banner 728x90
Taba Iskandar Ketua Komisi I DPRD Kepri memberikan motivasi kepada anak Kepri untuk menjadi ahli kemaritiman di sela pelatihan dan sertifikasi keterampilan kepelautan di Batam, Senin (29/11/2021). F- nurul atia/suaraserumpun.com

Ini Trik Taba Iskandar Mendorong Anak Kepri Jadi Ahli Kemaritiman

Komentar
X
Bagikan

Batam, suaraserumpun.com – Wakil Ketua Komisi 1 DPRD Provinsi Kepri H Taba Iskandar ternyata punya trik untuk mendorong anak Kepri menjadi ahli di bidang kemaritiman. Taba Iskandar memberikan motivasi kepada anak Kepri, agar potensi kelautan dan kemaritiman Provinsi Kepri dikelola secara maksimal.

Trik mendorong anak Kepri menjadi ahli kemaritiman dengan cara memberikan motivasi tersebut, dipaparkan Taba Iskandar dalam pelatihan dan sertifikasi keterampilan kepelautan. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kepulauan Riau bekerja sama dengan Lembaga Diklat Maritime Nasional Training Centre Batam, di Bengkong, Batam, Senin (29/11/2021).

Taba Iskandar menginginkan Kepulauan Riau memiliki sumber daya manusia (SDM) yang unggul, benar-benar mapan dan siap bersaing dalam mengelola kekayaan di bidang kemaritiman. Kepulauan Riau, kata Taba, memiliki potensi di bidang maritim yang tak terhingga. Hanya saja, belum tergali dengan maksimal. Karena sejauh ini SDM yang dimiliki masih sangat terbatas dan bahkan jauh dari siap.

Baca Juga :  Cen Sui Lan Segera Bawa Persoalan Pelabuhan Dompak ke Pusat

“Seharusnya banyak sekali potensi lapangan pekerjaan bagi anak-anak Kepri untuk mengisi peluang dibidang kelautan. Bisa kerja di sektor kelautan, khususnya kerja di galangan-galangan kapal, lokasi labuh jangkar dan bahkan menjadi pelaut,” kata Taba Iskandar.

Menurut Ketua PDK Kosgoro 1957 Kepulauan Riau ini, pelatihan ketenagakerjaan di bidang kelautan seperti ini sangat penting dan perlu secara intens dilakukan. Karena hanya melalui pelatiaan-pelatihan dan sertivikasi seperti inilah keterampilan SDM Kepri di bidang kelautan bisa meningkat.

Peserta pelatihan ini masih diikuti sebanyak 15 peserta. Terdiri dari anak-anak tamatan SMA dari daerah hinterland dan sederajat. Ke depan, Taba Iskandar berharap, jumlah pesertanya bisa ditingkatkan lagi. Sehingga kualitas dan kuantitas SDM di bidang kelautan di Kepri bisa balance.

Baca Juga :  Jadwal Lengkap Pertandingan Pekan Ke-13 Liga Inggris: Ada Chelsea Vs Manc United

“Kita bersama-sama menciptakan SDM yang siap bersaing. Karena mereka ini memang dilatih untuk mendapatkan sertivikasi keahlian di bidang kelautan, terutama kartu pelaut. Sehingga mereka nantinya bisa benar-benar bersaing dengan para tenaga kerja yang lain,” kata mantan Ketua DPRD Kota Batam ini.

Menurut Taba Iskandar, sejauh ini anak-anak daerah banyak yang bekerja di perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang kemaritiman. Hanya hanya dalam posisi pekerjaan rendahan, atau sedikit sekali anak daerah yang memegang jabatan penting dalam perusahaan.

Baca Juga :  Diduga Bawa Narkotika, Pria dari Johor Malaysia Diamankan di Pelabuhan Internasional Karimun

“Makanya saya memberi motivasi untuk anak-anak Kepri agar terus belajar, belajar dan belajar. Beberapa tahun ke depan, anak-anak Kepri harus lebih terampil dan berdaya saing di bidang maritim,” demikian trik Taba Iskandar untuk mendorong anak Kepri menjadi ahli kemaritiman. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *