Beranda All News Aparatur Desa Se-Kuansing Diberi Penataran Perencanaan Keuangan di Hotel

Aparatur Desa Se-Kuansing Diberi Penataran Perencanaan Keuangan di Hotel

0
Suhardiman Amby Plt Bupati Kuantan Singingi bersama sejumlah kepala desa pada saat Bimtek peningkatan kapasitas aparatur pemerintah desa di Hotel Furaya Pekanbaru, Kamis (18/11/2021). F- riswahyudi/suaraserumpun,com

Pekanbaru, suaraserumpun.com – Puluhan aparatur pemerintah desa dan pemerintah kecamatan se-Kabupaten Kuantan Singingi, diberi penataran (bimbingan) tentang perencanaan keuangan atau anggaran desa, di Hotel Furaya Pekanbaru, Kamis (18/11/2021). Bimbingan teknis ini diberikan sesuai dengan perubahan regulasi administrasi pemerintah desa, akibat masa pandemi Covid-19.

Bimbingan teknis tersebut dilaksanakan Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakt (LPKSM). Tujuannya untuk peningkatan kapasitas aparatur pemerintahan desa, dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan. Peserta terdiri dari kepala desa, Sekdes dan BPD dari 8 kecamatan se-Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing). Yaitu Kecamatan Kuantan Tengah, Kecamatan sentajo Raya, Kecamatan Benai, Kecamatan Pangean, Kecamatan Kuantan Hilir, Kecamatan Inuman, Kecamatan Singingi dan Kecamatan Singingi Hilir.

Baca Juga :  Komisi III DPRD Kepri Mendukung PT Lubuk Utama Granit Segera Beroperasi, Tapi Rekrut Warga Tempatan

Narasumber pelatihan tersebut langsung dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Aulia Rahman. Pada saat bimtek tersebut, Aulia Rahman menerangkan tentang prioritas Dana Desa dan pengelolaan Dana Desa.

“Aparatur pemerintah desa mesti memahami aturan atau regulasi mengenai perencanaan, administrasi dan laporan keuangan desa. Di masa pandemi, ada beberapa regulasi yang berubah,” ujarnya.

Pembukaan BimteK ini dihadiri Plt Bupati Kuantan Singingi Suhardiman Amby. Plt Bupati Kuansing menyatakan, untuk pengelolaan Dana Desa, ke depanya, akan lebih tertib dan terarah.

Baca Juga :  Gubernur Kepri dan PLN Bahas Persoalan Listrik di Pulau-pulau Besar

“Mengenai administrasi wilayaha depan, untuk mengamankan lahan-lahan masyarakat, kita akan buat Peraturan Bupati. Biar lahan masyarakat itu aman. Untuk ke depannya, masalah Siltap pemerintahan desa, insya Allah ditambah sesuai anggaran APBD,” jelas Suhardiman Amby.

Pacu Jalur 2022

Di lain hal, Plt Bupati Kuansing membahas tentang vaksinasi. Pemkab Kuantan Singingi berharap agar pemerintah desa mendorong masyarakat untuk mengikuti vaksinasi. Pemkab Kuansing menargetkan, vaksinasi Covid-19 bisa tuntas hingga Desember 2021 mendatang, dari 70 persen pada masa sekarang.

“Kalau itu bisa tercapai dan tuntas, kita akan gelar lagi pacu jalur di tahun 2022 mendatang. Ke depannya, kita jalankan progra, satu desa akan dibuat rumah tahfiz,” demikia janji Suhardiman Amby.

Baca Juga :  Polisi Pakai Segala 'Jurus' untuk Mengatasi Karhutla

Kepala Desa Pulau Banjar Kari Sudirman menyambut baik kegiatan Bimtek bagi aparatur pemerintah desa ini. Sudirman mengatakan, setelah pelatihan peningkatan kapasitas aparatur pemerintahan desa dan pengelolaan dana desa ini, pihaknya berjanji akan lebih terarah dalam pengelolaan dana desa.

“Kami berusaha pengelolaan dana desa akan memberi manfaat buat kemakmuran rakyat. Dan administrasi desa ke depannya, akan dikelola sesuai undang undang pemerintahan desa,” ucap Sudirman. (riswahyudi)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here