Beranda Advertorial Profil Mario Abdillah Khair Pemred www.suaraserumpun.com Terpilih sebagai Komisioner KPID Riau

Profil Mario Abdillah Khair Pemred www.suaraserumpun.com Terpilih sebagai Komisioner KPID Riau

0
Mario Abdillah Khair Pemimpin Redaksi (Pemred) www.suaraserumpun.com menyerahkan berkas PT Jong Lintas Media kepada Moebanoe Moera pada verifikasi faktual, belum lama ini. F- heny/suaraserumpun.com

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Riau secara resmi menetapkan 7 nama komisioner terpilih untuk Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Riau, periode 2021-2024. Satu dari tujuh orang itu di antaranya adalah Mario Abdillah Khair Pemimpin Redaksi (Pemred) www.suaraserumpun.com, sekaligus pendiri www.potretnews.com. Berikut profil Mario Abdillah Khair.

Tujuh orang komisioner terpilih KPID Provinsi Riau periode 2021-2024 itu diumumkan, melalui rapat paripurna yang digelar di gedung parlemen setempat, Senin (22/11/2021) pagi lalu. Tujuh orang komisioner terpilih tersebut dibacakan langsung oleh Ketua Komisi I DPRD Riau, Ade Agus Hartanto.

Tujuh komisioner terpilih tersebut antara lain Falzan Surahman, Raga Perwira, Ahmad Royhan, Robert Satria, Bambang Suwarno, Mario Abdillah Khair S dan Hisam Setiawan. Dua nama yaitu, Falzan dan Hisam merupakan petahana.

Bagi kalangan insan pers di Bumi Lancang Kuning, nama Mario Abdillah Khair bukanlah sesuatu yang asing didengar. Apalagi dia pernah dua periode dipercaya sebagai fungsionaris di Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau. Pada kepengurusan masa bakti 2004-2008, Mario didapuk sebagai Ketua Seksi Seni dan Budaya. Sementara di periode 2008-2012 dia menjadi orang nomor dua yaitu sekretaris.

Dalam perjalanan kariernya sebagai wartawan (dengan status Wartawan Utama), pria kelahiran 26 Juni 1978 itu juga didaulat oleh Ketua Dewan Pers sebagai Ahli dari Dewan Pers sejak 2010, hingga sekarang. Itu sebabnya, Mario sering memberikan literasi tentang pers dalam upaya mengedukasi publik.

Baca Juga :  Trik Roby Kurniawan Membangun Negeri Lewat Gerbang Kampung

Alumni Fakultas Hukum Universitas Lancang Kuning (Unilak) itu memang gemar berorganisasi. Berbagai jabatan di kampus Unilak pernah diembannya. Antara lain Koordinator Presidium Senat Mahasiswa Perguruan Tinggi (SMPT), atau yang saat ini populer dengan sebutan presiden mahasiswa.

Kemudian, Mario merintis berdirinya organisasi mahasiswaa cinta alam Himapeka Waradipa Unilak, sekaligus menjadi ketua umum pertama. Selanjutnya menjadi perintis/pemimpin umum pertama Lembaga Pers Mahasiswa (LPM), dan pernah pula menduduki kursi Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).

Untuk di internal kampus Unilak, Mario Abdillah Khair termasuk seorang dari sejumlah mahasiswa, sebagai pendiri majalah kampus Visi. Di majalah kampus milik Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru ini, Mario cs mengembangkan talenta mahasiswa di bidang jurnalistik.

Selepas menamatkan pendidikan dari Unilak pada 2002, Mario totalitas terjun ke dunia pers dengan bekerja di Koran Harian Media Riau. Di sana, dia dipercaya menjadi penanggung jawab halaman utama sekaligus menulis tajuk rencana (editorial).

Selain itu, Mario Abdillah Khair juga menjadi perintis surat kabar mingguan (SKM) POTRET. SKM ini didirikan oleh sang ayahnya Saun Achmad Saragih (almarhum). Bagi kalangan insan pers senior di Riau dan Kepri, mendiang Saun Achmad Saragih adalah wartawan senior yang membawa Sinar Indonesia Baru (SIB), dari Medan (Sumut) ke Riau.

Baca Juga :  Kelurahan Air Raja di Tanjungpinang Punya Empat Posyandu Remaja

Pada tahun keempat, tepatnya 2006, Mario pun mengakhiri tugasnya di surat kabar Harian Media Riau, berukuran mini itu. Karena, Mario Abdillah Khair mendirikan portal berita www.potretnews.com, pengembangan dari SKM POTRET.

Kepiawaian Mario Abdillah Khair di jurnalistik, tak hanya di Provinsi Riau. Mario Abdillah bersama sahabatnya Yusfreyendi, mendirikan www.suaraserumpun.com di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), awal tahun 2021 lalu.

Tentunya, Mario Abdillah Khair sebagai Pemred www.suaraserumpun.com, tak sendiri. Ada Junaidi SH, Sigik Rahmat S serta sejumlah nama lainnya.

Seiring waktu berjalan, media siber www.suaraserumpun.com telah terdaftar secara administratif di Dewan Pers, per 1 November 2021 lalu. Bahkan, www.suaraserumpun.com pun telah dilakukan verifikasi faktual oleh tim Dewan Pers, Kamis (18/11/2021). Usai verifikasi faktual media siber www.suaraserumpun.com, Mario Abdillah Khair pun dikukuhkan sebagai Ahli Pers di Banten, setelah menjalani pelatihan.

Lima hari setelah www.suaraserumpun.com diverifikasi faktual oleh Dewan Pers, nama Mario Abdillah Khair diumumkan lulus terpilih sebagai komisioner KPID Riau, periode 2021-2024.

Baca Juga :  Kasus Stunting di Kepri Urutan Kedua Terendah setelah Jogja

Saat ini, Mario Abdillah Khair sudah mempersiapkan diri cuti atau nonaktif sebagai Pemred www.suaraserumpun.com, dan cuti dari Direktur www.potretnews.com. Mario Abdillah Khair efektif cuti dari www.suaraserumpun.com dan Direktur www.potretnews.com, pada saat SK komisioner KPID Riau terbit. Atau pada saat pelantikan sebagai komisioner KPID Riau.

Terpilihnya Mario sebagai salah satu Komisioner KPID Riau, diharapkan dapat memperkuat kelembagaan KPID untuk tiga tahun ke depan.

“Kehadiran Bung Mario di KPID Riau periode 2021-2024 semoga bisa mewujudkan lembaga penyiaran yang independen, sehat, edukatif, informatif, menghibur, menjadi perekat kontrol sosial masyarakat, dan bertanggung jawab,” ujar Yusfreyendi, salah seorang sahabat Mario saat dihubungi.

Ucapan selamat kepada Mario Abdillah Khair pun disampaikan oleh sahabatnya seperti Ramon Damora, mantan Ketua PWI Provinsi Kepri.

“Mantap Mario. Semoga amanah dalam menjalankan tugas di KPID Riau, nantinya,” kata Ramon Damora.

Selain itu, ucapan tahniah buat Mario Abdillah Khair juga disampaikan oleh Ade Angga, mantan Wakil Ketua DPRD Kota Tanjungpinang.

“Alhamdulillah, selamat untuk bro kita (Mario Abdillah Khair),” tutur Ade Angga. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here