banner 728x90
Gubernur Kepri H Ansar Ahmad membakar makanan khas otak-otak ikan di kampung wisata Sei Enam Bintan Timur, disaksikan Ketua PKK Kepri Hjj Dewi Kumalasari, Selasa (7/12/2021). F- nurul atia/suaraserumpun.com

2022, Gubernur Kepri Bakal Menata Kampung Wisata Sei Enam Bintan

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Kelurahan Sei Enam di wilayah Kecamatan Bintan Timur, Kabupaten Bintan sudah dikembangkan secara bertahap untuk menjadi kampung wisata. Kini, Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) H Ansar Ahmad mendukung penuh untuk pengembangan kampung wisata Sei Enam, di Kabupaten Bintan ini.

Gubernur Kepri H Ansar Ahmad bersama Ketua TP-PKK Provinsi Hj Dewi Kumalasari meninjau rencana penataan kawasan kampung wisata Sei Enam, Selasa (7/12/2021). Di kampung wisata Sei Enam Laut, merupakan kampung produksi kuliner otak-otak. Hampir di seluruh Pulau Bintan sudah mengetahui, makanan khas otak-otak di Sei Enam ini merupakan yang terlezat.

Hadir di peninjauan tersebut, Kadis Pariwisata Buralimar, Kadis Perindag Burhanuddin, Kadis Pertanian Rika Azmi, Kadis Perkim Mahyudin, Kabiro Pemerintahan M Darwin, Camat Bintan Timur M Sofyan, Lurah Sei Enam Riduan beserta tokoh masyarakat setempat.

Dalam peninjauan tersebut, Gubernur Kepri menyampaikan tentang rencana anggaran tahun 2022 untuk pengembangan kampung wisata Sei Enam. Kegiatan ini akan dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Kepri, untuk menjadi kampung wisata kuliner otak-otak, dan kerupuk hasil produksi masyarakat sekitar Bintan.

Baca Juga :  24 Jam Pencarian, Jasad Sulaiman Belum Ditemukan

“Sekarang, sedang mendesign. Supaya nanti, benar-benar menarik. Apalagi Kepri ini banyaknya kunjungan wisatawan mancanegara,” ujar Ansar Ahmad.

Ansar Ahmad sambil menikmati kuliner khas otak-otak mengatakan, tempat-tempat kampung wisata seperti di Sei Enam ini disenangi, dan bakal dikunjungi para turis. Tidak hanya menikmati wisata di kawasan resor.

“Nah, ini harus kita dorong dan kita dukung bersama camat, lurah dan tokoh-tokoh masyarakat yang akan berkomunikasi pada masyarakat di sini,” katanya.

Gubernur Kepri meminta kepada konsultan perencanaan dan Dinas Perkim untuk merencanakan semua kampung wisata Sei Enam, menjadi kawasan modern. Tapi tidak menghilangkan kearifan lokal. Termasuk dengan penerangan jalan agar diperbanyak beserta tempat duduk di pinggir jalan.

Baca Juga :  Liburan Iduladha 1444 Hijriah, Polres Bintan Mengawasi Keselamatan Pengunjung di Tempat Wisata

“Jadi, penataan kampung wisata Sei Enam ini menjadi wisata kuliner khas Sei Enam. Seperti otak-otak beserta dengan ornamen bangunannya Melayu yang menjadi penunjang dan spot berswafoto,” terang Ansar Ahmad.

Dalam penataan nanti, lanjut Gubernur Kepri, harus disiapkan panggung yang bisa digunakan multifungsi. Dan memberikan ciri khas serta bentuk warna warni dan konsep etalase yang perlu polesan yang menarik.

“Nanti kawasan ini bangunan kita kasi warna warninya, dan tambah juga dengan sepeda ontel seperti kota tua,” tambah Gubernur Kepri.

Di samping itu, Gubernur Kepri juga meminta penataan kampung wisata Sei Enam tersebut berkonsentrasi terhadap lahan parkir. Pembinaan dan tanggung jawab dalam pengelolaan.

“Dan nanti kita dudukan sebagai kontinuitas siapa-siapa yang menangani penerangan jalan, perawatan asetnya serta pembinaan UMKM dalam menjaga kebersihan,” harap Ansar Ahmad Gubernur Kepri.

Baca Juga :  Ansar Ahmad Berterima Kasih untuk Respon Cepat Menko Airlangga

Gubernur Kepri berharap masyarakat dan pengambil kebijakan harus kompak agar ini berjalan baik dengan hasil yang baik pula. Karena ini menyangkut sebagai ikoniknya Sei Enam, Kabupaten Bintan.

“Bersatu padu lah kita mempromosikan kawasan desa wisata, seperti kuliner yang tidak dimasak seperti otak-otak frezon dan makanan khas lainnya,” harapnya.

Gubernur Kepri ingin membangun kampung wisata Sei Enam ini, tidak mengubah lahan lapangan bola kaki yang sebelumnya masuk dalam perencanaan penataan ruang kawasan wisata Sei Enam.

“Terkait dengan lahan lapangan bola kaki, kalau nanti bisa diupayakan dan PT Antam mau mengibahkan, baru pada tahun 2023 direlokasikan lapangan dan penataannya semakin lengkap,” demikian dijanjikan Ansar Ahmad Gubernur Kepri untuk penataan kampung wisata Sei Enam Bintan. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *