Bikin Aksi Kemanusiaan di Bintan

Turut menghadiri acara ini Ketua TP PKK Kepri Hj Dewi Kumalasari, Pj Sekdaprov Kepri Ir Lamidi, Ketua DWP Kepri Hj Qori Lamidi, Wakil Wali Kota Tanjungpinang Endang Abdullah, para Kepala OPD Provinsi Kepri, para Kepala OPD Kota Tanjungpinang, Camat Tanjungpinang Timur, Lurah Batu IX, serta warga Kampung Germas.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad menyampaikan, pemerintah terus berupaya untuk dapat melahirkan generasi Indonesia yang unggul, kompetitif dan berkualitas dalam rangka ikut serta mengimplementasikan revolusi industri 4.0.

“Maka berbagai usaha pelayanan pendidikan di berbagai tingkatan dan berbagai program digitalisasi. Semua itu akan sukses jika pemerintah dapat menjamin angka indeks kesehatan yang baik serta menjamin tersedianya infrastruktur dasar kesehatan masyarakat,” kata Ansar Ahmad.

Baca Juga :  Cen Sui Lan: NKRI Harus Mengambil Alih FIR Kepulauan Riau dari Singapura

Menurut Gubernur Ansar, orang yang berkualitas secara pendidikan namun fisiknya tidak sehat, maka akan menjadi tidak produktif. Begitu juga sebaliknya. Maka jaminan kualitas kesehatan tidak boleh diabaikan.

“Untuk itu pemerintah memberikan jaminan kesehatan secara nasional. Termasuk Germas ini yang merupakan salah satunya yang terbentuk dari, oleh, dan untuk masyarakat” ucap Gubernur Kepri.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad menjelaskan, Germas merupakan gerakan sistematis dan terpadu dalam menjaga kesehatan secara berkelompok. Karena usaha menjaga kesehatan lebih penting daripada mengobati.

Baca Juga :  Marlin Agustina Membuka Pelatihan Tingkat Pertama dan Menengah Muslimat Hidayatullah

“Selama ini kita banyak terfokus pada pelayanan-pelayanan dan pengobatan pada institusi kesehatan, namun jarang sekali dibicarakan mengenai promosi kesehatannya. Oleh karena itu melalui peresmian Kampung Germas ini, saya minta fokus pada Prokes lebih ditingkatkan,” pesan gubernur.

Gubernur juga berpesan agar gerakan ini dijalankan secara sungguh-sungguh setelah peresmiannya. Agar dapat dijadikan pilot project bagi kelurahan lain. Bahkan untuk seluruh kabupaten dan kota di Kepri.

“Karena kunci dari ini semua adalah masyarakat itu sendiri. Saat ini kita juga sedang dan terus berupaya merancang pelayanan unggulan di bidang kesehatan, salah satunya pelayanan pemasangan ring jantung di RSUD RAT di bulan Maret 2022 dan pelayanan gigi mobile” tutup gubernur. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here