Beranda All News Lima PAC Hipmikindo di Karimun Dilantik, Gubernur Kepri Yakin Ekonomi Bangkit

Lima PAC Hipmikindo di Karimun Dilantik, Gubernur Kepri Yakin Ekonomi Bangkit

0
Gubernur Kepri Ansar Ahmad dan Bupati Karimun Aunur Rafiq bersama lima PAC Hipmikindo di Kabupaten Karimun usai pelantikan kepengurusan di Gedung Nasional, Karimun, Sabtu (4/12/2021). F- Istimewa/Humas Pemprov Kepri

Karimun, suaraserumpun.com – Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) H Ansar Ahmad melantik lima Pengurus Anak Cabang (PAC) atau tingkat kecamatan Himpunan Pengusaha Mikro, Kecil dan Menengah Indonesia (Hipmikindo) di Kabupaten Karimun, Sabtu (4/12/2021). Gubernur Kepri yakin, ekonomi di Karimun akan bangkit dengan keberadaan Hipmikindo ini.

Lima PAC Hipmikindo yang dilantik gubernur tersebut antara lain PAC Kecamatan Karimun, kecamatan Meral, Kecamatan Tebing, Kecamatan Meral Barat dan Kecamatan Belat, untuk masa bakti 2021-2026. Pelantikan dilaksanakan di Gedung Nasional, Kabupaten Karimun.

Memulihkan perekonomian Kepri dengan cara memberdayakan Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu cara yang dipilih Gubernur Kepri H Ansar Ahmad bersama Wakil Gubernur Hj Marlin Agustina. Karena UMKM dinilai memang menjadi sektor real industri yang bisa menjadi tolok ukur maju atau mundurnya perekonomian daerah.

Baca Juga :  Agenda Peringatan Hari Jadi Ke-19 Provinsi Kepri, Ada Vaksinasi 40 Ribu Dosis Per Hari

Gubernur Kepri Ansar Ahmad berharap, dengan dilantiknya Hipmikindo di 5 kecamatan di Kabupaten Karimun ini, menjadi semangat baru bagi para pelaku UMKM yang ada. Terutama dalam upaya mewujudkan UMKM yang terlatih, terkoordinir dan lebih maju lagi. Sehingga terwujud masyarakat yang sejahtera.

“Saya yakin, ini pertanda awal kebangkitan UMKM di Karimun ke depan, saya yakin sekali,” kata Ansar Ahmad.

Menurut Ansar, UMKM merupakan penopang ekonomi utama di Indonesia di sektor kerakyatan. Bahkan UMKM adalah penyumbang terbesar bagi PDRB setiap tahunnya, dengan total sekitar 64,2 juta UMKM di Indonesia.

Baca Juga :  Ada Dua Alternatif Tempat Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Provinsi Kepri

“UMKM ini diistilahkan dengan sleeping giant. Jika dikembangkan akan menjadi sektor oenggerak perekonomian yang luar biasa. Dan melalui Hipmikindo, kita berharap UMKM ini bisa bangkit atau dibangkitkan lagi,” ujar Ansar.

Ansar Ahmad menegaskan, kontribusi UMKM di Indonesia sangat luar biasa dalam penyerapan tenaga kerja. Karena mampu menyerap hingga 97 persen dari total tenaga kerja yang ada. UMKM diharapkan mampu menjaga peluang dan selalu mengikuti perkembangan, terutama dalam hal upaya memasarkan produk yang dimiliki. Yakni dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi di era industri 4.0 ini.

Baca Juga :  Lewat Nobar, Semarak OneM SMPN 1 Bintan Makin Seru

“Kembangkan diri terus, jangan mau ketinggalan. Di era industri 4.0 ini kita semua harus pandai menyesuaikan diri agar bisa bertahan dan bahkan berkembang,” katanya.

Gubernur mengingatkan kepada para pelaku UMKM agar memanfaatkan layanan pinjaman lunak di Bank Riau Kepri, berupa pinjaman dengan bunga nol (0) persen. Atau semua bunga akan ditanggung Pemprov Kepri.

Hadir dalam kesempatan ini Bupati Karimun H Aunur Rafiq yang juga memberikan motivasi kepada para pelaku UMKM agar tetap aktif, kreatif dan inovatif. Sehingga bisa bangkit dari keterpurukan di bidang perekonomian akibat Covid-19. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here