Beranda All News Informasi Penting untuk Check-in Penerbangan Lion Air, Biar Tak Terlambat

Informasi Penting untuk Check-in Penerbangan Lion Air, Biar Tak Terlambat

0
Pesawat Lion Air akan melakukan penerbangan di bandara Hang Nadim Batam, sebelum masa pandemi Covid-19, beberapa waktu lalu. F- dokumentasi/suaraserumpun.com

Jakarta, suaraserumpun.com – Informasi penting bagi calon penumpang pesawat, ketika ingin check-in dengan maskapai penerbangan Lion Air. Ketentuan ini disampaikan, agar calon penumpang tidak terlambat melapor atau ditinggal pesawat.

Manajemen Lion Air mengimbau dan mewajibkan kepada setiap calon penumpang untuk tiba lebih awal, sebelum waktu keberangkatan di bandar udara. Rata-rata waktu terbaik tiba di bandara itu adalah 3 jam sebelum jadwal keberangkatan pesawat.

Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro menegaskan, untuk penerbangan domestik, pelayanan pelaporan (check-in) ditutup 30 menit, sebelum keberangkatan pesawat. Ruang tunggu (boarding gate), ditutup 10 menit sebelum keberangkatan. Calon penumpang sangat perlu memperhitungkan perjalanan menuju bandar udara.

Baca Juga :  Gubernur Mengukuhkan Paskibraka, Ini Agenda dan Rangkaian Peringatan HUT Ke-76 Kemerdekaan RI di Kepri

“Pertimbangan ini, meminimalisir apabila terjadi macet di perjalanan, antrean proses validasi dokumen uji kesehatan, atau hal lainnya,” kata Danang melalui keterangan resmi yang diterima suaraserumpun.com, Selasa (16/11/2021).

Ketentuan dan prosedur apabila calon penumpang terlambat check-in, maka biaya tiket dikembalikan 10 persen. Proses pengurusannya, calon penumpang wajib untuk melapor, dan proses pengembalian dana tiket (refund) sesuai di mana calon penumpang membeli tiket.

“Pengembalian dana tidak diberikan di bandar udara,” ujarnya.

Sebelumnya, terdapat unggahan video yang menunjukkan keluhan calon penumpang, dikarenakan tidak dapat mengikuti penerbangan. Menurut data, penerbangan tersebut nomor JT-030 yang melayani rute dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang (CGK), tujuan Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Denpasar di Badung, Bali (DPS), Minggu (14/11/2021).

Baca Juga :  Gubernur Kepri Mendorong SKK Migas Natuna Membantu Biaya Penyambungan Listrik ke Rumah Warga

Menanggapai keluhan calon penumpang itu, manajemen Lion Air menyampaikan, bahwa penerbangan JT-030 dijalankan sesuai waktu keberangkatan (schedule time departure) pukul 06.00 WIB, GMT+ 07. Lion Air penerbangan JT-030 dipersiapkan dengan baik sebagaimana prosedur operasional penerbangan. Total reservasi pembukuan jumlah calon penumpang yaitu 201 orang. Pada Minggu (14/11/2021), total penumpang yang melakukan pelaporan (check-in) adalah 199 orang. 2 orang tidak melapor. Lion Air mengoperasikan jenis pesawat Boeing 737-900ER berkapasitas 215 kursi kelas ekonomi.

“Dalam hal ini, tidak benar jika terjadi perubahan jadwal penerbangan (jadwal dimajukan) sebagaimana keluhan yang disampaikan oleh 2 calon penumpang itu,” tegas Danang.

Baca Juga :  Atlet Biliar Kepri Melawan Pebiliar Senior, Berikut Hasil Drawing PON XX Papua

“Berdasarkan data aktual dan pemantauan CCTV (Closed Circuit Television), dua calon penumpang tersebut tidak dapat mengikuti penerbangan JT-030 dikarenakan terlambat melapor (late check-in), dan tidak menunjukkan diri (no show gate) di ruang tunggu,” kata Danang menambahkan. (mario)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here