banner 728x90
Hj Dewi Kumalasari Ketua YKI Provinsi Kepri meninjau pelayanan di RSUD RAT Provinsi Kepri di Tanjungpinang, Kamis (2/12/2021). F- Istimewa//Humas Pemprov Kepri

RSUD RAT di Tanjungpinang Melayani Kemoterapi, Ada Keringanan bagi Peserta BPJS Kesehatan

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Raja Ahmad Tabib (RAT) Provinsi Kepri di Tanjungpinang, telah membuka layanan kemoterapi bagi penderita kanker. Para ibu yang ingin kemoterapi, bakal ada keringanan bagi yang terdaftar sebagai peserta BPJS kesehatan.

Layanan kemoterapi ini merupakan kerja sama antara Yayasan Kanker Indonesia (YKI) cabang koordinator Provinsi Kepri dengan RSUD RAT dan BPJS Kesehatan Tanjungpinang. Ketua YKI Kepri Hj Dewi Kumalasari telah resmi membuka layanan kemoterapi tersebut di aula serbaguna RSUD RAT Provinsi Kepri di Tanjungpinang, Kamis (2/12/2021).

Dengan layanan kemoterapi bagi peserta BPJS kesehatan ini, kata Dewi Kumalasari, sangat membantu meringankan beban penderita kanker di Tanjungpinang dan Bintan. Sebab, selama ini penanganan kanker dengan kemoterapi di Kepri, hanya tersedia di Kota Batam.

Baca Juga :  Musda IV Gerakan Pramuka Kwarda Kepri, Sekjen Kwarnas: Teliti Latar Belakang Calon

“Di YKI, saya banyak sekali menerima keluhan para penyintas (penderita yang berusaha bertahan hidup) penyakit kanker, yang merasa sangat terbebankan apabila harus ke Batam. Bahkan sampai ke Medan, untuk kemoterapi. Sekarang, Alhamdulillah sudah ada kemoterapi di RSUD RAT Provinsi Kepri di Tanjungpinang,” ujar Dewi Ansar.

Tidak hanya bagi penderita kanker di Tanjungpinang dan Bintan, bagi penderita kanker di kabupaten dan kota lainnya, sekarang memiliki alternatif lain dalam menjangkau perawatan kemoterapi. Terlebih layanan kemoterapi di RSUD RAT Provinsi Kepri, menerima BPJS Kesehatan.

Baca Juga :  Penerbangan Jakarta-Bali Jadi Pilot Project Pemeriksaan Sertifikat Vaksinasi dan Hasil Tes PCR Digital

“Kita tahu sendiri biaya untuk pengobatan kanker itu tidak murah. Nah, dengan BPJS Kesehatan, beban biaya yang harus ditanggung masyarakat akan teringankan,” tambah Dewi Kumalasari istri Gubernur Kepri H Ansar Ahmad ini.

Dewi Kumalasari Ansar mengimbau, agar masyarakat terus menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat, dan menjaga pola pikir. Agar terhindar dari stres. Dari data yang dihimpun oleh YKI Kepri, jumlah pasien penderita kanker di Tanjungpinang dan Bintan mencapai 151 orang.

Direktur RSUD Raja Ahmad Tabib (RAT) Provinsi Kepri, dr Yusmanedi mengatakan, RSUD Raja Ahmad Tabib sebagai rumah sakit rujukan provinsi terus meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Ke depannya akan dimulai juga layanan kesehatan ibu dan anak. Sebelumnya, RSUD Raja Ahmad Tabib (RAT) di Tanjungpinang melakukan kerja sama dengan Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita, untuk menyediakan operasi pemasangan ring jantung di Tanjungpinang.

Baca Juga :  Rahma Menyerahkan 1.047 Paket Sembako dari Zakat ASN Pemko Tanjungpinang

“Semua peningkatan layanan ini akan terus digesa agar masyarakat Kepri semakin mudah menjangkau berbagai fasilitas kesehatan,” ujar dr Yusmanedi.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri M Bisri, Direktur RSUD Kota Tanjungpinang dr Yunisaf, Kepala BPJS Tanjungpinang dr Fauzi Lukman, dan Wakil Direktur RSUD Raja Ahmad Tabib dr Asep Guntur Sapari. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *