Beranda All News Wow! Desa Pangkil Punya Pompong Cepat Senilai Rp445 Juta

Wow! Desa Pangkil Punya Pompong Cepat Senilai Rp445 Juta

0
Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan naik pompong cepat milik Desa Pangkil, Selasa (23/11/2021). F- nurul atia/suaraserumpun.com

Bintan, suaraserumpun.com – Fantastis dan wow! Pemerintah Desa Pangkil, Kecamatan Teluk Bintan, Kabupaten Bintan mempunyai 1 unit kapal motor (pompong) desa. Pompong cepat senilai Rp445 juta ini untuk melayani masyarakat yang memerlukan transportasi laut, menuju Kota Tanjungpinang.

Desa Pangkil merupakan pulau kecil di wilayah Kecamatan Teluk Bintan, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Untuk menuju Pangkil, lebih dekat dari Kota Tanjungpinang. Jarak tempuh normal dengan pompong biasa, lebih kurang 1 jam 15 menit. Selama ini, armada angkutan masyarakat masih terbatas. Justru itu, pemerintah Desa Pangkil menyediakan pompong desa ini, untuk memperlancar arus transportasi.

Pompong desa yang disediakan dari dana APBDes Pangkil ini, memiliki kecepatan tinggi. Pompong ini memiliki lima unit mesin boat. Letaknya di bagian belakang pompong. Sehingga memberikan kenyamanan bagi para penumpang.

Baca Juga :  Warga Terdampak PPKM Darurat Bakal Dapat Beras dari Pemprov Kepri

“Kita sediakan pompong yang laju, agar bisa cepat membawa warga yang sakit. Maupun warga yang memiliki urusan penting di Kota Tanjungpinang, maupun sebaliknya yang mau ke Pangkil,” kata Yahya, Kepala Desa Pangkil kepada suaraserumpun.com, Selasa (23/11/2021).

Dengan kecepatan lebih dari 20 knot ini, jarak tempuh dari Pangkil ke Kota Tanjungpinang cukup 22 menit. Hanya saja, biayanya atau ongkos bagi penumpang, di atas tarif pompong dengan kecepatan biasa. Rp20 ribu per sekali jalan.

“Pompong desa ini cepat, karena mesinnya lima unit, yang biasanya digunakan untuk boat. Tapi, biaya bahan bakarnya juga besar. Makanya, tarifnya Rp20 ribu per sekali jalan. Kemudian, jadwal perjalanan pompong desa ini, kita tetapkan 2 hari sekali. Di hari lain, kita beri kesempatan juga kepada pompong milik warga,” jelas Yahya.

Baca Juga :  Gubernur: Pelarangan Mudik Lebaran Jadi Kendala Pemulangan TKI Via Kepri

Pompong desa dengan pengadaan dari APBDes Pangkil senilai Rp445 juta ini, sudah resmi beroperasi. Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan meresmikan pengoperasian pompong desa tersebut, Selasa (23/11/2021) siang.

Usai peresmian, Roby Kurniawan meminta pemerintah desa segera berkoordinasi ke Dinas Perhubungan Bintan, untuk trayek sarana tersebut agar didaftarkan. Sehingga nantinya masyarakat yang menggunakan fasilitas pompong tersebut bisa memiliki asuransi.

“Khususnya lagi untuk trayek ke Kota Tanjungpinang,” kata Roby Kurniawan.

Roby Kurniawan menyampaikan, Desa Pangkil, Kecamatan Teluk Bintan mendapatkan beberapa proyeksi dalam pembangunan ke depannya. Pemerintah mewacanakan untuk prioritas listrik 24 jam, serta pembangunan jalan di Dusun 3 dari Pemerintah Provinsi Kepri.

“Tentu hal ini kita lakukan untuk pembangunan dan masyarakat Desa Pangkil. Mudah-mudahan boat pompong ini bermanfaat bagi masyarakat desa,” tuturnya.

Baca Juga :  Hibah Lahan di Starting Point Tuntas, Pembebasan Lahan di Landing Point Jembatan Batam-Bintan Mencapai Rp44 Miliar

Kepala Dinas PMD Bintan, Rony Kartika menuturkan, secara geografis Desa Pangkil berdekatan dengan Kota Tanjungpinang. Sehingga pemanfaatan alokasi Dana Desa untuk fasilitas sarana pompong bagi transportasi tersebut bisa dirasakan masyarakat desa.

“Prinsipnya, dana desa dapat digunakan untuk kebutuhan warga desa, dimana sarana transportasi tersebut bisa digunakan bagi mengangkut warga dan sarana logistik bagi pembangunan dan perkembangan kemajuan desa, contohnya untuk akses transportasi laut masyarakat Desa Pangkil ke Kota Tanjungpinang,” ucap Ronny Kartika.

Selain mencoba dan meresmikan pompong cepat, Pemkab Bintan juga melakukan penyerahan BLT bagi lansia serta vaksinasi lansia di Desa Pangkil. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here