Beranda All News Upaya Menuntaskan Program Kepri Terang, Ansar Ahmad Menganggarkan Rp3 Miliar untuk di...

Upaya Menuntaskan Program Kepri Terang, Ansar Ahmad Menganggarkan Rp3 Miliar untuk di Batam

0
Ansar Ahmad Gubernur Kepri menghidupkan perangkat listrik di rumah warga pada saat peresmian jaringan listrik di tiga pulau pesisir Kota Batam, Senin (15/11/2021). F- Istimewa/Humas Pemprov Kepri

Batam, suaraserumpun.com – Gubernur Kepulauan Riau H Ansar Ahmad benar-benar ingin menuntaskan program Kepri Terang. Senin (15/11/2021), Ansar Ahmad meresmikan genset dan jaringan listrik di tiga pulau di Kecamatan Belakang Padang, Kota Batam. Tahun 2022, Gubernur Kepri menganggarkan lagi Rp3 miliar untuk penerangan di daerah pesisir Pulau Batam.

Tiga pulau tersebut antara lain Pulau Lengkang, Pulau Gare dan Pulau Labon. Tiga pulau di Kota Batam ini mendapat bantuan genset beserta jaringan Listrik dari Pemprov Kepri, melalui Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Gubernur Ansar hadir langsung dan meresmikan pemakaian genset dan jaringan listrik pada acara yang dipusatkan di Pulau Lengkang Kelurahan Sekanak Raya, Kecamatan Belakang Padang, Kota Batam tersebut.

Pada saat peresmian tersebut, Ansar Ahmad menyebutkan, jumlah rumah tangga di tiga pulau yang terlayani dari pemakaian genset ini adalah sebanyak 296 KK.

“Program Kepri Terang memang telah kita gagas. Maka sekarang saya sedang gencar melengkapi kebutuhan dasar masyarakat terutama kebutuhan akan listrik. Kita tuntaskan program Kepri Terang ini,” kata Ansar Ahmad Gubernur Kepri di Pulau Lekang.

Baca Juga :  Jempolan, Lanal Tanjung Balai Karimun Gelar Vaksinasi ke Dermaga Nelayan

Kegiatan Dinas ESDM dari APBD tahun 2021 ini merupakan lanjutan kegiatan tahun 2020. Dengan rincian di Pulau Lengkang, genset kapasitas 100 kVA dengan jaringan berjumlah 185 rumah tangga, di Pulau Gare, genset kapasitas 50 kVA dengan jaringan berjumlah 68 rumah tangga, serta Pulau Labon, genset kapasitas 20 kVA dengan jaringan berjumlah 43 rumah tangga.

Kemudian, Gubernur Kepri menjelaskan, ke depannya, operasional genset dan jaringan listrik yang saat ini dikelola oleh Pemprov Kepri, akan dikelola bersama PLN, dalam bentuk Kerja Sama Operasional (KSO).

“Jika sudah di-KSO-kan dengan PLN, biasanya listrik dapat beroperasi selama 14 jam dari yang sekarang hanya 6 jam. Dari segi biaya juga pasti lebih murah. Kemudian nantinya untuk pembiayaan penyambungan baru akan diupayakan melalui dana CSR,” jelas Ansar Ahmad.

Baca Juga :  Kasus Stunting di Kepri Urutan Kedua Terendah setelah Jogja

Melalui program Kepri Terang, memang sudah ribuan rumah yang teraliri listrik di seluruh Kepri. Dengan kerja sama dengan PLN serta penyambungan baru melalui dana CSR dari berbagai perusahaan di Kepri.

Ansar Ahmad menambahkan, untuk Tahun Anggaran 2022, Pemprov Kepri menganggarkan Rp3 miliar, untuk mengaliri listrik di 8 pulau dengan penduduk besar di Batam, PLN juga akan membantu di 3 pulau.

“Jadi ada total 11 pulau yang akan di-KSO-kan dengan PLN. Harapan kita adalah semua pulau dapat dilayani PLN supaya pembiayaan lebih murah dan pelayanan lebih baik” tuturnya.

Gubernur Kepri berjanji akan selalu memperhatikan pemenuhan kebutuhan-kebutuhan dasar masyarakat Kepri. Ia berharap jika kebutuhan dasar, utamanya listrik sudah baik, maka masyarakat dapat melakukan aktivitas ekonomi dan anak-anak dapat belajar dengan lebih baik.

Sementara itu Sekretaris Camat Belakang Padang, Hanafi melaporkan, di Kecamatan Belakang terdapat 6 Kelurahan. Terdapat 166 pulau yang 44 diantaranya berpenghuni.

Baca Juga :  Atlet Panahan dari 18 Provinsi Bersaing di Gubernur Kepri Open Archery Festival 2021

“Khusus di Pulau Lengkang ini terdapat 185 kk dengan sekitar 700 jiwa” lapornya.

Kemudian perwakilan Pengurus Genset Pulau Lengkang, Fatma mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemprov Kepri atas penyalaan genset dan jaringan listrik ini. Dengan teralirinya listrik, ia berharap kaum ibu-ibu di Pulau Lengkang dapat memanfaatkannya sebagai salah satu sumber pendapatan juga.

“Dengan adanya listrik, keluarga dapat membeli peralatan elektronik. Contohnya kulkas, yang bisa jadi alat penambah sumber pendapatan keluarga” ujarnya.

Turut hadir dalam peresmian genset dan jaringan listrik ini Pj Sekdaprov Ir Lamidi, Ketua Komisi IV DPRD Kepri Rizky Faisal, Staf Khusus Gubernur Suyono, Kadis ESDM Hendri Kurniadi, Kabiro Humas Protokol dan Penghubung Hasan SSO, Sekretaris Camat Belakang Padang Hanafi, dan Lurah Sekanak Raya Eko Wiryono. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here