banner 728x90
Ansar Ahmad Gubernur Kepri menyerahkan akad pinjaman modal usaha bagi pelaku UMKM dengan bunga nol persen di Kantor Bank Riau Kepri Cabang Tanjungpinang, Rabu (8/12/2021). F- Istimewa/Humas Pemprov Kepri

Program Bantuan Modal UMKM dengan Bunga Nol Persen Resmi Disalurkan, Prosesnya Cuma 5 Hari

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Program bantuan modal bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dengan bunga nol (0) persen dari program Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau bekerja sama dengan PT Bank Riau Kepri, resmi disalurkan ke masyarakat. Nilain pinjaman modal dengan bunga nol persen, maksimal sebesar Rp20 juta melalui Bank Riau Kepri.

Bantuan bunga modal UMKM dari Pemprov Kepri ini menjadi angin segar bagi pelaku usaha kecil dan menengah, dalam masa pandemi Covid-19. Gubernur Kepri H Ansar Ahmad menandai disalurkannya program subsidi bunga modal UMKM ini, dengan menyerahkan akad kredit pinjaman modal ke masyarakat di Kantor Bank Riau Kepri Cabang Tanjungpinang, Rabu, (8/12/2021).

Gubernur Kepri usai menyimulasikan akad kredit pinjaman tersebut menjelaskan, bantuan yang diberikan Pemprov Kepri berbentuk subsidi bunga 0 (nol) persen dari pinjaman modal. Dalam artian, masyarakat yang mengajukan pinjaman modal UMKM ke Bank Riau Kepri, hanya perlu mengembalikan pinjaman pokok semata. Sementara bunga dari pinjaman modal tersebut, akan ditanggung seluruhnya oleh Pemprov Kepri.

Baca Juga :  Tim Porwil Kepri Imbangi 757 Kepri Jaya, Bona: Tinggal Maintenance Kondisi Pemain

“Masyarakat yang mempunyai UMKM jika memanfaatkan program ini tidak perlu memikirkan lagi bunganya. Bunganya sudah kita tanggung. Jadi, ini adalah pinjaman modal tanpa bunga,” jelas Ansar Ahmad Gubernur Kepri.

Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau telah menganggarkan dana sebesar Rp2 miliar untuk bantuan subsidi bunga modal UMKM. Diperkirakan akan ada 1.000 UMKM yang bisa merasakan manfaat dari program tersebut. Ke depannya, apabila program ini berhasil, maka Gubernur Kepri berjanji untuk meningkatkan besaran anggaran. Sehingga lebih banyak lagi UMKM di Kepri yang bisa merasakan subsidi bunga modal.

Dengan adanya bantuan subsidi bunga modal ini, Gubernur Kepri Ansar Ahmad memperkirakan sektor UMKM di Kepri dapat menggeliat kembali. Program ini sebagai salah satu upaya pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19.

“UMKM ini menjadi andalan kita juga untuk memilih ekonomi, potensi UMKM inilah yang sekarang kita ingin geliatkan lagi melalui bantuan ini. Mari manfaatkan program ini dengan sebaik-baiknya,” kata Gubernur Kepri.

Baca Juga :  Kapolri Tinjau Pelabuhan Merak Jelang Arus Mudik Idulfitri 1444 Hijriah

Kepala Bank Riau Kepri Cabang Tanjungpinang, Wan Abdul Rahman menjelaskan, pinjaman modal yang diberikan oleh Bank Riau Kepri bervariatif. Antara Rp10 juta sampai dengan Rp20 juta. Dengan masa tenor atau pembayaran sampai dengan 2 tahun. Masyarakat dapat memproses pinjaman ini hanya dalam 5 hari kerja.

“Kami mendukung penuh program kerja sama ini. Tentu Bank Riau Kepri sebagai bank pembangunan daerah wajib berperan serta membantu pemerintah daerah dalam usaha pemulihan ekonomi di Kepulauan Riau,” ujarnya.

Santi (41) yang menerima langsung akad pinjaman modal dari Gubernur Kepri Ansar merasa sangat senang, dengan adanya bantuan ini. Menurut wanita yang memiliki usaha kue tradisional dan makanan ringan ini, perhatian Gubernur Kepri Ansar Ahmad terhadap pelaku usaha kecil memang sangat dibutuhkan di masa ekonomi seperti sekarang.

Baca Juga :  Hafizha Rahmadhani Mewacanakan Rumah Asuh, Jasa Penitipan Anak Terancam Kehilangan Pekerjaan

“Sekarang saya bisa membeli mesin mixer yang lebih besar dari modal ini, semoga bantuan seperti ini bisa berlanjut terus dan lebih banyak lagi bantuan dari pak Gubernur untuk rakyat seperti kita,” kata Santi.

Agusnawarman Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kepri bersama pelaku UMKM di sela sosialisasi program pinjaman modal usaha dengan nol persen, Rabu (8/12/2021). F- Istimewa/diskop dan ukm kepri

Pada kesempatan lain, Drs Agusnawarman MSi Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kepri menambahkan, proses peminjaman modal usaha dengan bunga nol persen bagi UMKM ini, berlaku untuk seluruh wilayah Provinsi Kepri. Saat ini, program pijaman modal tanpa bunga bagi pelaku UMKM ini, sudah resmi disalurkan.

“Nah, sekarang ini, kami dan pihak Bank Riau Kepri sudah melakukan sosialisasi ke daerah-daerah. Mulai dari Natuna, Karimun dan daerah kabupaten/kota lainnya. Sosialisasi ini dilakukan, agar masyarakat tak bingung untuk mendapatkan pinjaman modal usaha dengan bunga nol persen dari kebijakan Pak Gubernur Kepri Ansar Ahmad ini,” kata Agusnawarman. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *