banner 728x90
Gubernur Kepri Ansar Ahmad meninjau pertahanan TNI di Pulau Nipa sebagai pulau terdepan NKRI di wilayah Kepri yang berbatasan dengan Singapura, Senin (15/11/2021). F- Istimewa/Humas Pemprov Kepri

Gubernur Kepri Meninjau Pos Pertahanan TNI di Pulau Terdepan NKRI

Komentar
X
Bagikan

Batam, suaraserumpun.com – Gubernur Kepulauan Riau H Ansar Ahmad meninjau pos pertahanan TNI di Pulau Nipa, sebagai pulau terdepan NKRI yang berhadapan dengan Singapura, Senin (15/11/2021). Di Pulau Nipa wilayah Kota Batam ini, Ansar Ahmad menyerahkan logistik berupa bahan pangan kepada prajurit TNI, sekaligus menanam pohon.

Turut hadir dalam rombongan Gubernur Kepri ini Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak, Komandan Korem 033/WP Jimmy Ramoz Manalu, Kapolda Kepri Irjen Pol Aris Budiman, Danlantamal IV diwakili Asops Lantamal IV, Kabinda Kepri diwakili Wakabinda. Selain itu, turut serta Pj Sekdaprov Ir Lamidi, Staf Khusus Gubernur Suyono, Kadis ESDM Hendri Kurniadi, dan Karo Humas Protokol dan Penghubung Hasan SSos. Rombongan disambut Komandan Pos TNI AL (Posal) Pulau Nipa, Osber Situmorang.

Baca Juga :  Kisah Muhammad Faturrahman Atlet Renang L2SC Tanjungpinang Meraih 1 Emas dan 2 Perak di Jakarta Open

Pulau Nipa merupakan satu dari 22 pulau terdepan NKRI di wilayah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Pulau Nipa merupakan berbatasan langsung dengan Singapura. Pulau Nipa memiliki luas sekitar 0,5 hektare sebelum dilakukan reklamasi. Setelah direklamasi, luasnya mencapai 60 hektare. Saat ini, di Pulau Nipa telah dibangun Pos TNI AL untuk menjaga kedaulatan NKRI.

Posal Pulau Nipa memiliki berbagai fasilitas pendukung pengamanan pulau terdepan dan perbatasan. Di antaranya mercusuar, gedung Posal, dermaga, instalasi solar cell, menara pengawas, barak, instalasi mesin penyulingan air laut, serta bunker pertahanan.

Baca Juga :  Gubernur Kepri Ingin Memperluas Segmen Perlindungan Sosial Pekerja Informal

Selain penyerahan sembako, kunjungan ini sebagai salah satu bentuk dorongan moril dan rasa kepedulian terhadap prajurit TNI di Posal Pulau Nipa, yang setia menjaga pulau terdepan dan wilayah perbatasan.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengapresiasi serta mengucapkan terima kasih kepada prajurit TNI yang melaksanakan tugas mulia itu.

“Tetap semangat dalam menjalankan tugas. Saya yakin dan percaya, prajurit TNI yang kami banggakan selama ini sudah menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. Demi terjaganya keamanan daerah yang kita cintai,” ujar Ansar Ahmad. (nurul atia)

Baca Juga :  Adi Prihantara Sekdaprov, drh Kartini Jadi Perempuan Pertama Plh Sekda di Bintan

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *